Perpaduan Media Cetak Buku Ajar dengan Media Teknologi sebagai Sumber Pembelajaran di Sekolah

  • Marwah Lubis STAIN MANDAILING NATAL
Kata Kunci: Media Cetak, Buku ajar, Media Teknologi, QR Code

Abstrak

Tulisan ini membahas tentang perkembangan media cetak sebagai sumber belajar yang disebut dengan buku teks berupa buku panduan bagi guru dan siswa dalam menjalankan proses pembelajaran dan juga buku latihan bagi siswa dengan memadukan pada media teknologi yaitu pemanfaatan aplikasi kode QR. Disini penulis akan mengkupas pembahasan dengan metode analisi dengan melihat perkembangan teknologi dan inovasi kebutuhan sekolah. Selain membahas tentang kelebihan dan kekurangan media ini maka penulis juga menuliskan teknik pembuatan buku ajar perpaduan media cetak dengan media teknologi QR Code, dan juga strategi penggunaannya dalam proses belajar mengajar di sekolah. Media perpaduan ini bisa digunakan untuk seluruh tingkatan satuan Pendidikan, mulai dari Tingkat TK, SD/MI, SMP/MTs Sederajat, SMA/MA Sederajat, dan Perguruan Tinggi. Pada analisis ini media cetak yang penulis jadikan sebagai sumber analisis adalah buku Al-Karim (Amalan dan Kisah Ramdhan Indah dan Mulia) yang digunakan oleh SD IT Al-Husnayain Panyabungan sebagai materi ajar tentang seputar Ramdhan dan Juga Tugas-tugas siswa di rumah selama bulan suci Ramadhan.

Referensi

Al-Karim. (2024). Kegiatan Harian Ramdhan Al-Karim, Amalan Kisah Ramdhan yang Indah dan Mulia. Nur Hidayah Press
Arsyad, Azhar. (2020). Media Pembelajaran. Depok: PT Raja Grafindo Persada
Hadiansah, Deni. (2022). Kurikulum Merdeka dan Paradigma Pembelajaran Baru. Bandung: Yrama
Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk Sekolah Dasar/MI. Jakarta: Depdiknas
Kurniasih, Imas. (2023). Evaluasi Kurikulum Merdeka; Memahami dan Meningkatkan Efektivitas Pendidikan Abad 21. Surabaya: Kata Pena
Rohman, Yusuf Nur, dan Puspa Zanuar Asmaranty. (2024). Pembelajaran Berbasis Kehidupan dengan Muatan Karakter Bangsa untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia Abad 21. https://repositori.kemdikbud.go.id/10982/1/PEMBELAJARAN%20BERBASIS%20KEHIDUPAN.pdf
Romadhoni, Budi Arista. (2024). Meredupnya Dunia Cetak, Dampak Kemajuan Teknologi Informasi. Jurnal An-Nida, Vol.10 No.1. https://ejournal.unisnu.ac.id/JKIN/article/view/741/1001
Tarigan, Henry Guntur & Djago Tarigan. (2009). Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa
Tekege, Martinus. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran SMA YPPGI Nabire. Jurnal Fateksa: Jurnal Teknologi dan Rekayasa volume 2
Walidin, W., Saifullah, & Tabrani. (2015). Metodologi penelitian kualitatif & grounded theory. FTK Ar-Raniry Press
Wikipedia. (2024). Kode QR. https://id.wikipedia.org/wiki/Kode_QR
Diterbitkan
2024-06-15