Pengelolaan Bidang Akademik dalam Pendidikan Menengah di Pesantren Musthafawiyah Purba Baru
Abstrak
Pengelolaan bidang akademik merupakan suatu kegiatan untuk mengatur dan mengelola aktivitas yang berhubungan dengan proses atau sistem pembelajaran untuk mendapatkan ilmu pengetahuan di bidang pendidikan yang dapat dilakukan secara tatap muka di sekolah atau di luar sekolah secara terencana. Pengelolaan akademik berkaitan dengan pengetahuan peserta didik terhadap pembelajaran, maka kemampuan akademik sangat menentukan kualitas dari suatu lembaga pendidikan. Pesantren musthafawiyah sudah melakukan pengelolaan yang baik di bidang akademik, hal ini dapat dilihat dari banyaknya prestasi yang sudah diraih, dan tidak jarang pesantren ini sering menjadi juara umum baik itu di tingkat kecamatan sampai pada tingkat provinsi. Pengelolaan yang baik dari pesantren ini juga dapat dilihat pada keberhasilan sekolah dalam mengirimkan santrinya duduk di bangku perkuliahan di dalam negeri hingga ke luar negeri. Pengelolaan yang dilakukan oleh pesantren ini adalah dengan melakukan bimbingan terhadap para santri yang di luar jam pembelajaran. Dalam keberhasilan ini tentunya sekolah juga mengalami beberapa kendala salah satunya adalah kurangnya disiplin santri dan kurangnya motivasi dalam belajar sehingga menuntut para pendidik untuk lebih memberikan semangat dan harus mendapat perhatian penuh dari orang tua.
Keywords: Pengelolaan, Bidang Akademik, Peserta Didik.
Referensi
Abdussomad, Z. (2021). Metodologi penelitian Kualitatif. CV Syakir Media.
Fauzi, A., Abdillah, F., Nisa, B., & Evi, T. (2022). Metodologi Penelitian. CV. Pena Persada.
Hayani. (2012). Efektifitas Pengelolaan Akademik Fakultas Ushuluddi Institut Agama Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Al-Fikrah, 1(2).
Mustofa, M. (2019). Kitab Kuning Sebagai Literatur Keislaman Dalam Konteks Perpustakaan Pesantren. Tibanndaru : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 2(2), 1. https://doi.org/10.30742/tb.v2i2.549
Pausi, M. (2018). Strategi Pembelajaran Kitab Kuning (Analisis Dimensi Humanistik dalam Pembelajaran Kitab Kuning di Pesantren Musthafawiyah Purba Baru, Mandailing Natal. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Romadhina, L. (2018). Peran Guru Pendamping Ekstrakurikuler dalam Meningkatkan Prestasi Non Akademik Siswa MTS Al-Hayatul Islamiyah Kedung Kandang Kota Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Suganda, D. H. (2017). Strategi Pengelolaan Akademik Dalam Meningkatkan Kinerja Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 5(1).
Yatminiwati, M. (2019). Manajemen strategi. Widya Gama Press.
Zakiyatunufus, R. A. (2019). Layanan Bimbingan akademik untuk Meningkatkan Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Bimbingan Penyuluhan, Konseling, Psikoterapi, 7(1).
Zulkarnain, L. (2021). analisis Mutu (Input-Proses-Output) pendidikan di Lembaga Pendidikan Islam MTS Assalam Kota Mataram Nusa Tenggara Barat. Jurnal Manajemen Dan Ilmu Pendidikan, 03(01), 17–31.