Panduan Penulis

Judul

Tidak melebihi dari 15 kata, ditulis capital pada awal kata, cetak tebal (bold), Font Time News Roman (TNR) 16, centered, spasi 1

 

Penulis

Nama Lembaga Afiliasi

E-mail Penulis

TNR 12, centered, spasi 1, Nama penulis tanpa gelar

 

 

Abstrak/Abstract

Abstrak ditulis dalam bahasa inggris dan bahasa Indonesia antara 150 s.d. 200 kata yang memuat tujuan, metode, pokok dan hasil atau temuan dalam artikel/hasil penelitian. Penyusunan abstrak jika menggunakan dua Bahasa maka Abstrak bahasa Inggris terlebih dahulu dan selanjut Abstrak Bahasa Indonesia

 

Keywords / Kata Kuci: Maksimum 4 kata

 

 

 

Naskah Jurnal: berupa hasil penelitian (kajian pustaka maupun lapangan) terdiri dari 5000 s.d. 6000 (15 – 20 halaman spasi 1,5) kata yang ditulis dalam format Time News Roman (TNR) 12, Justify. Naskah disusun dalam tiga bagian yaitu: Pendahuluan, Isi Naskah/Pembahasan, Simpulan.

PENDAHULUAN

Berisi tentang latar belakang, pokok bahasan naskah, pentingnya tema yang dibahas, dan tujuan dari pokok bahasan naskah. Pada bagian ini disarankan untuk menghindari penjelasan detail mengenai landasan teori, pernyataan masalah, dan sejenisnya seperti yang diterbitkan pada karya tulis bentuk skripsi/tesis/disertasi. Pendahuluan ditulis tebal (bold) tanda heading.

METODE

Jelaskan secara detail metode dalam artikel ini.  Jika based research jelaskan metode yang digunakan, jika non riset lanjut ke temuan dan pembahasan saja.

TEMUAN DAN PEMBAHASAN

Isi Temuan dan Pembahasan utama ditulis lock caps (kapital besar diawal kata),tebal (bold) tanpa heading, dan pada sub-sub pembahasan menggunakan heading tidak lebih dari 3 level.

  1. Heading Level 1: Heading level 1 ditulis dengan format; title case, lock caps (kapital besar diawal kata), rata kiri, bold, Time News Roman (TNR) 12, spasi 1, dengan penomoran angka latin diikuti titik.
  2. Heading Level 2: Heading level 2 ditulis dengan format; title case, lock caps, rata kiri, bold, Time News Roman (TNR) 12, spasi 1, dengan penomoran huruf latin kecil diikuti titik.
  3. Heading Level 3: Heading level 3 ditulis dengan format; title case, lock caps (kapital besar diawal kata), rata kiri, bold, Time News Roman (TNR) 12, spasi 1, dengan penomoran angka latin diikuti kurung tutup.

 

Naskan ditulis dengan Menggunakan Refences Citation & Bibliography APA Sixth Edition dan dapat juga menggunakan Mendeley / Zotero

Temuan dan pembahasan memuat interpretasi, pendapat, penjelasan implikasi, dan saran untuk penelitian kedepannya. Fungsi utamanya untuk menjawab pertanyaan yang telah dipaparkan pada pendahuluan, menjelaskan hasil yang mendukung pertanyaan tersebut, dan bagaimana pertanyaan tersebut sesuai dengan teori-teori yang ada. Diskusi dalam hal ini penting keberadaannya. Diskusi harus dibuat sejelas dan sedetal mungkin.

INSTRUMEN PENDUKUNG

Instrumen pendukung dapat berupa gambar (grafik/bagan) atau tabel. Gambar/tabel direkomendasikan dalam format hitam putih, dan jika dibuat dalam format berwarna, harus dipastikan bahwa masih dapat terbaca dengan jelas ketika naskah dicetak hitam putih. Gambar/tabel tersebut harus diberi nomor urut dan keterangan ringkas di bawahnya dengan format; centered, TNR 10, spasi 1. Isi tabel ditulis dengan format TNR 10, spasi 1.

Table 1.    <Title of Table>

No.

Aspek Penilaian

Skor

1

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

KESIMPULAN  

Simpulan ditulis untuk mengarahkan pembaca mendapatkan hal-hal penting yang tidak dangkal dan sempit. Simpulan ditulis tebal (bold) tanpa heading.

REFERENCES  

Penulisan rujukan disusun secara alfabetis dengan memuat nama penulis, tahun terbit, judul buku/jurnal/majalah, kota tempat penerbitan, dan nama penerbit. Berikut contohnya.

 

Anonim. 2015. Situational Leadership. [online]. Tersedia: http://www.mc.edu/rotc/files/9213/1471/9571/MSL_202_L09b_Situational_Leadership.pdf. Diakses tanggal 25 April 2016.

 

Anoraga, Pandji. 2009. Psikologi Kerja. Jakarta: Rineka Cipta.

 

Barnawi dan Mohammad Arifin. 2012. Kinerja Guru Profesional. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.

 

Basrowi dan Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

 

Dran. 2012. Leadership And Its Influence In Organizations; A Review Of Intellections In International Journal  Of Learning And Development Vol 2 No 6. Viewed November  2013. (www.macrothink.org/ijld).

 

Penulisan rujukan dapat juga menggunakan Bibliography dan Mendeley