a Peran Supervisi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran
Pengertian Supervisi Pendidikan, Ruang Lingkup Supervisi Pendidikan, Tujuan dan Manfaat Supervisi Pendidikan, Prinsip-prinsip Supervisi Pendidikan, Peran Supervisi Pendidikan, Peran Supervisi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran
Kata Kunci:
Supervisi Pendidikan, Pengembangan Profesional Guru, Kualitas Pembelajaran, Supervisi Berkelanjutan.Abstrak
Makalah ini bertujuan mengkaji peran supervisi pendidikan dalam meningkatkan mutu proses pembelajaran. Supervisi pendidikan berfungsi sebagai mekanisme pembinaan dan dukungan profesional kepada guru agar mampu mengembangkan kompetensi dan praktik pengajaran yang lebih baik. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan menganalisis berbagai sumber relevan mengenai konsep, ruang lingkup, prinsip, dan fungsi supervisi pendidikan. Hasil kajian menunjukkan bahwa supervisi yang terstruktur dan berkesinambungan oleh kepala sekolah atau pengawas dapat mengidentifikasi kelemahan dalam proses pembelajaran, memberikan umpan balik konstruktif, serta membantu guru mengatasi kendala pembelajaran. Supervisi yang efektif mendorong pengembangan profesional guru dan memastikan standar pendidikan terpenuhi sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar. Kesimpulannya, supervisi pendidikan sangat penting untuk menjaga dan meningkatkan kualitas pendidikan melalui upaya kolaboratif dan sistematis.
Referensi
Ade Tutty Rokhayati Rosa, dkk, Supervisi Pendidikan (Jawa Tengah: PT. Nasya Expanding Managemen, 2024), hlm. 20-21.
Ali Mustopa Yakub & Supratman Zakir, “Pengaruh Supervisi Akademik Berbasis AVOS dan Tindak Lanjut Paca Supervisi terhadap Kualitas Pembelajaran”, Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan, Vol. 16, No. 2, (2024), hlm. 404.
Alvin Fahmi Addini, dkk, “Konsep Dasar Supervisi Pendidikan,” Jurnal Wahana Pendidikan Vol. 9, No. 2 (2022), hlm. 179-186.
Amien, N. B., Masruroh, E., Muhammad, M., & Nurhadi, A. (2024). Pelaksanaan Supervisi di Lembaga Pendidikan. Jogjakarta: KBM Indonesia.
Anjani Widyastuti dan Hade Afriansyah, “Administrasi dan Supervisi Pendidikan,” Artikel, (2019), hlm. 3.
Arif Shaifudin, “Supervisi Pendidikan,” Wl-Wahdah: Jurnal Pendidikan Vol. 1, No. 2 (2020), hlm. 26-42.
Dedi Firmansyah, dkk, “Peran Supervisi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Era Digital,” Jurnal Media Akademik (JMA) Vol. 2, No. 6 (2024), hlm. 1-12.
Enis Sumiati, Yayat Ruhiat & Suherman, “Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Kompetensi Profesional Terhadap Mutu Pembelajaran Guru SD”. Jurnal Education and Development, September 2022, 10(3).
Herman, dkk, Pengantar Supervisi Pendidikan (Sumatera Barat: CV. Gita Lentera, 2023), hlm. 2-3.
La Ode Muhammad Shalihin, dkk, Supervisi Pendidikan (Jawa Tengah: PT. Pena Persada Kerta Utama, 2023), hlm. 17-18.
Made Wirsana, “Supervisi Akademik Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru di SMK Negeri 1 Sarji Kabupaten Pasangkayu Dalam Melaksanakan Proses Pembelajaran Pada Semester 1 Tahun Pelajaran 22019/2020”, Indonesian Journal of Educational Development, November 2020, 3(3).
Maesaroh dan Martiyono, “Supervisi Pendidikan untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Era Merdeka Belajar,” Jurnal Ar-Rihlah Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam Vol. 8, No. 3 (2023), hlm. 128-136.
Nur Asiah & Novebra, “Peran Supervisi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pengajaran dan Pembelajaran di SD 089 Panyabungan, Jurnal Pendidikan dan Kewarganegara Indonesia, Desember 11, 2024, 1(4), Hlm. 82.
Peni Aprilia, dkk, “Konsep dan Ruang Lingkup Supervisi Pendidikan,” Jurnal Media Akademik (JMA) Vol. 2, No. 6 (2024), hlm. 2-11.
Prio Hadi Prasongko, “Pelaksanaan Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru”, Jurnal Ilmiah Kreatif, Januari 2021, 19(1).
Rina Murtyaningsih & Yeri Utami, “Supervisi Pendidikan: Langkah Strategis dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran”, Jurnal Alwatzikhoebillah, 2024, 10(2).
Syifa Aulia Assabila, dkk, “Konsep Dasar Supervisi dalam Pendidikan,” Harmoni Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 2, No. 1 (2025), hlm. 260-266. DOI. https://doi.org/10.62383/hardik.v2il.1069.
Tursina, N. (2017). Administrasi & Supervisi Pendidikan. Pontianak


