PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS WEB PADA MATA PELAJARAN QUR’AN HADITS

  • Zulfikri STIT Diniyyah Puteri
  • Faiz Fauzan El M STIT Diniyyah Puteri
  • Sri Intan Wahyuni STIT Diniyyah Puteri
  • Nur Anijah Hasibuan STIT Diniyyah Puteri
Keywords: Pengembangan Media Pembelajaran, Multimedia Interaktif, Website

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena belum adanya media yang berbentuk digital sebagai sumber bahan ajar yang lain. Untuk Sumber bahan ajar yang digunakan guru hanya powerpoint dan buku ajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan multimedia interaktif berbasis Web pada mata pelajaran Qur’an Hadits yang telah teruji kelayakan oleh Ahli materi dan ahli media. Serta untuk mengetahui respon siswa terhadap multimedia interaktif berbasis Web pada mata pelajaran Qur’an Hadits. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D (define, design, development, dan desseminate). Responden penelitian terdiri dari 3 orang ahli materi, 1 orang ahli media dan 90 siswa kelas VIII MTsS DMP Diniyyah Puteri Padang Panjang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk menjaring data kualitas materi, data kualitas media dan data respon siswa. Data dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian ini, hasil validasi ahli materi secara keseluruhan termasuk kategori “Sangat Layak” dengan persentase skor sebesar 95 persen. Hasil validasi ahli media secara keseluruhan termasuk kategori “Sangat Layak” dengan persentase skor sebesar 88 persen. Hasil respon siswa terhadap media memperoleh skor sebesar 96 persen dengan kategori “Sangat Baik”. Dengan demikian, multimedia interaktif berbasis Web pada mata pelajaran Qur’an Hadits Materi mad Silah, mad Badal, mad Tamkin dan mad Farqi sangat baik digunakan dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gulo, Safrinus, And Amin Otoni Harefa. 2022. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint.” Educativo: Jurnal Pendidikan 1(1):291–99. Doi: 10.56248/Educativo.V1i1.40.Hamdan Husein Batubara. 2021. Media Pembelajaran Digital. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.

Herman Dwi Surjono. Multimedia Pembelajaran Interaktif Konsep Dan Pembangunan. Yogyakarta: Uny Press. 2017

Kustandi, Cecep, And Daddy Darmawan. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep & Aplikasi

Laraphaty, N. F. R., J. Riswanda, D. P. Anggun, D. E. Maretha, And K. Ulfa. 2021. “Review: Pengembangan Media Pembelajaran Modul Elektronik (E-Modul).” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 145–56.

Listiyani, Dyah. Pengembangan Multimedia Interaktif Marcomedia Flash Profesional 8 Pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadis Kelas X Semester Genap Di Man I Yogyakarta. Yogyakarta: Uin Sunan Kalijaga. 2018.

Magdalena, Ina, Alif Fatakhatus Shodikoh, Anis Rachma Pebrianti, Azzahra Wardatul Jannah, Iis Susilawati, And Universitas Muhammadiyah Tangerang. 2021. “Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sdn Meruya Selatan 06 Pagi.” Edisi : Jurnal Edukasi Dan Sains 3(2):312–25.

Rumidjan, Sumanto, Sukamti, And Sri Sugiharti. 2017. “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Bagi Guru Sekolah Dasar.” Abdimas Pedagogi 1(1):77–81.

Sestiya Et Al. 2020. “Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2020 Pengembangan Modul Sebagai Media Pembelajaran Biologi Pada Materi Eubacteria Di Sma/Ma.” : 83–89. Http://Proceedings.Radenfatah.Ac.Id/Index.Php/Semnaspbio.

Setiawan, Didik. Buku Sakti Pemrograman Web. Yogyakarta: Start Up. 2022

Sugiono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2019.

Setyosari, Punaji. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Prenada Media, 2016.

Zulfikri. 2020. “Pandangan Hamka Terhadap Pengkajian Ulum Al-Qur’an Dalam Tafsir Al-Azhar.” 1(1).

Published
2023-12-26
How to Cite
Zulfikri, Fauzan El M, F., Intan Wahyuni, S., & Anijah Hasibuan, N. (2023). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS WEB PADA MATA PELAJARAN QUR’AN HADITS. Edu Global : Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 53-64. https://doi.org/10.56874/eduglobal.v4i2.1705