Strategi Meningkatkan Minat Baca Siswa SMA Ma’arif 1 Pamekasan Melalui Program Literasi

  • Fina Tamara El-Haris IAIN MADURA
  • Zeinal Abidin IAIN Madura
  • Halimatus Sa’diyah IAIN Madura
Kata Kunci: Strategi, Meningkatkan Minat baca, Program Literasi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dalam meningkatkan minat baca siswa SMA Ma’arif 1 Pamekasan melalui program literasi. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi di SMA Ma’arif 1 Pamekasan. Narasumber terdiri dari kepala sekolah, kepala perpustakaan, dan siswa SMA Ma’arif 1 Pamekasan dengan menggunakan teknik analisis data model interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan di SMA Ma’arif 1 Pamekasan meliputi penyediaan sumber bacaan yang menarik, kegiatan literasi rutin, menciptakan lingkungan baca yang nyaman, dan evaluasi program literasi. Meskipun program literasi telah meningkatkan minat baca, wawasan, dan prestasi akademik siswa. Namun, masih terdapat beberapa tantangan seperti kurangnya koleksi buku dan terdapat rendahnya minat baca beberapa siswa. Namun, sekolah berusaha menawarkan program literasi yang menarik dan bekerja sama dengan beberapa pemangku kepentingan untuk meningkatkan fasilitas perpustakaan. Secara keseluruhan, program literasi di SMA Ma’arif 1 Pamekasan berhasil meningkatkan minat baca siswa, meningkatkan moral siswa, dan membuat lingkungan belajar menjadi lebih aktif dan dinamis.

Referensi

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. In P. Rapanna (Ed.), Metode Penelitian Kualitatif (Cet. 1, p. 224). Syakir Media Press.

Agama, P., Di, I., & Medan, M. A. N. (2022). Implementasi Metode Outdoor Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Agama Islam di MAN 1 Medan. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 3(2), 147–153. https://doi.org/10.30596/jppp.v3i2.11758

Andriani, Y., & Pratama, R. I. (2023). Pengembangan Literasi di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Sangkuriang, Kelurahan Rancaekek, Kabupaten Bandung. Jurnal Gema Ngabdi, 5(2), 185–193. https://doi.org/10.29303/jgn.v5i2.330

Feny Rita Fiantika et all. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue Maret). https://scholar.google.com/citations?user=O-B3eJYAAAAJ&hl=en

Grafika, R. S. (2007). Undang-undang SISDIKNAS (Sistem Pendidikan Nasional) 2003 : (UU RI No.20 th.2003) (Cet. 4). Sinar Grafika.

Harahap, N. (2020). PENELITIAN KUALITTAIF. In H. Sazali (Ed.), Penelitian Kualitatif (Cet. 1, p. 159). Wal ashri Publishing.

Imanugroho, S., & Ganggi, R. I. P. (2018). program gerakan literasi sekolah dalam menumbuhkan minat baca Peserta didik sdn Kuripan lor 01 kota pekalongan. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 7(2), 71–80. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/22894/20929

Rohim, C. D., & Rahmawati, S. (2020). Di Sekolah Dasar Negeri. Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 2.

Rohim, D. C., & Rahmawati, S. (2020). Peran Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 230–237. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p230-237

Rokmana Rokmana, Endah Noor Fitri, Dian Fixri Andini, Misnawati Misnawati, Alifiah Nurachmana, Ibnu Yustiya Ramadhan, & Syarah Veniaty. (2023). Peran Budaya Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Journal of Student Research, 1(1), 129–140. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.960

Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.

Sutrisna, Irvan; Sriwulan, Septina; Nugraha, V. (2019). Pengaruh Gerakan Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(4), 521–528.

Utami, N. P., & Yanti, P. G. (2022). Pengaruh Program Literasi terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8388–8394. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3825

Utami, S. Q. (2019). IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI SEKOLAH DASAR AL-BAITUL AMIEN 01 JEMBER. PASCA SARJANA IAIN JEMBER.

Valentina, T., Selegi, S. F., & Junaidi, I. A. (2023). Strategi Meningkatkan Literasi Baca Siswa Sekolah Dasar. Wahana Didaktika Jurnal Terakreditasi, 21(3), 630–639. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/didaktika/article/view/12616

Abidin, Z., & Ratnawati, R. (2024). Manajemen Mutu Pendidikan Pondok Pesantren Nurul Huda Pragaan Sumenep Di Era 5.0. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 7(1), 96-105.

Riskiyah, E. M., Fariyanti, A., & Abidin, Z. (2024). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM MEMBANGUN GENERASI UNGGUL DAN ISLAMI MENUJU ERA SOCIETY 5.0. An-Nadzir : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(01), 1–13. https://doi.org/10.55799/annadzir.v2i01.426

aizah, St., Abidin, Z., & Inayati, M. (2023). Implementasi Supervisi Pendidikan dalam Meningkatkan Kredibilitas Tenaga Pendidik Melalui Pendekatan Directiv, Non Directiv dan Kolaboratif. Multiverse: Open Multidisciplinary Journal, 2(1), 134–140. https://doi.org/10.57251/multiverse.v2i1.1022
Diterbitkan
2024-12-10