PEMBELAJARAN FIQIH MAWARIS KELAS XII SMA ISLAM RAUDHATUL JANNAH PAYAKUMBUH DI TENGAH PANDEMI

  • Novi Hendra IAIN BUKITTINGGI
  • Zulfani Sesmiarni UIN Bukittinggi
Keywords: dampak, fiqih mawaris, virus corona

Abstract

Fiqh Mawaris merupakan salah satu tema yang terlihat sangat abstrak. Pembelajaran Fiqh Mawaris membutuhkan objek dan penjelasan khusus dari guru. Adanya wabah virus corona ini memungkinkan seluruh pembelajaran dilakukan secara online termasuk Fiqh Mawaris agar dapat terlaksana. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembelajaran Fiqih Mawaris pada saat pandemi virus corona dan mendeskripsikan dampak pembelajaran  online pada saat pandemi virus corona. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan wawancara dan penelitian kepustakaan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa proses pembelajaran Fiqih Mawaris dilakukan secara online di sekolah, dan sebagian masih mewajibkan orang tua untuk membawa PR anaknya ke sekolah. Dalam pandemi ini, guru, siswa, dan orang tua merasakan berbagai pengaruh selama pembelajaran online, beberapa di antaranya positif atau negatif.

 

References

Zakir, Supratman (2015) Local Web Base Learning: Media Pembelajaran Alternatif. In: ASEAN Comparative Education Research Conference, 7 - 8 Oktober 2015, Malaysia.
Zakir, Supratman (2013) Modul Pembelajaran Berbasis Multimedia. Analisis, 10 (2). ISSN 1829-6017
Zakir, Supratman (2012) Strategi Pengembangan Kompetensi Siswa dengan Manajemen Berbasis Sekolah. Analisis, 9 (1). ISSN 1829-6017
Zakir, Supratman and Maiyana, Efmi (2011) Desain Dan Implementasi Networking Security Memanfaatkan Security Configuration Wizard (SCW). Jurnal Boekittinggi Information & Technology, 1 (1). pp. 100-116. ISSN 2088-4648
Anwar, Z. (2012). Pelaksanaan Pembelajaran Fiqih Mawaris di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 5(2), 24-32. Retrieve from https: //journal. uny.ac.id/ index.php/jpip/article/vie w/4747/4106.
Dewi, L. (2017). Rancangan Program Pembelajaran Daring di Perguruan Tinggi: Studi Kasus pada Mata Kuliah Kurikulum Pembelajaran di Universitas Pendidikan Indonesia. Edutech, 16(2), 205-221. Retrieved from http: //ejournal. upi.edu/ index.php/edutech/article/vi ew/7616/0.
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di SMA Islam Raudhatul Jannah. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61. Retrieved from https: //edukatif. org/index.php/edukatif/article/view/89/pdf.
Huang, C. et al. (2020). Clinical Features of Patients Infected With 2019 Novel Coronavirus in Wuhan, China. Lancet, 395(10223), 497-506. Retrieved from https://bit.ly/368tofb.
Karso, H. (2014). Pembelajaran Fiqih Mawaris di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19). Retrieved from https: //bit. ly/3dTEqaQ.
Nakayama, M., Yamamoto, H., & Santiago, R. (2007). The Impact of Learner Characteristics on Learning Performance in Hybrid Courses among Japanese Students. Electronic Journal e-Learning, 5(3), 195-206. Retrieved from https://files.eric. ed.gov/fulltext/EJ1098825.pdf.
Nuraini, I. (2005). Media Pembelajaran sebagai Pembawa Pesan. Mediator, 6(2), 277-290. Retrieved from https://bit.ly/3695G2f.
Permana, R. H. (2020, Mei 17). Data Kasus Corona di Indonesia 17 Mei 2020 Per Pukul 16.00 WIB. Retrieved from https: //news.detik. com/berita/d 5018410/ data-kasus-corona-di-indonesia-17-mei- 2020-per-pukul-1600-wib.
Purwanto, A., et al. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di SMA Islam Raudhatul Jannah. Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1-12. Retrieved from https: //bit.ly/ 2WFeE49.
Rothan, H. A., & Byrareddy, S. N. (2020). The Epidemiology and Pathogenesis of Coronavirus Disease (COVID-19) Outbreak. Journal of Autoimmunity, 109(102433), 1-4. doi: 10.1016/ j.jaut. 2020.102433.
Sintema, E. J. (2020). Effect of COVID-19 on the Performance of Grade 12 Students: Implication for STEM Education. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 16(7), 1-6. doi: 10.29333/ejmste/7893.
Solichin, M. M. (2006). Belajar dan Mengajar dalam Pandangan Al-Ghazali. Tadris Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 138-153. Retrieved from http: // ejournal. stainpamekasan. ac. id / index.php/ tadris/ article/ download/ 202/193.
Susilo, A. et al. (2020). Coronavirus Desease 2019: Tinjauan Literatur Terkini. Jurnal Penyakit Dalam, 7 (1), 45-67. Retrieved from http: //jurnalpenyakitdalam.ui.ac.id /index.php/jpdi/article/download/415/228.
World Health Organization. (2020, Maret 2). Situation Report. Retrieved from https: // www.who.int / docs/default- source / coronaviruse / situation reports/ 20200302 - sitrep -42- covid-19. pdf?sfvrsn=22
Published
2023-12-26
How to Cite
Hendra, N., & Sesmiarni, Z. (2023). PEMBELAJARAN FIQIH MAWARIS KELAS XII SMA ISLAM RAUDHATUL JANNAH PAYAKUMBUH DI TENGAH PANDEMI. Edu Global : Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 1-12. https://doi.org/10.56874/eduglobal.v4i2.688