SEJARAH PERADABAN ISLAM: PANDANGAN TOKOH PEMBAHARU ISLAM TERHADAP HADIS

  • Firman Pascasarjana Universitas Imam Bonjol Padang
  • Yasti Pascasarjana Universitas Imam Bonjol Padang
  • Saputra Pascasarjana Universitas Imam Bonjol Padang
  • Rafika Pascasarjana Universitas Imam Bonjol Padang
  • Erasiah Pascasarjana Universitas Imam Bonjol Padang
Keywords: Hadis masa Modern, Tokoh Pembaharu Islam, Sejarah Peradaban Islam

Abstract

Penelitian ini mengkaji pandangan beragam tokoh pembaharu pendidikan Islam yang muncul dengan berbagai pandangan terhadap peran Hadis sebagai sumber hukum. Beberapa di antara mereka menegaskan keabsahan dan otentisitas hadis sebagai landasan hukum yang tak terbantahkan. Sementara itu, ada yang berupaya mereformasi pemahaman terhadap Hadis dengan mengakomodasi konteks kekinian, tanpa mengurangi nilai otoritasnya. Keanekaragaman pandangan dan pendekatan dalam menanggapi tantangan dan perubahan zaman yang khas periode ini, menciptakan sebuah dinamika yang menarik dalam pemahaman Islam modern. Metode penelitian ini adalah penelitian sejarah atau penelitian sejarah yang fokus pada pandangan tokoh-tokoh pembaharu pendidikan terhadap Hadis. Hasil penelitian ini mengarahkan bahwa Ali Pasya berkontribusi pada pengkodifikasian hadis, Al-Tahtawi menyoroti pentingnya kembali ijtihad sebagai sarana untuk menghadapi perubahan zaman. Muhammad Abduh mengusung pendekatan kritis terhadap hadis, tekanan logika dan kejelasan informasi. Rasyid Ridha awalnya memiliki pandangan yang lebih memilih terhadap hadis, namun kemudian menjadi pembelaan hadis mendalami lebih lanjut ilmu-ilmu hadis dan fiqih. Dan Sayyid Ahmad Khan memberikan penekanan pada kualitas hadis sebagai landasan dalam mengajarkan terhadap mengikuti sunnah.

References

Abha;, Muhammad Makmun. 2012. Yang membela dan yang menggugat: seri pemikiran tokoh hadis kontemporer. CSS Suka Press.

Ahmad, Lukman Kholil. 2019. “Peran Pemikiran Rifâʻah Râfiʻ Al-Ṯahṯâwî Dalam Modernisasi Pendidikan Islam Di Mesir 1831-1873 M.” bachelorThesis, Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Ahmad, Samsul. 2018. “Peranan Muhammad Ali Pasha Dalam Perkembangan Islam Di Mesir.” diploma, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Akmal, Akmal. 2015. “SAYYID AHMAD KHAN REFORMIS PENDIDIKAN ISLAM DI INDIA.” POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam 1(1):1–18. doi: 10.24014/potensia.v1i1.1239.

’Ammārah, Muḥammad. 2008. Rā’id al-Tanwīr fī al-’Aṣr al-Ḥadīth Ta’līf. Kairo: Dar al-Syaruq.

Asari, Hasan. 2019. Sejarah Islam Modern: Agama Dalam Negosiasi Historis Sejak Abad XIX. Medan: Perdana.

Asari, MA, Prof. Dr. Hasan. 2015. UIN Sumatera Utara: Memperkokoh Eksistensi Memperluas Kontribusi.

Asmuni, H. M. Yusran. 2001. Pengantar studi pemikiran dan gerakan pembaharuan dalam dunia Islam. Cet. 3. Raja Grafindo Persada.

Dahlan, Juwairiyah. 2011. Puisi Rifa’ah Thahthawi Sebagai Penyair, Pembaharu Pendidikan Sosial Mesir: Kajian Analisis Puisi Islam Masa Kebangkitan. Surabaya: IAIN Sunan Ampel Surabaya Press.

DIN MUHAMMAD, ZAKARIYA. 2018. SEJARAH PERADABAN ISLAM. MALANG: CV. Intrans Publishing.

Gesink, Indira Falk. 2006. “Islamic Reformation: A History of Madrasa Reform and Legal Change in Egypt.” Comparative Education Review 50(3):325–45. doi: 10.1086/503878.

Hading, Hading. 2016. “Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Hadis.” Shaut al Arabiyyah 4(2):29–42. doi: 10.24252/saa.v4i2.1222.

Hasan, Ilyas; Juynboll. 1999. Kontroversi Hadis di Mesir (1890-1960) / G.H.A.Juynboll;Terjemah, Ilyas Hasan. Mizan.

Husna, Fadilatul, Fatimah Lubis, Sukma Wardani, dan Sri Al Fatia. 2023. “Periodisasi Dan Perkembangan Peradaban Islam Dan Ciri-Cirinya.” Journal on Education 5(2):2899–2907. doi: 10.31004/joe.v5i2.939.

Irfan, Irfan. 2016. “Peranan Baitul Hikmah Dalam Menghantarkan Kejayaan Daulah Abbasiyah.” Jurnal As-Salam 1(2):139–55.

Ismail, M. Syuhudi. 1994. Pengantar Ilmu Hadits. Bandung: Angkasa.

Karim, Abdul. 2019. “Pergulatan Hadis di Era Modern.” Riwayah : Jurnal Studi Hadis 3(2):171. doi: 10.21043/riwayah.v3i2.3720.

al-Muhtasib, Abdul Majid Abdussalam; 1997. Visi dan paradigma tafsir al-Qur’an kontemporer. Penerbit AL IZZAH.

Mursidin, Ida Ilmiah. 2022. “INGKAR SUNNAH (ARGUMEN DAN TOKOHNYA).” El-Mizzi : Jurnal Ilmu Hadis 1(1):1–21.

Nasution, Harun. 1991. Pembaharuan Dalam Islam : sejarah Pemikiran Dan Gerakan. Jakarta: Bulan Bintang.

Nasution, Syamruddin. 2013. SEJARAH PERADABAN ISLAM. Pekanbaru: Yayasan Pusaka Riau.

Permata, Maulin, Adenan Adenan, Indra Harahap, Masriono Lubis, Muhammad Nasir, dan Muhammad Yakub. 2023. “Perkembangan Peradaban Islam Masa Modern.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 5(2):368–74. doi: 10.31004/jpdk.v5i2.12577.

Permata, Srianti, Hasaruddin Hasaruddin, Syamzan Syukur, Reynaldo Reynaldo, dan Abd Rizal. 2023. “MUHAMMAD ALI PASHA DAN IDE PEMBAHARUANNYA DI MESIR.” Jurnal Al-Mubarak: Jurnal Kajian Al-Qur’an Dan Tafsir 8(1):43–56. doi: 10.47435/al-mubarak.v8i1.2156.

Rahmawati, Yuni, Tsania Filhil Masyhana, Muhammad Anif Muhandis, Masruroh, dan Fita Hariyanti. 2017. “SEJARAH PEMBAHARUAN ISLAM INDONESIA DI ERA MODERN ‘Purifikasi Dan Moderniasi.’” Agama Islam.

Sukirman, Sukirman, dan Hery (Editor) Setiyatna. 2009. Pembaharuan Sayyid Ahmad Khan dalam Bidang Pendidikan. disunting oleh H. Setiyatna.

Tajuddin, Muhammad Saleh, dan Mohd Azizuddin Mohd Sani. 2016. “DUNIA ISLAM DALAM LINTASAN SEJARAH DAN REALITASNYA DI ERA KONTEMPORER.” 20.

Yuniarto, P. 2014. “Masalah Globalisasi Di Indonesia: Antara Kepentingan, Kebijakan, Dan Tantangan.” Jurnal Kajian Wilayah 5(1).

Published
2023-12-26
How to Cite
Firman, Yasti, S. A., Doni Saputra, Alfiah Rafika, & Erasiah. (2023). SEJARAH PERADABAN ISLAM: PANDANGAN TOKOH PEMBAHARU ISLAM TERHADAP HADIS. Edu Global : Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 35-44. https://doi.org/10.56874/eduglobal.v4i2.1575