Pembentukan Nilai Karakter Mulia Perspektif Hadis

  • Nuroh Nuy Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Hikmatul Luthfi Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Arif Amarullah Ibrahim Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Abstract

Karakter mulia adalah fondasi dari sebuah masyarakat yang sehat dan berfungsi dengan baik. Dalam konteks Islam, karakter mulia tidak hanya dianggap sebagai aspek penting dari kehidupan pribadi seorang Muslim, tetapi juga sebagai komponen vital yang menentukan kualitas interaksi sosial dan komunitas secara keseluruhan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan studi hadis tematik, dan menggunakan library research (penelitian kepustakaan). Tujuan penelitian apa saja hadis-hadis yang terkait serta bagaimana karater mulia diterpakan di kehidupan sehari-hari. Hasil dan pembahasan yakni, bahwa nilai-nilai dan pembentukan karakter mulia dalam Islam itu terdiri dari kejujuran, kesabaran, kemurahan hati dan tanggung jawab sosial. Dalam kehidupan sehari-hari sering diterapkan kejujuran, kesabaran, kemurahan hati. Dengan cara bersodakoh termasuk kepada kemurahan hati, untuk kesabaran ketika ditimpa musibah tetap sabar dan bersyukur.  

References

Ainiyah, N. (2013). Melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Ulum, 13(1), 25–38.

Al-Gazali, A. H., & Bagir, T. M. (1985). Misykat Cahaya-Cahaya. Mizan.

Alfianoor Rahman. (2016). Pendidikan Akhlak Menurut Az-Zarnuji dalam Kitab Ta’lim al-Muta’allim. At-Ta’dib, 1(1), 130–130.

Ar-Rifa’i, M. N. (2012). Ringkasan Tafsir Ibn Katsir Terj. Syihabudin. Gema Insani.

Az-Zarnuji. (2007). Ta’lim al-Muta’allim Thariq al-Ta’allum. Dar al-Kutub al-’Ilmiyyah.

Dahruj, A. F. (2008). Al-Akhlak Dirasah Tarikhiyah Fikriyah wa Islamiyah. Dar al-Fikr.

Hamka. (2016). Pandangan Hidup Muslim. Gema Insani.

Hayati, N., & Pratami, F. (2023). Konsep Pendidikan Karakter Perspektif Psikologi Pendidikan islam dalam kajian hadish. Al-Mu’tabar:Jurnal Ilmu Hadis, 3, 35–48.

Home, H. S. (n.d.). Setup HaditsSoft.

Jaya, Y. (1994). Spiritual Islam. Ruhama.

Lickona, T. (1992). Educating for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility. Bantam Books.

Maskuri. (2018). Pendidikan Karakter Disiplin Di Lingkungan Sekolah. Jurnal Tawadhu, 2(1), 340–363.

Miskahuddin, M. (2020). Konsep Sabar dalam Perspektif Al-Qur’an. Jurnal Ilmiah Al-Mu’ashirah, 17(2), 196. https://doi.org/10.22373/jim.v17i2.9182

Pramana, D., & Ismail, I. (2023). Konsep Sunnah Nabawiyah dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 7(2), 133–150. https://doi.org/10.19109/ra.v7i2.20323

Salsabila, U. H., Hutami, A. S., Fakhiratunnisa, S. A., Ramadhani, W., & Silvira, Y. (2020). Peran Pendidikan Islam terhadap Pembentukan Karakter Disiplin Peserta Didik. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 10(3), 329–342.

Subahri. (2015). Aktualisasi Akhlak dalam Pendidikan. Islamuna: Jurnal Studi Islam, 2(2), 167.

Suryadarma, Y., & Haq, A. H. (2015). Pendidikan Akhlak Menurut Imam Al-Ghazali. At-Ta’dib, 10(2), 362–381. https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/tadib/article/view/460

Tarbiyah, F., Keguruan, I., Prof, U. I. N., Purwokerto, S. Z., Untuk, S., Gelar, M., Pendidikan, S., & Nim, T. (2023). Nilai-nilai pendidikan akhlak tasawuf dalam kitab al-minah al-saniyyah karya sayid abdul wahab asy sya ’rani skripsi.

Zarkasyi, A. F. (2010). Aqidah al-Tauhid Baina al-Tasawwuf al-Sunni wa al-Tasawwuf al-Falsafi. Tsaqafah, 6(2), 378. https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v6i2.126

Zuhri, S., Nazmudin, D., & Asmuni, A. (2022). Konsepsi Pendidikan Karakter Menurut Al-Zarnuji Dan Thomas Lickona. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 56. https://doi.org/10.24235/tarbawi.v7i2.11836

Published
2024-07-06
How to Cite
Nuy, N., Luthfi, H., & Ibrahim, A. A. (2024). Pembentukan Nilai Karakter Mulia Perspektif Hadis. Al-Mu’tabar, 4(1), 103-127. https://doi.org/10.56874/jurnal ilmu hadis.v4i1.1876
Section
Articles