Pengelolaan Tenaga Pendidik dan Kependidikan dalam Meningkatkan Mutu Peserta Didik

  • Riski Humairoh Nasution STAIN Madina
  • Nurul Paizah STAIN Mandailing Natal
  • Rini Safitri STAIN Mandailing Natal
  • Riski Humairoh Nasution
Kata Kunci: Tenaga Pendidik dan Kependidikan, Mutu Peserta Didik, Pengelolaan.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengelolaan tenaga pendidik dan kependidikan dalam meningkatkan mutu peserta didik. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi di beberapa sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan tenaga pendidik dan kependidikan berpengaruh langsung terhadap peningkatan kualitas akademik dan karakter peserta didik. Namun, tantangan seperti kurangnya pelatihan, penempatan yang tidak sesuai kompetensi, serta lemahnya sistem evaluasi masih menjadi kendala. Studi ini merekomendasikan perlunya perencanaan strategis dan pengembangan profesional yang berkelanjutan agar pengelolaan SDM pendidikan dapat mendukung proses pembelajaran yang efektif dan bermutu.
Kata Kunci: Tenaga Pendidik dan Kependidikan, Mutu Peserta Didik, Pengelolaan.

Referensi

Aini, N. (2020). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Kependidikan dan Keislaman.
Arifin, M. (2020). Peran Manajemen SDM Sekolah terhadap Kinerja dan Prestasi Siswa. Jurnal Kependidikan dan Kebudayaan.
Fadlillah, N., & Victorynie, I. (2025). Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Tenaga Pendidik di MTS. Annida Al Islamy Bekasi Timur. Almarhalah: Jurnal Pendidikan Islam.
Fitri, A., & Kurniawan, D. (2020). Peran Disiplin dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan . Jurnal Ilmiah Pendidikan.
Fitriani. (2017). Mutu Peserta Didik dalam Perspektif Kurikulum dan Peran Guru. Jurnal Pendidikan.
Gunawan, H. (2019). Manajemen Pendidikan: Konsep dan Strategi. Jakarta: Rajawali Pers.
Gunawan, H. (2021). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
Haris, A. (2021). Pengembangan Profesionalisme Guru. Jakarta: Kencana.
Hariyadi, R. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia di Lembaga Pendidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan.
Harun, M. (2017). Konsep Mutu dalam Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan.
Hidayat, R. (2016). Manajemen Mutu Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Indra, R., & Wahyuni, T. (2018). Pendidikan Abad 21 dan Mutu Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Nasional.
Mahmud, I. (2019). Manajemen SDM Pendidikan. Surabaya: Lintas Media.
Mulyasa. (2017). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2021). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mustofa, M., Asy'ari, H., & Ratnaningsih, S. (2024). Manajemen Strategi Sumber Daya Manusia Guru di Sekolah Dasar: Mengungkap Praktik Efektif Retensi untuk Pengembangan Guru. An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam.
Nawawi, H. (2019). Strategi Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Pendidikan Dasar. Jurnal Manajemen Pendidikan.
Pratiwi, D. (2023). Strategi Peningkatan Mutu Peserta Didik melalui Pengelolaan SDM. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.
Rachmawati, D. (2021). Hubungan Kedisiplinan dengan Prestasi Belajar. Jurnal Sosial dan Pendidikan.
Rahman, T. (2020). Inovasi Pendidikan Abad 21. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ramdhani, S. (2016). Prestasi Akademik dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jurnal Evaluasi Pendidikan.
Rohayati, S. (2020). Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Kinerja Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam.
Rosyidah, N., & Andika, R. (2020). Pendidikan Karakter dan Tantangannya. Jurnal Pendidikan Islam.
Subandi, A. R., Putri, A. I., Sanusi, H. A., & Kusumaningrum, H. (2025). Strategi Pengembangan Kompetensi Guru dan Staf dalam Manajemen SDM Pendidikan. Edukasi Elita: Jurnal Inovasi Pendidikan.
Suharto, H. (2018). Pendidikan Disiplin di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter.
Sumarsono, S. (2018). Kebijakan Publik dan Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Pendidikan. Malang: Universitas Negeri Malang Press.
Suparlan. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Susanto, A. (2020). Manajemen Pendidikan dan Mutu Sekolah. Yogyakarta: Deepublish.
Suyanto, Susanto, H., & Nurhadi. (2020). Kompetensi Guru sebagai Agen Transformasi dalam Pendidikan Abad21. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.
Zubaidah, A. (2016). Pendidikan Karakter dalam Kurikulum Nasional. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran.
Diterbitkan
2025-06-15