ANALISIS KETERAMPILAN DASAR GURU DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PROSES PEMBELAJARAN DI MII SUBAH
Abstract
Keterampilan dasar mengajar mengacu pada cara seorang guru menyampaikan pengetahuan kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk merinci setiap aspek keterampilan dasar seorang guru dengan fokus bagaimana peningkatan keterampilan tersebut dapat merangsang peningkatan efektivitas proses pembelajaran di MII Subah. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Hasil penelitian ini berfokus pada keterampilan guru dalam menciptakan kondisi pembelajaran yang optimal untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran di kelas 3 MII Subah. Guru menunjukkan sikap tangguh melalui observasi penuh perhatian, interaksi aktif, dan penggunaan pernyataan-pernyataan yang mendukung pembelajaran. Selain itu, analisis keterampilan menjelaskan dan penguatan menjadi fokus utama, dengan penekanan pada keterampilan komunikasi yang jelas dan penguatan positif. Strategi untuk menjaga minat dan efektivitas pembelajaran siswa meliputi suasana kelas yang positif, penggunaan humor, dan penilaian yang memberikan pengakuan kepada siswa. Keberhasilan guru diukur melalui peningkatan nilai siswa dan perubahan perilaku pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik.
References
Ali, Muhammad. (2015). Pengelolaan Kelas Bakal Calon Guru Berkelas. Yogyakarta: Kaukuba Dipantara.
Andriyani, M. (2022). “Keterampilan Dasar Mengajar Yang Harus Dikuasai Oleh Guru Untuk Meningkatkan Kreativitas & Efektivitas Dalam Proses Pembelajaran”. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komputer, 1(1).
Arqam Madjid. (2019). “Kompetensi Profesional Guru: Keterampilan Dasar Mengajar”. Journal Penquruang: Conference Series, 1(1).
Fitri, S., Sundari, M., Pd, E., Sukmanasa, M., Pd, L., Novita, S., Sn, M., Pd, Y., Mulyawati, S. H., Pd, M., Studi, P., Guru, P., & Dasar, S. (2020). Keterampilan Dasar Mengajar. Bogor: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pakuan.
Hartoni & Amirudin & Subandi. (2018). “Implementasi Manajaemen Sarana dan Prasarana di Sekolah Menengah Kejuruan,” Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, Vol. 8, No. 1, Juni.
Idhoci, Anwar. (1987). Kependidikan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Angkasa.
Kamil, M. Zaki. (2010). “Manajemen Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Akternatif Qaryah Thayyibah Salatiga Tahun Ajaran 2009/2010.” Skripsi pada Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Kunandar. (2011). Guru Profesional. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Laksana, D. N. L. (2014). “Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Guru-Guru Non Sarjana Sekolah Dasar di Kecamatan Bajawa Kabupaten Ngada”. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1).
Mansyur. (2017). “Keterampilan Dasar Mengajar Dan Penguasaan Kompetensi Guru”. Jurnal EL-GHIROH, 12(1).
Marpaung, J. N., & Cendana, W. (2020). “Keterampilan menjelaskan guru untuk membangun minat keterlibatan siswa dalam pembelajaran online”. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3).
Nurfadilah Dwi Susanty, Muhammad Nawir, & Syamsuriyanti Syamsuriyanti. (2023). “Hubungan Keterampilan Mengajar Guru dengan Hasil Belajar IPS Murid UPT SD Negeri 1 Centre Pattallassang Kabupaten Takalar”. Jurnal Insan Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 1(2).
Wiyani, Novan Ardy. (2016). Manajemen Kelas: Teori dan Aplikasi untuk Menciptakan Kelas yang Kondusif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Copyright (c) 2023 aisyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.