ANALISIS KEBIJAKAN KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN PONOROGO PADA PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH
Abstrak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebijakan apa saja yang diterapkan kementerian Agama kabupaten Ponorogo pada penyelenggaraan pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah. Metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif, dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan di kantor kementerian Agama Kabupaten Ponorogo pada bulan Oktober. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan melakukan wawancara, observasi serta mengumpulkan berbagai dokumen selanjutnya di analisis dan diperoleh temuan mengenai kebijakan Kementerian Agama Kabupaten Ponorogo pada penyelenggaraan pendidikan di madrasah Ibtidaiyah. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis model interaktif yang terdiri dari tiga komponen yakni; reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang di dapat menunjukkan bahwa kebijakan yang dilakukan Kementerian Agama Kabupaten Ponorogo pada pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah ialah: 1) menggelar ajang kompetisi SAINS madrasah (KSM) di tingkat Kabupaten sebagai wahana membangun ghirroh/semangat kompetisi SAINS pada kalangan siswa madrasah salah satunya jenjang MI, 2) penetapan pengurus kelompok kerja guru Madrasah Ibtidaiyah (KKG-MI) sebagai kelancaran pendidikan dan pengajaran pada MI negeri dan swasta, 3) mengadakan sosialisasi dengan seluruh madrasah sekabupaten Ponorogo tentang petunjuk teknis penerimaan peserta didik baru salah satu diantaranya jenjang MI, 4) memperluas akses pendidikan madrasah dengan melakukan proses verifikasi izin operasional salah satunya pada MI, 5) bekerjasama dengan dinas pendidikan membangun sinergitas untuk meningkatkan kualitas pendidikan dasar dalam program kegiatan.