Pengelolaan, Peserta Didik Pengelolaan Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru di SMP Negeri 1 Panyabungan: Studi Kasus dan Solusi,
Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru di SMP Negeri 1 Panyabungan, Peran Stakeholder dalam Proses PPDB di SMP Negeri 1 Panyabungan, Peran Stakeholder dalam Proses PPDB di SMP Negeri 1 Panyabungan
Kata Kunci:
Pengelolaan, Penerimaan Peserta Didik Baru, Sistem ZonasiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengelolaan sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMP Negeri 1 Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses PPDB di sekolah ini menghadapi sejumlah tantangan, di antaranya keterbatasan infrastruktur teknologi, kurangnya pelatihan panitia, serta penerapan sistem zonasi yang belum sesuai dengan kondisi geografis lokal. Selain itu, keterlibatan masyarakat dan media dalam memantau proses PPDB menjadi faktor penting dalam meningkatkan transparansi dan akuntabilitas. Penelitian ini juga menemukan bahwa masih terdapat ketimpangan kualitas pendidikan antar sekolah yang memengaruhi persepsi publik terhadap keadilan sistem zonasi. Sebagai solusi, disarankan peningkatan sosialisasi kebijakan, digitalisasi sistem PPDB, evaluasi ulang zonasi, dan penguatan pengawasan. Temuan ini memberikan kontribusi bagi pengembangan tata kelola pendidikan yang lebih adaptif dan berbasis konteks lokal.
Referensi
Aryanda, D. F. (2024). Partisipasi Masyarakat Sipil dalam Mengawal Kebijakan Pendidikan Kota Malang. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, 5(2), 65. https://doi.org/10.36722/jaiss.v5i2.1932
Gliselda Aurelia, D., & Ema Jumiati, I. (2023). Strategi Komunikasi Publik dalam Menanggapi Gelombang Misinformasi dan Disinformasi PPDB Online di Provinsi Banten. Sawala?: Jurnal Administrasi Negara, 11(1), 117–127. https://doi.org/10.30656/sawala.v11i1.5975
Haekal, T. M., Marzaniar, P., Azmi, K., Idris, M. I., & Luddin, F. (2024). Strategi Kepala Sekolah dalam Pengelolaan Penerimaan Peserta Didik. EduCompassion: Jurnal Integrasi Pendidikan Islam Dan Global, 01(02), 64–70.
Hendrawansyah, H., & Zamroni, Z. (2020). Evaluasi Kebijakan Sistem Zonasi Dalam Penerimaan Siswa Baru Sekolah Menengah Atas. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 4(1), 70–82. https://doi.org/10.21831/jk.v4i1.27007
Mahmud, Z., Noor, M., & Sutanto, A. (2023). Implementasi Manajemen Kepala Sekolah dalam Peningkatan Penerimaan Peserta Didik Baru di Smp Muhammadiyah 4 Metro. POACE: Jurnal Program Studi Adminitrasi Pendidikan, 3(2), 117–129. https://doi.org/10.24127/poace.v3i2.2258
Mustaqimah, E., & Perawironegoro, D. (2024). Peran Kepala Sekolah Berbasis Mutu Pendidikan dalam Meningkatkan Jumlah Peserta Didik Baru. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaan, 4(3), 317–329. https://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/irsyaduna/article/view/1503/860
Parameswara, M. C., Iskandar, M. F., & Amelia, R. F. (2022). Pengaruh Kebijakan Sistem Zonasi bagi Sekolah dalam Penerimaan Peserta Didik Baru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9570–9578.
Parlina, D. (2020). Peran Manajemen Hubungan Masyarakat dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SD N 1 Pasar Banggi Rembang (Issue 1603036063) [Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang]. https://www.academia.edu/84665588/Peran_manajemen_hubungan_masyarakat_dalam_meningkatkan_pendidikan_SDN_1_pasar_Banggi_Rembang
Prasetio, H. (2025). Peran Komite Sekolah/Madrasah. Gurusiana. https://www.gurusiana.id/read/hariprasetio/article/peran-komite-sekolah-madrasah-3705741
Ratiningsih, R., Mulyanto, M., & Fatmasari, R. (2022). Pengaruh Peran Komite Sekolah dan Paguyuban Orang Tua Siswa terhadap Prestasi Sekolah Dasar di Kecamatan Karangsambung. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 6(2), 325. https://doi.org/10.20961/jdc.v6i2.62244
Setiawan, H. R., & Rahaju, T. (2021). Evaluasi Sistem Zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru (Ppdb) Tingkat Smp Di Kota Surabaya. Publika, 491–502. https://doi.org/10.26740/publika.v9n4.p491-502
Suhendar, N., & Suartini, S. (2021). Keadilan Pada Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru. Jurnal Magister Ilmu Hukum, 6(2), 60. https://doi.org/10.36722/jmih.v6i2.838
Sujari. (2022). Manajemen Kepala Sekolah dalam Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 1(1), 1–26. https://doi.org/10.56436/mijose.v1i1.82
Sultoniya, M. F., Rukajat, A., & Ramadhani, K. (2022). Manajemen Kepala Sekolah dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMPIT Istiqomah Global School Karawang Tahun Pelajaran 2022/2023. As-Sabiqun, 4(3), 527–547. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v4i3.1929
Vinalistyosari, R. C., Santoso, A., & Dewi, R. S. I. (2024). Dampak Sistem Zonasi pada Penerimaan Siswa Baru Sekolah Menengah Pertama terhadap Minat Belajar Siswa Kelas 6. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(1), 5546–5553. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/11476?
Widyaningtyas, A., Nugraha, N., & Diana, S. (2021). Persepsi Masyarakat terhadap Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru. Antropocene?: Jurnal Penelitian Ilmu Humaniora, 1(1), 29–37. https://journal.actual-insight.com/index.php/antropocene/article/view/20/4
Wijayanto, P. W., & Qana’a, M. (2023). Optimalisasi Pemanfaatan Media Sosial sebagai Alat Promosi Sekolah dalam Penerimaan Peserta Didik Baru. Jurnal Abdimas Mahakam, 7(02), 179–193. https://doi.org/10.24903/jam.v7i02.2291


