Tata Kelola Pendidikan Studi Kasus Tantangan Tata Kelola Pendidikan Islam di Daerah 3T: Analisis di Desa Parlampungan, Mandailing Natal

  • Hasmiah Pulungan STAIN Madina
  • Riski Humairoh STAIN Mandailing Natal
  • Nurul Paizah STAIN Mandailing Natal
  • Rini Safitri STAIN Mandailing Natal
Kata Kunci: Pendidikan Islam, Kearifan Lokal, Kurikulum Nasional

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tantangan tata kelola pendidikan Islam di daerah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal) di desa Parlampungan, Mandailing Natal, dengan menyoroti aspek infrastruktur, sumber daya manusia, kebijakan, serta benturan antara nilai-nilai lokal dan pendekatan pendidikan nasional. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan analisis literatur dan studi kasus pada beberapa lembaga pendidikan Islam di wilayah 3T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lembaga pendidikan Islam di daerah 3T menghadapi keterbatasan yang sistemik, mulai dari sarana prasarana yang minim, kekurangan guru berkualifikasi, lemahnya kapasitas manajerial, hingga kurangnya dukungan kebijakan yang kontekstual. Selain itu, ditemukan adanya ketegangan antara nilai-nilai lokal dengan kurikulum nasional yang bersifat seragam, yang berpotensi mereduksi identitas budaya peserta didik. Penelitian ini menyarankan perlunya reformasi tata kelola yang adaptif dan berbasis komunitas, termasuk pengembangan kurikulum yang kontekstual dan pelatihan bagi tenaga pendidik. Temuan ini menegaskan pentingnya pendidikan Islam yang tidak hanya akuntabel secara administratif, tetapi juga relevan secara sosial dan kultural.

Referensi

Asiska, I., & Nurmahmudah, F. (2022). Pengelolaan Tenaga Pendidikan di Daerah 3T SMP Negeri 1 Maratua. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 7124–7131.
Dalimunthe, S. M. (2025). Solusi Krisis Pendidikan Di Daerah 3T : Pendekatan dan Inovasi Untuk Kemajuan. 08(April), 1–20.
Dina, Z. A. R. (2024). Guru dan Fenomena Distribusi Guru dalam Pemerataan Pendidikan di Indonesia. Suara Muda. https://suaramuda.net/2024/12/guru-dan-fenomena-distribusi-guru-dalam-pemerataan-pendidikan-di-indonesia/?
Evan, M. (2023). Kekurangan Guru di Wilayah 3T, Puji Sutyowati Dorong Pelatihan Guru. Jurnal Kaltim. https://jurnalkaltim.com/kalimantan-timur/kekurangan-guru-di-wilayah-3t/?
Fardila, A., Khalifah, H., Restarie, M. D., Rosyidi, U., & Takdir, M. (2025). Strategi Pengelolaan Sumber Daya Keuangan untuk Meningkatkan Akses dan Kualitas Pendidikan di Daerah 3T : Systematic Literature Review. 07(02), 9040–9048.
Haris, M. (2019). Manajemen Lembaga Pendidikan Islam dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan, I(1), 58–78. https://www.academia.edu/44682444/Manajemen_Lembaga_Pendidikan_Islam_Dalam_Menghadapi_Revolusi_Industri_4_0?
Ibrahim, M. N., & Islamiah, R. (2024). Problematika Pendidikan Agama Islam di Daerah 3T ( Terluar , Tertinggal , dan Terdepan ). 6(2), 1142–1151.
Kusumaningsih, D. I., Muslim, F., & Kusumaningrum, D. D. (2023). Mengatasi Ketimpangan Pendidikan di Daerah Tertinggal. Tempo. https://www.tempo.co/politik/ketimpangan-pendidikan-di-daerah-3t-819928?
Lembaran Negara Republik Indonesia, Pub. L. No. 63, 6 (2022). https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/227389/peraturan-ojk-no-14pojk042022-tahun-2022
Muslim, F., Kusumaningsih, D. I., & Kusumaningrum, D. D. (2023). Ternyata, Pembelajaran Daring di Daerah Terpencil Semasa Pandemi Tidak Efektif: Ini Akar Permasalahannya. The Conversation. https://theconversation.com/ternyata-pembelajaran-daring-di-daerah-terpencil-semasa-pandemi-tidak-efektif-ini-akar-masalahnya-213264?
Ni Luh Purnamasuari Prapnuwanti, Komang Dewi Susanti, I Wayan Wira Darma, Ketut Bali Sastrawan, & Putu Wulandari Tristananda. (2024). Kurikulum Merdeka Belajar Terintegrasi Budaya Lokal. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 8(1), 33–40. https://doi.org/10.23887/jppp.v8i1.68661
Nisa, A. F., & Rivo Nugroho. (2017). Implementasi Kurikulum Berbasis Kearifan Lokal di SD Negeri Jarakan Panggungharjo Sewon Bantul. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 5(1). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/21149?
R, I. N. (2024). Kearifan Lokal: Kunci Sukses Pendidikan Indonesia. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/123241018/66c73ddc34777c76a1072c12/kearifan-lokal-kunci-sukses-pendidikan-indonesia?
Rahadian, R. B. (2023). Analysis of Teacher’s Management Policy: A Case Study of South Bangka, Indonesia. Papernia - Multidisciplinary Scientific Journal for Innovative Research, 1(1), 26–30. https://doi.org/10.59178/papernia.202301015
Sutarno. (2021). Eksploring Kearifan Lokal dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Madrasah Diniyah Takmiliyah. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(2), 412–423. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(2).8132
Wulandari, Y. (2024). Kolaborasi Teknologi dan Kearifan Lokal: Transformasi Pendidikan di Madrasah. Pendis Kemenag. https://pendis.kemenag.go.id/direktorat-guru-dan-tenaga-kependidikan/kolaborasi-teknologi-dan-kearifan-lokal-transformasi-pendidikan-di-madrasah?
Diterbitkan
2025-06-15