Kebijakan Kurikulum di Masa Pandemi

  • Emiliya Fatmawati UIN Prof.K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

Abstrak

Pandemi di Indonesia masih berlangsung hingga sekarang, sudah hampir 2 tahun masyarakat Indonesia hidup berdampingan dengan virus covid-19. Melihat 2 tahun kebelakang banyak sekali sektor negara yang berubah, salah satunya yakni pendidikan. Tujuan pendidikan tentu sangat mulia yakni memanusiakan manusia. Yang berarti membantu peserta didik untuk kembali kepada fitrahnya serta membimbing peserta didik agar dapat menjalani kehidupan di masa depan. Tujuan tersebut telah dirancang dengan terstruktur dalam kurikulum. Pandemi turut berpengaruh terhadap kurikulum pada setiap jenjang pendidikan. Kebijakan kurikulum berubah menjadi desentralisasi sekolah. Yang berarti pihak sekolah diberikan kewenangan untuk membuat peraturan secara mandiri. Saat pandemi, kurikulum membebaskan setiap sekolah untuk melakukan proses pembelajaran baik itu tatap muka ataupun pembelajaran jarak jauh (pjj). Alasan ini didasari oleh luasnya wilayah Indonesia sehingga tidak semua daerah memiliki sinyal yang mendukung dalam proses pembelajaran. Adanya kebijakan kurikulum dimasa pandemi turut mendorong sekolah untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Perubahan ini juga dipicu oleh tantangan pendidikan yang berbeda antara satu sekolah dengan yang lainnya. Karena itulah penulis membahas mengenai kebijakan kurikulum di masa pandemi. Tujuannya yakni memahami kurikulum secara menyeluruh baik itu konsep kurikulum, ruang lingkup, problematika kurikum di masa pandemi serta kebijakan kurikulum dan implemntasinya. Sedangkan metode yang digunakan adalah studi kepustakaan dengan pendekatan kualitatif

Referensi

Khoruddin, M. A. (2013). Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. 24(1), 56–77.

Komariah, N. (2021). Pengantar Manajemen Kurikulum (Edisi I, digital ed.). Yogyakarta: CV. Bintang Surya Madani.

Nasbi, I. (2017). Manajemen Kurikulum: Sebuah Kajian Teoritis. Jurnal Idaarah, I(2), 318–330.

Nasir, M., & Rijal, M. K. (2021). Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam: Pengantar Teori dan Praktis (Cetakan Ke). Cv. Bo’ Kampong Publishing (BKP).

Syafaruddin, & Amiruddin. (2017). Manajemen Kurikulum (I). Perdana Publisher.

Tri Wiyanto, T. (2015). Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran. (Y. Sari, Penyunt.) Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Diterbitkan
2022-03-17