DAKWAH ADAPTIF: MENYIASATI TANTANGAN KOMUNIKASI ISLAM DI LINGKUNGAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi dakwah adaptif sebagai solusi dalam menghadapi tantangan komunikasi Islam di lingkungan pendidikan multikultural, khususnya di SMA Mandailing Natal. Dakwah adaptif didefinisikan sebagai pendekatan komunikasi keislaman yang menyesuaikan diri dengan konteks budaya lokal, karakteristik siswa, dan perkembangan teknologi informasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif-analitis, melibatkan guru agama, siswa, dan tokoh masyarakat sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan model analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dakwah adaptif efektif dalam meningkatkan penerimaan nilai-nilai Islam oleh siswa melalui integrasi budaya lokal dan optimalisasi media digital. Namun, implementasinya menghadapi tantangan seperti keterbatasan sumber daya dan resistensi terhadap perubahan metode dakwah. Rekomendasi utama meliputi pelatihan literasi digital dan kompetensi interkultural bagi guru agama, serta pengembangan kurikulum agama yang responsif terhadap konteks lokal. Penelitian ini memberikan kontribusi teoretis dan praktis dalam pengembangan model dakwah inklusif yang relevan dengan dinamika masyarakat modern, sekaligus memperkuat harmoni sosial di tengah keberagaman budaya.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
Alhidayatillah, Nur. 2017. “Dakwah Dinamis Di Era Modern.” Jurnal Pemikiran Islam 41 (2): 265–76.
Alqautsar, M. 2022. “Transformasi Tradisi Lisan Sebagai Sarana Dakwah: Kajian Historis Dan Tantangan Era Digital.” Journal of Community Development 1 (1): 56–63. https://journal.nabest.id/index.php/jcd/article/view/29%0Ahttps://journal.nabest.id/index.php/jcd/article/download/29/48.
Amalia, Nur, and Naufal Nafi’ardina. 2024. “Kajian Dampak Tiktok Pada Siswa Sekolah Dasar: Kelebihan, Kekurangan, Dan Implikasi Pendidikan .” Jurnal Elementaria Edukasia 7 (1 SE-Articles): 2392–2410. https://doi.org/10.31949/jee.v7i1.8279.
Andini, Dinda Rizki, and Muhammad Sirozi. 2024. “Integrasi Kearifan Lokal Dalam Perencanaan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam.” Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP) 4 (3 SE-Articles): 465–71. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i3.566.
Annisa Mutmainnah, Zulkarnain Zulkarnain, and Rizkan Syahbudin. 2022. “Efektivitas Pemanfaatan Platform Quizizz Sebagai Media Dalam Pembelajan Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 1 Bengkulu Utara.” GHAITSA : Islamic Education Journal 3 (2 SE-Articles): 92–102. https://doi.org/10.62159/ghaitsa.v3i2.452.
Asid Maududin, Iqbal, Abas Mansur Tamam, and Wido Supraha. 2021. “Konsep Pendidikan Tazkiyatun Nafs Ibnul Qayyim Dalam Menangani Kenakalan Peserta Didik.” Rayah Al-Islam 5 (01): 140–56. https://doi.org/10.37274/rais.v5i1.393.
Bairanti Asriandhini, Ahmad Sastra, and Wido Supraha. 2023. “The Concept of Islamic Storytelling for Phase A PAI Teachers.” Al-Afkar, Journal For Islamic Studies 6 (4 SE-Articles): 150–66. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v6i4.759.
Balqis, Ismi Luthfya, Ismi Luthfya Balqis, Miranda Ade Tias Putri Riyanto, and Silvina Noviyanti. 2024. “Pengaruh Budaya Asing Terhadap Kebudayaan Indonesia.” Innovative: Journal Of Social Science Research 4 (1 SE-Articles): 12287–96. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i1.9402.
Creswell, J W, and C N Poth. 2018. “Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing among Five Approaches.” Sage Publications. https://www.sagepub.com/.
Danil, Muhammad, Amri Effendi, Jamalludin Mak’ruf, and Syukri Iska. 2024. “Modernisasi Sebagai Pergeseran Akhlak Dan Identitas Manusia Modren.” Bayani 4 (2 SE-Artikel): 145–65. https://doi.org/10.52496/bayaniV.4I.2pp145-165.
Daniyarti, Wiwi Dwi, Bima Fandi, Refiyana Yolanda, and Ananda Nova Saraswati. 2024. “Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Pemanfaatan Aplikasi Tik-Tok Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Di SMP Negeri 1 Malang” 08. https://doi.org/10.32332/tarbawiyah.v8i2.9769.
Dita, Dita Erlin Enjelina, and Wahidul Anam. 2024. “Kisah Nabi Ayyub Dalam QS. Al-Anbiya’ Ayat 83-84.” Ta’wiluna: Jurnal Ilmu Al-Qur’an, Tafsir Dan Pemikiran Islam 5 (2 SE-Articles). https://doi.org/10.58401/takwiluna.v5i2.1551.
Fadhal, Soraya, and Lestari Nurhajati. 2012. “Identifikasi Identitas Kaum Muda Di Tengah Media Digital (Studi Aktivitas Kaum Muda Indonesia Di Youtube).” Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Pranata Sosial 1 (3): 176–99. http://main.makeuseoflimited.netdna-cdn.com/.
Fadillah, Akbar Al, Juliani. 2024. “Mewujudkan Pendidikan Agama Islam Yang Berkelanjutan Melalui Program Integratif.” Fatih: Journal of Contemporary Research 1 (2 SE-Articles): 247–57. https://ziaresearch.or.id/index.php/fatih/article/view/61.
Faizah, Haizatul, and Abdul Khobir. 2023. “Tantangan Pendidikan Di Era Millenial.” Jurnal Basicedu 7 (4 SE-Articles): 2461–69. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i4.5401.
Febiyana, Anita, and Ade Tuti Turistiati. 2019. “KOMUNIKASI ANTARBUDAYA DALAM MASYARAKAT MULTIKULTUR (Studi Kasus Pada Karyawan Warga Negara Jepang Dan Indonesia Di PT. Tokyu Land Indonesia).” LUGAS Jurnal Komunikasi 3 (1): 33–44. https://doi.org/10.31334/ljk.v3i1.414.
Flick, U. 2018. An Introduction to Qualitative Research. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Haluti, Farid. 2024. “Pembelajaran Agama Islam Dan Kearifan Lokal : Strategi Integrasi Budaya Dalam Kurikulum Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Islam AL-ILMI 07 (02): 125–31.
Imtiyaz, Mohammad Najib Asrof, and Fatma Ulfatun Najicha. 2022. “Membangun Kembali Sikap Nasionalisme Bangsa Indonesia Dalam Menangkal Budaya Asing Di Era Globalisasi.” Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN 7 (2): 140–44. https://doi.org/10.15294/harmony.v7i2.61267.
Khairunnisa, Fadila, Pamungkas Stiya Mulyani, and Faisal Kamal. 2024. “Implementasi Media Digital Berbasis Quizizz Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MAN 2 Wonosobo Fadila Khairunnisa.” … Pendidikan Agama Islam 2 (4). https://journal.aripafi.or.id/index.php/jmpai/article/view/376.
Kurniasih, Ria. 2016. “The Effect of Globalization on the Ideology of Pancasila.” Jurnal Scientia Indonesia 2 (1): 69–96. https://doi.org/10.15294/jsi.v2i1.35972.
Kusumawati, Ira, and Nurfuadi. 2024. “Integrasi Kurikulum Pesantren Dalam Kurikulum Nasional Pada Pondok Pesantren Modern.” Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran 2 (01 SE-Articles): 1–7. https://doi.org/10.58812/spp.v2i01.293.
Lubis, Rayendriani Fahmei, and Idris Saleh. 2024. “Desakralisasi Ritual Tolak Bala Dalam Perspektif Fenomenologis: Tradisi Masyarakat Desa Pardamean Baru Mandailing Natal.” Empirisma: Jurnal Pemikiran Dan Kebudayaan Islam 33 (1 SE-Articles): 187–222. https://doi.org/10.30762/empirisma.v33i1.2076.
Madhani, Luluk Makrifatul, Indah Nur Bella Sari, and M. Nurul Ikhsan Shaleh. 2021. “Dampak Penggunaan Media Sosial Tiktok Terhadap Perilaku Islami Mahasiswa Di Yogyakarta.” At-Thullab : Jurnal Mahasiswa Studi Islam 3 (1): 627–47. https://doi.org/10.20885/tullab.vol3.iss1.art7.
Meliani, Fitre, Aji Muhamad Iqbal, Uus Ruswandi, and Mohamad Eriadiana. 2020. “Konsep Moderasi Islam Dalam Pendidikan Global Dan Multikultural Di Indonesia.” Eduprof : Islamic Education Journal 2 (2): 261–77. https://iaibbc.e-journal.id/xx/article/view/130.
Miles, M B, A M Huberman, and J Saldaña. 2014. “Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook.” Sage Publications. https://www.sagepub.com/.
Nasution, A G J, MAPK Harahap, F Ramadhani, and ... 2023. “Markobar: Telaah Adat Dan Pandangan Islam.” …. https://ejournal.yasin-alsys.org/index.php/ahkam/article/view/817.
Nikmah, Faridhatun. 2020. “DIGITALISASI DAN TANTANGAN DAKWAH DI ERA MILENIAL.” Muẚṣarah: Jurnal Kajian Islam Kontemporer 2 (1 SE-Articles): 45–52. https://doi.org/10.18592/msr.v2i1.3666.
Pakpahan, Aidil Bismar Albani, and Muaz Tanjung. 2024. “Pesan–Pesan Dakwah Dalam Tradisi Upah-Upah Pernikahan Batak Mandailing.” Satwika : Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial 8 (1 SE-Table of Content): 110–20. https://doi.org/10.22219/satwika.v8i1.32917.
Purtina, Arna, Fathul Zannah, and Ahmad Syarif. 2024. “Inovasi Pendidikan Melalui P5: Menguatkan Karakter Siswa Dalam Kurikulum Merdeka.” Pedagogik: Jurnal Pendidikan 19 (2 SE-Articles): 147–52. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v19i2.7947.
Purwantoro, Susilo Adi, Riyadi Syahardani, Erwin Hermawan, Aang Kuvaeni, and Indarti. 2021. “Media Sosial: Peran Dan Kiprah Dalam Pengembangan Wawasan Kebangsaan.” Jurnal Lemhannas RI 9 (4 SE-Articles). https://doi.org/10.55960/jlri.v9i4.416.
Rahayuningsih, Idha. 2014. “Komunikasi Lintas Budaya Dalam Organisasi.” Jurnal Ilmu Komunikasi 9 (Agustus): 91–100.
Rahmad Mulyadi, Diah Sartika, Hasrian Rudi Setiawan. 2023. “Pendidikan Agama Islam Sebagai Sarana Membentuk Identitas Keagamaan Dalam Masyarakat Multikultura.” Khazanah : Journal of Islamic Studies 2 (3): 90–99. https://doi.org/https://doi.org/10.51178/khazanah.v2i3.1554.
Ristanti, Irma. 2023. “DIGITALISASI PERENCANAAN PENDIDIKAN ISLAM DI MADRASAH.” Mapendis: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1 (1 SE-Articles). https://jurnal.staiannawawi.com/index.php/Mapendis/article/view/593.
Rumetna, Matheus Supriyanto, and Tirsa Ninia Lina. 2022. “Dampak Teknologi Informasi Bagi Generasi Milenial.” Abdimas Unwahas 7 (1): 45–52. https://publikasiilmiah.unwahas.ac.id/index.php/ABD/article/download/6561/4055.
Salsabilla, Irmaliya Izzah, Erisya Jannah, and Juanda Juanda. 2023. “Analisis Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka.” Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia 3 (1 SE-Articles): 33–41. https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/JLPI/article/view/384.
Saragih, Ratna. 2022. “Marsipature Hutana Be: Menuju Model Pembangunan Ekonomi Demi Perubahan Sosial Baru Masyarakat Di Tanah Batak.” DUNAMIS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani 7 (1): 441–49. https://doi.org/10.30648/dun.v7i1.913.
Simamora, Samuel, Yesna Lingga, Nanda Pardede, Ida Binneka, and Fitriani Lubis. 2024. “Mempertahankan Warisan Budaya : Ritual Adat Pernikahan Suku Mandailing Di Tengah Perubahan” 2 (2): 1092–95.
Sitompul, Baginda. 2022. “Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran Di Era Digital.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6 (3 SE-Articles of Research): 13953–60. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i3.4823.
Yanti Situmorang, Dina. 2023. “Penggunaan Media Sosial Sebagai Alat Bantu Pembelajaran Dan Pengaruhnya Terhadap Interaksi Siswa.” Jurnal Teknologi Pendidikan 2 (2 SE-Articles): 110–19. https://doi.org/10.56854/tp.v2i2.226.
Yulianti, Putri, Akhmad Riadi, Fadia Zahratunnisa, Nur Aulia Amanda Fatimah, and Aulia Arrahima. 2024. “Kajian Literatur: Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Dalam Meningkatkan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Generasi Muda.” Indonesian Journal of Islamic Education 2 (1 SE-Articles): 113–23. https://doi.org/10.31949/ijie.v2i1.10114.