Implementasi Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini di TPA Mushalla Al-Muttaqin Yogyakarta Berdasarkan Setting Inklusi

  • Yeni Amalia Lubis Universita Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
Kata Kunci: Kata Kunci: Implementasi, Mnanajemen, Setting Inklusi,Anak berkebutuhan Khusus

Abstrak

Penerapan setting inklusi dalam beberapa sekolah perlu untuk diterapkan, agar setiap anak dengan latar belakang yang berbeda-beda mendapatkan kesempatan yang sama untuk mendapat hak pendidikan yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat implementasi manajemen pendidikan di Taman Pendidikan Anak (TPA) dengan setting inklusi dan apa kendala yang dihadapi dari penerapan setting inklusi. penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek dari penelitian ini ialah ketua TPA, Koordinator, ketua takmir dan staf pengajar. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) implementasi manajemen pendidikan anak di TPA Mushalla al-Muttaqin sudah terbilang bagus dan sistematis. 2) TPA Mushalla al-Muttaqin dapat menjadi wadah untuk anak berkebutuhan khusus (AKB) dan anak dengan latar belakang kurang mampu untuk terus mendapatkan pendidikan yang layak. 3) penerapan setting inklusi di TPA mushalla almuttaqin tidak selalu berjalan mulus, terdapat beberapa kendala yang dihadapi yaitu, penataan ruang belajar anak  terlihat kurang kondusif. Kedua, kurangnya sarana dan prasarana yang dimiliki. Ketiga, kurangnya pemahaman anak dalam memahami konsep anak berkebutuhan khusus menjadikan adanya sedikit jarak diantara anak yang lain.

 

 

Diterbitkan
2024-06-20