Penerapan TSB menggunakan Aplikasi GC untuk meningkatkan Kompetensi Profesional Guru dalam Pelaksanaan PJJ Integratif
Abstract
Pembelajaran jarak jauh interaktif memerlukan media pembelajaran yang menarik dalam meningkatkan minat dan kreativitas siswa dalam belajar. Salah satu masalah yang dihadapi adalah kurang mahirnya guru dalam penguasaan teknologi media pembelajaran. Solusi yang dapat digunakan adalah dengan mengadakan pelatihan Teknik tutor sebaya yang melibatkan pemateri yang ahli dibidang penguasaan IT media pembelajaran. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan instrument angket respon melalui google form. Adapun pengambilan data dilakukan dengan melalui beberapa tahapan, yaitu: 1) mendiskusikan permasalahan dalam menggunakan media pembelajaran 2) merumuskan strategi yang tepat untuk mengatasi permasalahan 3) melaksanakan kegiatan pelatihan yang melibatkan guru-guru, 4) menyebarkan angket untuk diisi oleh peserta, dan mengumpulkannya, 5) melakukan evaluasi terhadap pelatihan yang telah dilaksanakan. Pelatihan tutor sebaya ini diharapkan dapat memberikan pemahaman dan meningkatkan keterampilan guru dalam menggunakan Google Classroom sehingga dapat meningkatkan profesionalisme guru tersebut. Dari hasil angket respon disimpulkan bahwa penerapan tutor sebaya dalam penggunaan Google Classroom dapat meningkatkan pemahaman dan profesionalisme guru dalam pembelajaran jarak jauh interaktif.
References
Asnawi, N. (2018). Pengukuran Usability Aplikasi Google Classroom Sebagai E-learning Menggunakan USE Questionnaire (Studi Kasus: Prodi Sistem Informasi UNIPMA). RESEARCH : Computer, Information System & Technology Management, 1(1), 17. https://doi.org/10.25273/research.v1i1.2451
Hanum, N. S. (2013). Keefetifan e-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran e-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 90–102. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1584
Hanum, N. S. (2020). Tantangan Dan Peluang Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Online Masa Covid-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 241–255. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.452
Marwansyah. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Kedua (Kedua). Alfabeta.
Nadziroh, F. (2017). Analisa Efektifitas Sistem Pembelajaran Berbasis E-Learning. Jurnal Ilmu Komputer Dan Desain Komunikasi Visual (Jikdiskomvis), 2(1), 1–14.
Pradana, D. B. P. (2017). Pengaruh Penerapan Tools Google Classroom pada Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa. It-Edu, 2(01).
Sihotang, D. O. (2019). Optimalisasi Penggunaan Google Class Room Dalam Peningkatan Minat Belajar Bahasa Inggris Siswa Di Era Revolusi Industri 4.0 (Studi Kasus di SMK Swasta Arina Sidikalang). 1(1).
Sutrisno, S. (2020). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar melalui Pembelajaran Online dengan Google Classroom di Masa Pandemi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 95–106. https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/151/162
Wicaksono, M. D. (2020). PEMANFAATAN GOOGLE CLASSROOM DALAM STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII Muhammad Denny Wicaksono. 17(1).