Prinsip Pengajaran dan Dakwah Al-Qur’an Menurut As-Sa’di
Abstrak
Penelitian ini menganalisis prinsip-prinsip pengajaran dan dakwah Al-Qur'an menurut As-Sa'di dan penerapannya dalam dakwah. Penelitian ini bertujuan mencari solusi untuk mengatasi kemaksiatan dan kerusakan di masyarakat modern akibat kesalahan prinsip pengajaran dan dakwah Al-Qur'an. Tujuan utama adalah menganalisis relevansi pengajaran dan dakwah Al-Qur'an menurut As-Sa'di untuk memperbaiki kesalahan tersebut. Latar belakang penelitian ini menekankan pentingnya prinsip pengajaran yang benar agar pemahaman dan penerapan Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari menjadi efektif, merujuk pada tafsir As-Sa'di pada Surah An-Nahl ayat 125. Metode yang digunakan adalah analisis tafsir Al-Qur'an karya As-Sa'di, dengan fokus pada ayat-ayat yang terkait dengan pengajaran dan dakwah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan prinsip-prinsip pengajaran As-Sa'di dapat meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap ajaran Al-Qur'an. Penelitian ini juga mengidentifikasi tantangan dalam pengajaran dan dakwah modern serta menawarkan solusi relevan berdasarkan metode As-Sa'di dan contoh penerapannya dari Al-Qur'an. Kesimpulannya, pengajaran yang mengikuti prinsip-prinsip As-Sa'di dapat meningkatkan efektivitas dakwah dan membantu pengajar serta pendakwah membimbing umat Islam menuju pemahaman yang lebih baik sesuai ajaran Islam.
Referensi
As-Sa’di, Abdurrahman bin Nashir. Taisir Al-Karim Ar-Rahman fi Tafsir Kalam Al-Mannan. Pertama. muassasah ar-risalah, 1431.
Atabik, Ahmad. “Pengaruh Mazhab Mufassir Terhadap Perbedaan Penafsiran.” Journal of Islamic Studies and Humanities 2, no. 1 (1 Juni 2017): 55–77. https://doi.org/10.21580/jish.21.2516.
Ayyasi, Hilmi Yahya, dan Acep Ariyadri. “Urgensi Dakwah Menurut Muḥammad ‘Abduh (Analisis Pendekatan Tafsir Maqāṣidī di dalam Tafsir al-Manār).” Izzatuna: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir 4, no. 2 (31 Desember 2023): 106–40. https://doi.org/10.62109/ijiat.v4i2.46.
Az-Zuhaili., Wahbah Musthafa. Tafsir al-Munir fi al-‘Aqidah wa al-Syari’ah wa al-Manhaj. Pertama. Vol. 32. darul fikri damaskus, suriah, 1431.
Dariyanto, Dariyanto. “Prinsip Pembelajaran Dalam Al-Qur’an.” ZAD Al-Mufassirin 4, no. 1 (30 Juni 2022): 82–109. https://doi.org/10.55759/zam.v4i1.36.
“Hasil Pencarian - KBBI VI Daring.” Diakses 1 Desember 2024. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/dakwah.
Ibn Qayyim Al-Jawziyyah (w. 751 H), Muhammad bin Abi Bakar bin Ayyub bin Sa’d Shamsuddin. Tafsir Al-Qur’an Al-Karim. Pertama-1410 H. Beirut: Dar wa Maktabah Al-Hilal-beirut, 1431.
Ibnu ’Asyur, Muhammad At-Tahir. Tafsir Ibnu ’Asyur At-Tahrir wa At-Tanwir. Vol. 30. 8 vol. Tunisia: Al-Dar Al-Tunisiyyah lil-Nashr, 1984.
Ibnu Jarir Ath-Thobari, Abu Ja’far. Tafsir Ath-Thobari Jami’ al-Bayan. Pertama. Vol. 26. Kairo, Mesir: Dar Hijr lit-Tiba’ah wa an-Nashr wa at-Tawzi’ wa al-I’lan, 1422.
Ibnu Katsir, abu fida’ Ismail bin Umar bin Katsir al-Qurasyi ad-Dimasyqi. Tafsir al-Qur’an al-’Azim. 2 ed. Vol. 8. riyadh, arab saudi: Dar Thaybah lin-Nashr wat-Tauzi’, 1431.
Jannah, Tilkal dan Sohib Syayfi. “Kajian Amtsal Al-Qur’an: Analisis Perumpamaan Pohon Sebagai Kalimah Thayyibah Dalam Qs. Ibrahim: 24-27.” Izzatuna: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir 5, no. 1 (30 Juni 2024): 26–40. https://doi.org/10.62109/ijiat.v5i1.77.
“Metode Penelitian Kualitatif dan pustaka,” t.t.
Muhammad Al-Jauzi (w. 597 H), Jamaluddin Abu Al-Faraj Abdul Rahman bin Ali bin. Zad Al-Masir fi ’Ilm Al-Tafsir. Pertama-1422 H. beirut, Lebanon: Dar Al-Kitab Al-Arabi - Beirut, 1431.
Mustaqim, Abdul. Metode Penelitian Al-Qur’an dan Tafsir. Idea Press, Yogyakarta, 2019. http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32327.
Qurtubi, Abu Abdullah al-, Muhammad bin Ahmad al-Ansari. Al-Jami’ li Ahkam al-Qur’an. Kedua. 10 volume vol. kairo, mesir: Dar al-Kutub al-Misriyah - Kairo, 1384.
Shunhaji, Akhmad. “Metode Pengajaran Karakter Berbasis Al-Qur’an.” Mumtaz: Jurnal Studi Al-Qur’an dan Keislaman 1, no. 1 (14 Oktober 2019): 35–52. https://doi.org/10.36671/mumtaz.v1i1.3.
“TIGA KONSEP PENDIDIKAN MENURUT AL-QUR’AN,” t.t.
Universitas Islam Sumatera Utara, Medan, Wagiman Manik, Achyar Zein, dan Universitas Islam Sumatera Utara, Medan. “Pemikiran Pendidikan Asy-Syaikh As-Sa‘di dalam Tafsir Taysir Al-Karim Ar-Rahman Fi Tafsir Kalam Al-Mannan.” Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam 11, no. 2 (30 Desember 2019): 415–34. https://doi.org/10.30596/intiqad.v11i2.3688.
“wawasan al-qur’an tentang pendidikan dan pengajaran,” t.t.