تأثير استخدام الوسائل السمعية البصرينة (video animasi) لترقية مهارة الكلام لطلاب الفصل الثامن في المدرسة المتوسطة الإسلامية بوكت قرآن نوسنتار ماترام
Abstract
Keterampilan berbicara merupakan salah satu dari empat keterampilan bahasa dan merupakan kemampuan untuk menuturkan suara artikulatif atau kata-kata yang bertujuan untuk mengekspresikan pikiran dalam bentuk ide, pendapat, keinginan, atau perasaan kepada orang lain. Kesulitan yang sering terjadi dalam mempraktekkan keterampilan berbicara bahasa Arab tentu memiliki banyak alasan. Tetapi, alasan yang sering kita jumpai yaitu kurangnya penguasaan kosakata yang digunakan untuk berbicara dan pembelajaran yang membosankan. Dalam mempelajari keterampilan berbicara bahasa Arab, diperlukan berbagai variasi media untuk meningkatkan minat belajar siswa dan mengurangi rasa bosan siswa dalam belajar. Oleh sebab itu peneliti melaksanakan penelitian dengan menggunakan media audio visual untuk meningkatkan keterampilan berbicara dan menjadikan proses pembelajaran bahasa Arab yang mudah dan menyenangkan. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas VIII di SMP IT Bukit Quran Nusantara Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis desain Non-Equivalent Control Group Design dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP IT Bukit Quran Nusantara Mataram, sedangkan yang menjadi sampelnya adalah siswa kelas VIII A yang berjumlah 26 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VIII B yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan tiga instrumen penelitian yaitu angket, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah dari hasil uji-t diperoleh bahwa hasil perhitungan diperoleh = 6.401 dan = 2.009. Dengan taraf signifikan 5%. Karena > maka Ho ditolak. Karena Ho ditolak maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, artinya rata-rata hasil belajar kelas ekperimen yang menggunakan media audio visual dalam pembelajaran keterampilan berbicara siswa lebih tinggi dari kelas kontrol yang tanpa menggunakan media audio visual dalam pembelajaran keterampilan berbicara. Dari kesimpulan tersebut dapat diperoleh bahwa terdapat pengaruh penggunaan media audio visual terhadap peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas VIII di SMP IT Bukit Quran Nusantara Mataram Tahun Ajaran 2022/2023.