Tugas Pokok dan Fungsi Kepala Sekolah dalam Bimbingan dan Konseling
TUGAS POKOK DAN FUNGSI KEPALA SEKOLAH DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING
Abstrak
Manajemen adalah proses yang membantu individu dan organisasi mencapai tujuan dengan efektif melalui perencanaan, pengorganisasian, pengaktualisasian, dan pengendalian tindakan. Ini termasuk mengelola dan mengontrol sumber daya dalam dan luar dalam organisasi. Pimpinan sekolah merupakan penangung jawab yang menggunakan manajemen dalam pekerjaannya, termasuk dalam mengawasi kegiatan proses pendampingan yang dilakukan oleh tenaga pendidik atau konselor yang bertujuan untuk membantu siswa dalam mengatasi masalah akademik, pribadi, sosial, karir, atau emosional yang dihadapi siswa di sekolah. Proses ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengatasi masalah yang dihadapi, serta mengembangkan potensi diri dan karir siswa. Tugas manajemen kepala sekolah dalam bidang ini juga termasuk mendukung kegiatan bimbingan dan konseling dan mengatur cara kerja dalam pembuatan program bimbingan dan konseling di sekolah. Penelitian ini didasarkan pada metode perpustakaan, dengan mengumpulkan dan mengolah data perpustakaan melalui membaca dan merekam bahan penelitian.
Referensi
Fadilah, N. (2019). Kebijakan Kepala Sekolah Dalam Maningkatkan Mutu Pendidikan di SMP IT Nurul Ilmi Medan Estate. 1–123. http://repository.uinsu.ac.id/6790/
Ii, B. A. B., & Teori, L. (2013). 932117109-arissodik-2013 Kepala sekolah; meningkatkan profesionalitas guru. 81–83.
Kementerian Pendidikan dan. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2018 Tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah. Kemdikbud, 1–21.
Mahaly Sawal. (2021). Efektivitas Pelaksanaan Layanan Bimbingan Pribadi Oleh Guru Bimbingan Konseling. Al-Ittizaan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 4(1), 1–5. https://doi.org/10.24014/ittizaan.v4i1.13238
Nadia Aulia Nadhirah. (2017). Konsep Dasar Bimbingan Dan Konseling Perkembangan. Beuty Of Learning. https://nadianadhirah.wordpress.com/2017/11/12/konsep-dasar-bimbingan-dan-konseling-perkembangan/
Novianto, Nursalim, M., Pratiwi, T. I., & Setiawan, D. (2013). Study on the Allocation of Hours in Class for Guidance and Counseling and Its. Jurnal BK UNESA, 03(01), 81–89.
Permendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 111 Tahun 2014 Tentang Bimbingan dan Konseling Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kemendikbud RI, 1–45. https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/Permendikbud Nomor 111 Tahun 2014.pdf
Putranti, D., Fithroni, F., & Kusumaningtias, D. (2021). Peran Kepala Sekolah Dalam Implementasi Program Bimbingan Dan Konseling di Sekolah. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(2). https://doi.org/10.24176/jpp.v3i2.5745
Sari, M., & Asmendri. (2018). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA, 2(1), 15. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/naturalscience/article/view/1555/1159
Tarbiyah, F., Manajemen, J., & Islam, P. (2019). Peran Kepala Sekolah.
Telles, S., Reddy, S. K., & Nagendra, H. R. (2019). Bimbingan Dan Konseling “Konseling Krisis.” Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).