ANALISIS NILAI KEISLAMAN DALAM TRADISI AGYI AYO ONAM (ZIARAH KUBUR) DI BANGKINANG

  • Yogi Nastiar Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Annisa Rahma Univesitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Halim Karnalis Univesitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Nurul Syafia Ulfa Universitas Islam Negeri Suska Riau
  • Aldeva Ilhami Universitas Islam Negeri Suska Riau
Keywords: Tradisi Islam, Agyi Ayo Onam, Ziarah Kubur

Abstract

Latar belakang penelitian ini mengenai tradisi perayaan Aghi ayo onam pada masyarakat Kecamatan Bangkinang. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tradisi Perayaan Aghi Ayo Onampada masyarakat Kecamatan Bangkinang dan menganalisis nilai keislaman dalam Tradisi Perayaan Aghi Ayo Onam pada masyarakat Kecamatan Bangkinang.Teknik pengumpulan data di penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Responden di penelitian ini adalah 6 orang yaitu: 1 orang ninik mamak,1 orang lembaga adat kampar, 1 orang budayawan, 1 orang masyarakat kecamatan bangkinang, dan 2 orang perantau asal bangkinang. Teknik analisis data dalam penelitian ini metode kualitatif. Hasil penelitian ini adalah  terjadi perubahan pada rangkaian tradisi aghi ayo onam, serta antusias masyarakat saat ini berubah dan menurun. Terdapat 2 faktor penyebab perubahan ini, yaitu: faktor eksternal dan faktor internal. Faktor eksternalnya adalah pengaruh dari budaya lain dan faktor internalnya yaitu: penemuan baru serta bertambah dan berkurangnya jumlah penduduk.

References

Dwipayana, I.K.A. and Astawan, N. (2021) ‘Pengajaran Sastra Berdasarkan Pendekatan Etnopedagogis sebagai Alternatif Penguatan Literasi Budaya’, Pedalitra: Prosiding Pedagogi, Linguistik, dan Sastra, 1(1), pp. 284–291.

Farid, M. (2021) Tanabanda: Esai-esai tentang Mitos, Sejarah, Sosial, Budaya Pulau Banda Naira. Prenada Media.

Firdhos, J.G. (2024) ‘Pengaruh Budaya Terhadap Tipologi Masjid Saka Tunggal Cikakak Banyumas’, Jurnal Lingkungan Karya Arsitektur (LingKAr), 3(1), pp. 31–40.

Mawarni, I.S., Kamaruddin, S. and Awaru, A.O.T. (2024) ‘Peran Pemuda Dalam Melestarikan Kearifan Lokal Dan Budaya Rambu Solo’Di Toraja Utara’, Edu Sociata: Jurnal Pendidikan Sosiologi, 7(1), pp. 560–565.

Suroyo, S. et al. (2023) ‘Aghi Ghayo Onam: Religious and Costumery Tradition by Malay Kampar People in Islamic Perspective’, Analisa: Journal of Social Science and Religion, 8(2), pp. 203–219. Available at: https://doi.org/10.18784/analisa.v8i2.2118.

Syaifudin, N. (2023) ‘REPRESENTASI NILAI-NILAI BUDAYA JAWA DALAM LIRIK LAGU “CAPING GUNUNG” KARYA GESANG’, Lingue: Jurnal Bahasa, Budaya, dan Sastra, 5(2), pp. 30–39.

Yunus, M. (2013) ‘Tradisi Basiacuong dalam Masyarakat Adat Limo Koto Kampar’, Menara Riau, 12(2), pp. 92–114.

Published
2024-07-30
How to Cite
Nastiar, Y., Rahma, A., Karnalis , H., Syafia Ulfa , N., & Ilhami, A. (2024). ANALISIS NILAI KEISLAMAN DALAM TRADISI AGYI AYO ONAM (ZIARAH KUBUR) DI BANGKINANG. Edu Global : Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 1-8. https://doi.org/10.56874/eduglobal.v5i1.1873