Inovasi dan Pembaharuan Manajemen Pendidikan Islam

Abidatil Qinni, Sri Minarti

Penulis

  • Abidatil Qinni UNIGIRI BOJONEGORO
  • Sri Minarti UNIGIRI Bojonegoro

Kata Kunci:

Inovasi, Pembaharuan, Manajemen Pendidikan Islam

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep inovasi dan pembaharuan dalam manajemen pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (Library Research) dengan pendekatan kualitatif dan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian ini berupa catatan, penelitian terdahulum jurnal, artikel dan lain sebaginya. Sedangkan analisis data dilakukan menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data, display data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa inovasi dan pembaharuan manajemen pendidikan Islam mempunyai kesamaan makna untuk meningkatkan efisiensi, kualitas, dan relevansi pendidikan sambil mempertahankan nilai-nilai dasar ajaran Islam, dan peran inovasi pembaharuan manajemen pendidikan Islam meliputi beberapa hal diantaranya mutu pendidikan, menyesuaikan dengan perkembangan zaman, memperkuat implementasi nilai-nilai Islam dan lain sebagainya.

Biografi Penulis

Sri Minarti, UNIGIRI Bojonegoro

Magister Pendidikan Agama Islam

Referensi

Fahrurrozi, Z. 2019. “URGENSI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DALAM PENDIDIKAN ISLAM PENDAHULUAN Bahasa Memiliki Kedudukan Dan Peranan Yang Amat Sangat Penting Terhadap Keberlangsungan Peradaban Manusia . Fakta Nya Hinggi Kini Bahasalah Yang Menjadi Perantara Seseorang Dalam Mengungk.” 14(2):151–70.
Hikmat. 2019. Manajemen Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Iskandar, Dkk. 2017. “Manajemen Sarana Dan Prasarana Sekolah.” Manajer Pendidikan 11(6):514.
Kurniawan, Saeful. 2017. “Pengembangan Manajemen Mutu Pendidikan Islam Di Madrasah.” Al-Tanzim?: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1(2):25–36. doi: 10.33650/al-tanzim.v1i2.111.
Kusumawati, Indah Tri, Joko Soebagyo, and Ishaq Nuriadin. 2022. “Studi Kepustakaan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Penerapan Model PBL Pada Pendekatan Teori Konstruktivisme.” JURNAL MathEdu 5(1):13–18.
Mar, Nur Azaliah, and Danial Hilmi. 2021. “Manajemen Program Pembelajaran Bahasa Arab Pada Anak Prasekolah Yayasan PAUD Sultan Qaimuddin Di Kendari.” Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan 9(1):1–10. doi: 10.21831/jamp.v9i1.36943.
Muhammad Kristiawan, Dkk. 2018. Inovasi Pendidikan. Ponorogo: Wade Group.
Nata, Abuddin. 2012. Manajemen Pendidikan:Mengatasi Kelemahan Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Nata, Abudin. 2009. Metodologi Studi Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Qomar, Mujamil. 2005. Epistimologi Pendidikan Islam. Jakarta: Erlangga.
Rouf, Abdur. 2019. “TRANSFORMASI DAN INOVASI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM Oleh.” Kependidiakn 3(2):1–14.
Sani, Ridwan Abdullah. 2022. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Askara.
Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Widodo, Wahyudi. 2025. “INOVASI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DAN KARAKTER SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-MUSTOFA JEMBER.” YASIN 5(1):174–201.
Zainuddin Iba, Aditya Wardhan. 2023. Metode Penelitian Metode Penelitian.

Unduhan

Diterbitkan

2025-12-12