Manajemen Kewirausahaan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kemandirian Peserta Didik Di MI Negeri 2 Kecamatan Bukit Kabupaten Bener Meriah
Abstrak
Krisis multidimensional dan perubahan yang terjadi dalam dunia pendidikan telah mengaburkan fungsi yang sesungguhnya dari kepala madrasah, tuntutan dari lembaga dinas kemenag membuat kepala madrasah terkungkung untuk menjalankan rutininitas seperti pola kepemimpinan sebelumnya. Kurangnya kompetensi yang dimiliki Kepala madrasah mengakibatkan potensi yang ada di madrasah tidak dapat diberdayakan secara maksimal, sebagai ujung tombak perkembangan madrasah kepala sekolah harus mampu berinovasi dan berkreasi dan menyikapi keperluan, kemauan dan asa masyarakat akan jasa pendidikan bagi anak anak nya kepala madrasah harus mempunyai kompetensi kewirausahaan untuk meningkatkan kemajuan madrasah yang dipimpinnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan mengevaluasi manajemen kewirausahaan Kepala MIN 2 Bener Meriah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain: Wawancara kepada kepala madarasah MIN 2 Bener Meriah, dan dokumentasi dari kegiatan siswa. Subjek penelitian ini meliputi kepala madrasah, wakil kepala bagian kesiswaan, guru. Analisis data dengan menggunakan deskriptif kualitatif yang dimulai dari kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan yang dilakukan kepala madrasah meliputi penyusunan program Madrasah dalam kewirausahaan melalui penentuan jadwal kewirausahaan market day dan koperasi siswa, pembimbing kewirausahaan, dan keikutsertaan peserta didik dan evaluasi yang melibatkan tenaga pendidik dan kependidikan, komite sekolah, serta orang tua siswa; (2) Pelaksanaan yang dilakukan pada kewirausahaan kepala madrasah dalam meningkatkan kemandirian peserta didik melalui pembinaan, keikutsertaan peserta didik dalam melaksakan kegitan berwirausaha serta motivasi berupa komunikasi intenstif, Tagline MIN Inovasi, dan reward; (3) Evaluasi dilakukan oleh kepala madrasah dalam bentuk pemantauan, secara langsung dan pelaporan. Supervisi terhadap program belum ada instrumen supervisi yang terukur.
Referensi
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2016.
Barnawi dan Arifin, Mohammad, School Preneurship Membangkitkan Jiwa & Sikap Kewirausahaan Siswa, Cetakan ke-3, Jogjakarta: Arruz Media, 2016.
Fatah, Nanang. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta. 2010.
Gautam, M. K., & Singh, S. K. Entrepreneurship education: Concept, characteristics and implications for teacher education. Shaikshik 115 Parisamvad (An International Journal of Education), 2015: 5(1), 21-35.
Hambali, Baginda, Implementasi Kewirausahaan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Kesejahteraan Guru di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Harum Jakarta Utara, Tesis, MPI. FITK Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, 2021.
Isthifa, Kemal dan Hasibuan, Rossy Angelia, Manajemen Kewirausahaan Melalui Strategi Berbasis Sekolah di Islamic Solidarity School, (Tesis, STKIP Bina Bangsa Getsempena, Islamic Solidarity School), Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, Vol. 5, No. 1, 2017.
Marno dan Supriyatno,Triyo. Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. 2010.
Marno dan Triyo Supriyatno. Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Bandung: PT Remaja Rodakarya. 2011.
Menuk, Citra. Dukungan Sosial Orangtua dan Kemandirian Pada Remaja Madya yang Berstatus Sebagai Siswa Di SMAN 7 Pekanbaru T.A. 2008- 2009. Skripsi. Fakultas Psikologi UIN Suska Riau. 2009.
Nugraha Dadan, dkk, Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Program Kewirausahaan di Sekolah Dasar, Jurnal Basicedu, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung: 6 (4), 2022.
Nurul Ainun, Education Entrepreneurship Management at SMA Negeri 1 Martapura, (Thesis, Graduate Degree, Study Program of Islamic Education Management), Perpustakaan UIN Antasari Banjarmasin, 2021.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Madrasah.
Purnomo, Eko: Wahyudi, Agus Budi dan Sawitri, Nilai Kemandirian dalam Wacana Ungkapan Hikmah di SD Sekarisedenan Surakarta. (Tesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta, dan Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo), Jurnal Pendidikan, Vol. 30, No. 1, 2021.
Putri Lusitasari, Sindy. Strategi Kepala Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Di Smp Negeri 1 Krian Sidoarjo. Online Journal of Ispirasi Manajemen Pendidikan. 2016:4(2), 32-40.
Sindy Putri Lusitasari, “Strategi Kepala Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Di Smp Negeri 1 Krian Sidoarjo.” Online Journal of Ispirasi Manajemen Pendidikan, Vol 4 No 2, 2016.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Kombinasi, Cetakan Ke-5, Bandung: Alfabeta, 2014.
Sugiyono, Metode Penelitian pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R & D, Bandung: Alfabata, 2009.
Tiroy Jonathan Panggabean, Wahyudi, Usman Radiana, “Manajemen Kepala Sekolah dalam Upaya Peningkatan Prestasi di Sekolah Dasar” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, Vol 5, No 4, 2016.