Study Literature: Peran Teknologi dalam Meningkatkan Administrasi Pendidikan
Abstrak
Artikel ini membahas mengenai peran teknologi dalam meningkatkan kualitas administrasi pendidikan melalui pendekatan studi literatur. Pemanfaatan teknologi dalam administrasi pendidikan membawa dampak positif yang signifikan. Pada era digital seperti sekarang ini, teknologi informasi telah menjadi alat yang krusial dalam mengelola data, mempercepat proses administratif, serta meningkatkan efektivitas dan efisiensi komunikasi di lingkungan pendidikan. Penelitian ini menyoroti berbagai manfaat teknologi seperti sistem informasi manajemen sekolah (SIMS), cloud computing, aplikasi absensi digital, dan bahkan teknologi blockchain dalam menjaga keamanan data siswa. Meskipun demikian, tantangan masih dihadapi, khususnya terkait keterbatasan infrastruktur, keterbatasan anggaran, kurangnya pelatihan dan literasi bagi staf, kurangnya keterampilan teknologi dan masalah keamanan dan privasi siswa. Dengan begitu, untuk mengatasi tantangan tersebut dibutuhkannya strategi yang komprehensif, termasuk peningkatan literasi digital, penyediaan fasilitas teknologi yang memadai, serta penguatan sistem keamanan informasi agar pemanfaatan teknologi dalam administrasi pendidikan dapat berjalan secara merata dan berkelanjutan.Dengan pendekatan kualitatif berbasis studi literatur, artikel ini menyimpulkan bahwa pemanfaatan teknologi dalam administrasi pendidikan sangat signifikan, namun memerlukan strategi dan dukungan yang tepat agar dapat diimplementasikan secara merata dan optimal.
Referensi
Alda, M. (2023). Pengembangan Aplikasi Pengolahan Data Siswa Berbasis Android Menggunakan Metode Prototyping. Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 13(1), 11–23. https://doi.org/10.34010/Jamika.V13I1.8216
Ananda, D., Thohir, M., & Rusmawati, R. (2022). Efektivitas Pelayanan Administrasi Pendidikan di MAN 1 Hulu Sungai Utara. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 4(1), 114–123. https://doi.org/10.15642/japi.2022.4.1.114-123
Assikdiky Arbain, M., Rizqa, M., Irma, A., & Amalia Putri, N. (2024). Tantangan dan Peluang Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Efisiensi Administrasi Pendidikan. PANDU : Jurnal Pendidikan Anak dan Pendidikan Umum, 2(2), 23–28. https://doi.org/10.59966/Pandu.V2I2.933
Caswanda, Sutisna, E., & Saputra, K. E. A. (2024). Peran Manajemen Pendidikan pada Implementasi Teknologi dalam Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi,2(1),57–67. https://journal.pipuswina.com/index.php/jippsi/article/view/118
Dwi Iryanta Prihartana. (2022). Peran Teknologi dalam Pendidikan Islam. Pendidikan Islam, 6(1), 38–53.
Estikhamah, F., & Rumintang, A. (2020). Studi Literatur Tentang Pengaruh Demand Bus Antar Kota Terhadap Kualitas Udara di Area Terminal. Jurnal Teknik Sipil, 1(1), 36–41. https://doi.org/10.31284/j.jts.2020.v1i1.904
Fatimah Azzahra, A., Rahmi, N., Sabri, A., Hidayatullah, R., Studi Tadris Matematika, P., Tarbiyah dan Keguruan, F., & Padang, U. I. (2024). Integrasi Administrasi Pendidikan Berbasis Teknologi dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Indonesia Era Society 5.0. Jurnal Tahsinia, 5(6), 863–878. https://doi.org/10.57171/JT.V5I6.587
Fentyrina, A., & Mardi. (2025). Transformasi Digital dalam Manajemen Pendidikan: Tantangan dan Peluang di Era Pendidikan 5.0. Journal Scientific of Mandalika (JSM) e-ISSN 2745-5955 | p-ISSN 2809-0543, 6(3), 494–501. https://doi.org/10.36312/10.36312/VOL6ISS3PP494-501
Gultomo, J. R., Sundara, D., & Fatwara, M. D. (2022). Pembelajaran Hybrid Learning Model sebagai Strategi Optimalisasi Sistem Pembelajaran di Era Pandemi Covid-19 pada Perguruan Tinggi di Jakarta. Mediastima, 28(1), 11–22. https://doi.org/10.55122/Mediastima.V28I1.385
Hana, M. M. R., & Tanaem, P. F. (2024). Analisis Penggunaan Teknologi Blockchain dalam Pengelolaan Data Siswa di Sekolah Dasar. Jutisi : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 13(2), 1616–1621. https://doi.org/10.35889/Jutisi.V13I2.2050
Harini, H., Prananosa, A. G., Terminanto, A. A., Herlina, & Sulistianingsih. (2023). Inovasi Teknologi dalam Meningkatkan Efisiensi Manajemen Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat di Era Digital. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 12891–12897. https://doi.org/10.31004/Cdj.V4I6.23297
Irawan, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Cloud Computing “Nextcloud” pada Efektivitas dan Efisiensi Administrasi Sekolah di SMA Negeri 3 Ciamis. Jurnal Darma Agung, 31(4), 716–726. https://doi.org/10.46930/OJSUDA.V31I4.3234
Irmayani, D., & Munandar, M. H. (2020). Sistem Informasi Pengelolaan Data Siswa pada SMA Negeri 02 Bilah Hulu Berbasis Web. Informatika, 8(2), 65–71. https://doi.org/10.36987/Informatika.V8I2.1427
Khumaidi, A., Hamdani, U. L., & Apriliantoni. (2024). Manajemen Pendidikan di Era Digital: Tantangan, Peluang dan Efisiensi. Attractive : Innovative Education Journal, 6(3), 242–248. https://doi.org/10.51278/AJ.V6I3.1587
Marpaung, S. N., Siahaan, P. A., Sitorus, W. W., & Turnip, H. (2023). Administrasi Pendidikan. Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 2(1), 100–104. https://publisherqu.com/index.php/pediaqu/article/view/53
Pradana, M. R. A. (2024). Peran Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Efektivitas Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7(3), 6855–6860. https://doi.org/10.31004/JRPP.V7I3.29286
Qurtubi, A., Ramli, A., Mahmudah, F. N., & Nasril. (2024). Manajemen Pendidikan Islam Berbasis Digitalpreneurship Sebagai Solusi dalam Menghadapi Tantangan Era Teknologi Digital. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), 285–293. https://doi.org/10.31004/Innovative.V4I2.9386
Rangkuty, H., & Hasibuan, Z. E. (2024). Administrasi Pendidikan Islam. Analysis, 2(2), 538–544. https://ejournal.edutechjaya.com/index.php/analysis/article/view/1155
Rizki Hidayat, M., Jaelani, I., Komara, M. A., Informatika, T., Tinggi, S., Wastukancana, T., Cikopak, J., 53, N., Mulyamekar, D., & Babakancikao, K. (2021). Web-Based Scholarship Management Information System Using Rapid Application Development (RAD) Model. RISTEC : Research in Information Systems and Technology, 2(2), 76–85. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/ristec/article/view/95
Rochaeni, R., Khoerulbariyyah, F. B., Wulandari, B., & Suyatman, U. (2024). Peran Komunikasi dalam Administrasi Pendidikan untuk Meningkatkan Efektivitas Pengelolaan Institusi Pendidikan. BISMA : Business and Management Journal, 2(4), 338–345. https://doi.org/10.59966/Bisma.V2I4.1440
Safwandy Nugraha, M., & Rochimat, H. (2025). Efektivitas Penerapan Sistem Informasi Manajemen Pendidikan Berbasis Cloud dalam Meningkatkan Efisiensi Administrasi Sekolah Menengah. Jurnal Global Ilmiah, 2(4). https://doi.org/10.55324/JGI.V2I4.175
Sakti, A. (2023). Meningkatkan Pembelajaran Melalui Teknologi Digital. Jurnal Penelitian Rumpun Ilmu Teknik, 2(2), 212–219. https://doi.org/10.55606/Juprit.V2I2.2025
Sari, R. Y., Subandi, A., & Irsyad, I. (2024). Pengaruh Penggunaan Sistem Informasi Manajemen Berbasis Digital terhadap Efisiensi Administrasi Pendidikan. Academy of Social Science and Global Citizenship Journal, 4(1), 21–29. https://doi.org/10.47200/Aossagcj.V4I1.2389
Setyo, T. (2023). Mewujudkan Kesetaraan dan Aksesibilitas dalam Sistem Pendidikan Kontemporer (Studi Inklusivitas Manajemen Pendidikan Islam di Madrasah Aliyah Al-Muhammad Cepu Jawa Tengan). Prosiding Seminar Internasional Peluang dan Tantangan Perguruan Tinggi di Era Industri 4.0 dan Society 5.0, 1(1), 394–408. https://publikasiilmiah.unwahas.ac.id/icon/article/view/10611
Suyadnya, I. D. P. (2024). Implementasi Digitalisasi Administrasi Pendidikan di SMP Negeri 3 Bangli. Metta : Jurnal Ilmu Multidisiplin, 4(1), 38–54. https://doi.org/10.37329/Metta.V4I1.2915
Zakiah, N. I. S. (2024). Peran Teknologi Informasi dalam Administrasi Pendidikan Agama Islam. Dirasa Islamiyya: Journal of Islamic Studies, 3(1), 79–88. https://doi.org/10.61630/Dijis.V3I1.54