Eksplorasi Deret Kuadrat dan Barisan Aritmatika pada Batik Madura Motif Bha’jit
Keywords:
etnomatematika, barisan aritmatika, deret kuadrat, batik madura, motif bhajitAbstract
Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi keterkaitan konsep matematika barisan dan deret dengan pola geometris pada batik Madura motif Bha’jit. Motif ini memiliki bentuk dasar belah ketupat yang disusun secara berulang membentuk pola teratur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi. Data dikumpulkan melalui observasi langsung, pengukuran geometris, dokumentasi, dan wawancara dengan pengrajin batik di Kampung Batik Klampar, Kabupaten Pamekasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa susunan motif bertingkat n x n menghasilkan pola deret kuadrat, di mana total bhajit pada tingkat dapat dinyatakan dengan rumus Sn=(n(n+1)(2n+1))/6. Selain itu, jarak antar pusat motif bhajit secara horizontal dan vertikal membentuk barisan aritmatika dengan beda tetap. Analisis terhadap nilai budaya menunjukkan makna filosofis motif Bha’jit yang melambangkan keharmonisan dan kerekatan hubungan pasangan pengantin dalam budaya Madura. Temuan penelitian ini dapat dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran berbasis budaya untuk mengajarkan konsep barisan dan deret serta geometri melalui pendekatan etnomatematika.
References
Akbar, L. A., Alghar, M. Z., Marhayati, & Susanti, E. (2023). The Arithmetic Sequences in Making Traditional Cast Nets in Lombok. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 13–29. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v6i1.2541
Alghar, M. Z. (2024). Ethnomathematics: Exploration of Mathematical Concepts in the Gate of Jamik Mosque Sumenep. Journal of Mathematics Learning Innovation (JMLI), 3(1), 1–14. https://doi.org/10.35905/jmlipare.v3i1.8871
Alghar, M. Z., & Radjak, D. S. (2024). Etnomatematika: Eksplorasi konsep matematika pada jam gadang Bukittinggi sebagai sumber belajar matematika. Jurnal Studi Edukasi Integratif, 1(1), 1–13.
Alghar, M. Z., Susanti, E., & Marhayati. (2022). Ethnomathematics: Arithmetic Sequence Patterns Of Minangkabau Carving On Singok Gonjong. Jurnal Pendidikan Matematika (Jupitek), 5(2), 145–152. https://doi.org/10.30598/jupitekvol5iss2pp145-152
Bawono, Y., Edi, F. R. S., & Abd Salam, M. I. (2023). Di Balik Keindahan Batik Gentongan Madura. Dinamika Kerajinan Dan Batik: Majalah Ilmiah, 40(2), 203–212. https://doi.org/10.22322/dkb.v40i2.7086.g6092
Cortes, D. P. de O., Orey, D. C., & Rosa, M. (2023). Aspectos teóricos, empíricos e metodológicos de pesquisas em etnomodelagem: contribuições dos investigadores do GPEUfop. Journal of Mathematics and Culture, 17(1), 1–24.
D’Ambrosio, U. (1985). Ethnomathematics and its place in the history and pedagogy of mathematics. For the Learning of Mathematics, 5(1), 44–48.
Desai, S., & Safi, F. (2023). Model It! Building and Sustaining Cultural Traditions with Ethnomodeling. Mathematics Teacher: Learning and Teaching, 116(10), 782–787. https://doi.org/10.5951/MTLT.2023.0033
Desai, S., Safi, F., Bush, S. B., Wilkerson, T., Andreasen, J., & Orey, D. C. (2022). Ethnomodeling: Extending Mathematical Modeling Research in Teacher Education. Investigations in Mathematics Learning, 14(4), 305–319. https://doi.org/10.1080/19477503.2022.2139092
Dewita, A., Mujib, A., & Siregar, H. (2019). Studi Etnomatematika tentang Bagas Godang sebagai Unsur Budaya Mandailing di Sumatera Utara. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 1–12. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.530
Febriani, R., Knippenberg, L., & Aarts, N. (2023). The making of a national icon: Narratives of batik in Indonesia. Cogent Arts & Humanities, 10(1), 2254042. https://doi.org/10.1080/23311983.2023.2254042
Hayati, N., Husaini, A., Alghar, M. Z., & Lubis, R. S. (2025). Etnomatematika Suku Mandailing: Tinjauan Literatur Sistematik Tahun 2018-2024. In M. D. Kurniadi (Ed.), Prosiding Seminar Nasional Keguruan dan Pendidikan (SNKP) (pp. 43–52). Universitas Muhammadiyah Muara Bungo.
Hefni, M. (2017). Islam Madura (Resistensi dan Adaptasi Tokoh Adat atas Penetrasi Kyai di Madura). Analisis: Jurnal Studi Keislaman, 13(1), 1–26. https://doi.org/10.24042/ajsk.v13i1.640
Kyeremeh, P., Awuah, F. K., & Dorwu, E. (2024). Integration of ethnomathematics in teaching geometry: a systematic review and bibliometric report. Journal of Urban Mathematics Education, 16(2), 68–89. https://doi.org/10.21423/jume-v16i2a519
Mahuda, I. (2020). Eksplorasi Etnomatematika Pada Motif Batik Lebak Dilihat Dari Sisi Nilai Filosofi Dan Konsep Matematis. Lebesgue, 1(1), 29–38. https://doi.org/10.46306/lb.v1i1.10
Muhammad, I., Marchy, F., Naser, A. do muhamad, & Turmudi, T. (2023). Analisis Bibliometrik: Tren Penelitian Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika Di Indonesia (2017 – 2022). JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(2), 267–279. https://doi.org/10.25273/jipm.v11i2.14085
Nasution, N. B., & Mardhiyana, D. (2020). Numbers sequence in batik Jlamprang motif of Pekalongan. In Muhtarom, R. C. I. Prahmana, F. Nursyahidah, N. Happy, & D. Wulandari (Eds.), Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (SENATIK) (Vol. 1663, Issue 1, p. 12011). IOP Publishing. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1663/1/012011
Orey, D. C., & Rosa, M. (2015). Modelling the wall: The mathematics of the curves on the wall of Colégio Arquidiocesano in Ouro Preto. Mathematical Modelling in Education Research and Practice, 593–603. https://doi.org/10.1007/978-3-319-18272-8_50
Pathuddin, H., Nawawi, M. I., Nur, A. S., Waluya, S. B., Rochmad, R., Wardono, W., Rusli, R., Azis, C. C., Asdar, A., Rahman, A., Hastuty, H., Latif, N. S., Talib, A., Syarifuddin, Ahmad, M. A., Anshari, Yunus, M., Laukum, M., Rosmiati, R., … Nur, F. (2022). Ethnomathematics exploration in the remote areas. Journal on Mathematics Education, 4(2), 307–327. https://doi.org/10.2991/978-94-6463-332-0_17
Prahmana, R. C. I., & D’Ambrosio, U. (2020). Learning Geometry and Values from Patterns: Ethnomathematics on the Batik Patterns of Yogyakarta, Indonesia. Journal on Mathematics Education, 11(3), 439–456. https://doi.org/10.22342/jme.11.3.12949.439-456
Prahmana, R. C. I., & Istiandaru, A. (2021). Learning Sets Theory Using Shadow Puppet: A Study of Javanese Ethnomathematics. Mathematics, 9(22), 2938. https://doi.org/10.3390/math9222938 LK - https://doi.org/10.3390/math9222938
Rodrigues, J., Orey, D. C., & Rosa, M. (2021). The (re)discovery of mathematical knowledge outside of school from a math trail: a study based on Ethnomodelling. Revista Latinoamericana de Etnomatemática, 14(2), 74–75. http://funes.uniandes.edu.co/26025/
Rosa, M., D’Ambrosio, U., Orey, D. C., Shirley, L., Alangui, W. V, Palhares, P., & Gavarrete, M. E. (2016). State of the art in Ethnomathematics. Current and Future Perspectives of Ethnomathematics as a Program, 11–37. https://doi.org/10.1007/978-3-319-30120-4_3
Samijo, S., & Yohanie, D. D. (2017). Pengaruh model pembelajaran kontekstual berbasis etnomatematika pada pola batik tenun (ATBM) khas Kota Kediri terhadap kemampuan refleksi dan simetri mahasiswa semester 2 Prodi Pendidikan Matematika UNP Kediri. Jurnal Math Educator Nusantara, 3(2), 135–145. https://doi.org/10.29407/jmen.v3i2.11975
Silva, J. B. N. da, Rocha, K. C. S., & Orey, D. C. (2023). Adinkra Cultural Artifacts as Descriptive Cultural Indicators for the Pedagogical Action of Ethnomodelling. Journal of Mathematics and Culture, 17(2), 145–165. https://repositorio.ufop.br/handle/123456789/17144
Suhaimi. (2020). Heterogenitas sosio kultur Madura dalam adat pertunangan. Litera.
Suhaimi, Purwandi, A., & Sufyan, A. F. M. (2021). Binsabin Dan Tongngebban as Madurese Local Wisdom: An Anthropology of Islamic Law Analyses. Al-Ihkam: Jurnal Hukum & Pranata Sosial, 16(1), 161–179. https://doi.org/10.19105/al-ihkam.v16i1.3861
Suminto, R. A. S. (2015). Batik Madura: menilik ciri khas dan makna filosofinya. Corak: Jurnal Seni Kriya, 4(1), 1–12. https://doi.org/10.24821/corak.v4i1
Turmuzi, M., Suharta, I. G. P., & Suparta, I. N. (2023). Ethnomathematical research in mathematics education journals in Indonesia: A case study of data design and analysis. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 19(1), 1–13. https://doi.org/10.29333/ejmste/12836
Umbara, U., Rosa, M., & Orey, D. C. (2022). Interpreting the Ethnomathematics of Pancaniti Building in Indonesia: Feasibility in Revitalize Mathematics Learning Based on Cultural Contexts. 1–23. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.2139/ssrn.4295828
Zayyadi, M. (2017). Eksplorasi Etnomatematika Pada Batik Madura. Sigma, 2(2), 35–40.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Salsabila Azzahra, Mislaini, Muhammad Zia Alghar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.