Analisis Statistik Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Matematika Siswa SMA
Keywords:
hasil belajar matematika, aktivitas kelas, kemandirian belajar, kemandirian bertanya, interaksi teman sebayaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh aktivitas dalam kelas, kemandirian belajar, keberanian bertanya, interaksi teman sebaya, kecerdasan emosional, fasilitas belajar, dan gaya belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Populasi penelitian adalah siswa SMA An-Nur Kabupaten Malang dengan sampel sebanyak 32 siswa yang dipilih secara acak. Data dikumpulkan melalui angket skala Likert yang mengukur variabel bebas, serta nilai ulangan harian sebagai indikator hasil belajar matematika. Analisis data dilakukan dengan regresi linier berganda menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan ketujuh variabel bebas berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa. Namun, secara parsial hanya aktivitas dalam kelas, kemandirian belajar, keberanian bertanya, interaksi teman sebaya, dan gaya belajar yang berpengaruh signifikan, sedangkan kecerdasan emosional dan fasilitas belajar tidak memberikan pengaruh signifikan. Temuan ini menegaskan bahwa keterlibatan aktif dan kemandirian siswa dalam pembelajaran memiliki kontribusi lebih besar dibandingkan faktor emosional maupun fasilitas eksternal. Penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi guru dan sekolah untuk memperkuat strategi pembelajaran yang mendorong partisipasi aktif, kemandirian, serta keberanian bertanya, sekaligus menyesuaikan metode dengan gaya belajar siswa. Penelitian lanjutan disarankan untuk mengkaji variabel lain seperti motivasi intrinsik, dukungan keluarga, atau pemanfaatan teknologi pembelajaran.
References
Aini, S., & Isnaniah, I. (2023). Kemandirian Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing. Jurnal Basicedu. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/5252
Anugra, H., Yusup, P. M., & Erwina, W. (2013). Faktor-Faktor Dominan yang Mempengaruhi Minat Baca Mahasiswa. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 1(2).
Baltazar, L. P. T. (2022). Emotional Intelligence and Analytical Problem-Solving Skills of Students in General Mathematics. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 7(4), pp.981-996. https://doi.org/10.5281/zenodo.6555356
Bradley, C. A. (1987). The relationship between mathematics language facility and mathematics achievement among junior high school students. University of California, Los Angeles.
Çelik, H. C. (2018). The effects of activity based learning on sixth grade students’ achievement and attitudes towards mathematics activities. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(5), 1963–1977. https://doi.org/10.29333/ejmste/85807
Darragh, L. (2014). Asking Questions and Performing Mathematics Identity. Annual Meeting of the Mathematics Education Research Group of Australasia (MERGA), 175–182.
Di Teodoro, S., Donders, S., Kemp-Davidson, J., Robertson, P., & Schuyler, L. (2011). Asking good questions: Promoting greater understanding of mathematics through purposeful teacher and student questioning. The Canadian Journal of Action Research, 12(2), 18–29. https://doi.org/10.33524/cjar.v12i2.16
Faizah, U., Subanji, S., & Susiswo, S. (2021). Kemampuan bertanya siswa dalam kegiatan diskusi kelompok pada materi rasio trigonometri. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 9(2), 70–84. https://doi.org/10.25273/jipm.v9i2.8064
Farikhoh, I. (2020). Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru, Lingkungan Sekolah dan Motivasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri Batang Tahun Ajaran 2014/2015. Universitas Negeri Semarang.
Febriyanti, C., & Seruni, S. (2015). Peran minat dan interaksi siswa dengan guru dalam meningkatkan hasil belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(3), 245–254. https://doi.org/10.30998/formatif.v4i3.161
Fleming, N., & Baume, D. (2006). Learning Styles Again: VARKing up the right tree! Educational Developments, 7(4), 4–7.
Forsblom, L., Pekrun, R., Loderer, K., & Peixoto, F. (2022). Cognitive appraisals, achievement emotions, and students’ math achievement: A longitudinal analysis. Journal of Educational Psychology, 114(2), 346. https://doi.org/10.1037/edu0000671
Fuadi, R., Johar, R., & Munzir, S. (2016). Peningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematis melalui Pendekatan Kontekstual. Jurnal Didaktik Matematika, 3(1), 47–54. https://doi.org/10.24815/jdm.v3i1.4305
Gabriel, F., Buckley, S., & Barthakur, A. (2020). The impact of mathematics anxiety on self-regulated learning and mathematical literacy. In Australian Journal of Education (Vol. 64, Issue 3, pp. 227–242). https://doi.org/10.1177/0004944120947881
Genlott, A. A., & Grönlund, Å. (2016). Closing the gaps – Improving literacy and mathematics by ict-enhanced collaboration. Computers & Education, 99, 68–80. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2016.04.004
Goffney, I., Gutiérrez, R., & Boston, M. (2018). Mathematics for Black, Indigenous, and Latinx Students. NCTM. https://math.oregonstate.edu/sites/math.oregonstate.edu/files/2022-03/Rochelle Gutierrez - The Need to Rehumanize Mathematics.pdf
Gresalfi, M., Martin, T., Hand, V., & Greeno, J. (2009). Constructing competence: An analysis of student participation in the activity systems of mathematics classrooms. Educational Studies in Mathematics, 70(1), 49–70. https://doi.org/10.1007/s10649-008-9141-5
Hartini, H., Danial, D., & Munawaroh, M. (2021). Pengaruh Sarana Pembelajaran dan Motivasi Belajar Matematika Terhadap Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Kotabaru. JTMT: Journal Tadris Matematika, 2(2), 40–48. https://doi.org/10.47435/jtmt.v2i2.749
Joyce, B., & Calhoun, E. (2014). Models of teaching. Taylor & Francis.
Melhuish, K., Thanheiser, E., & Guyot, L. (2020). Elementary school teachers’ noticing of essential mathematical reasoning forms: justification and generalization. Journal of Mathematics Teacher Education, 23(1), 35–67. https://doi.org/10.1007/s10857-018-9408-4
Mutmainnah, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Korespondensi Dengan Mengontrol Kecerdasan Linguistik. digilib.unimed.ac.id. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44392
OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. In OECD Publishing.
Permendikbud. (2013). Permendikbud No 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan. 2011, 1–6. https://doi.org/10.1016/j.metabol.2009.10.012
Perry, M., VanderStoep, S. W., & Yu, S. L. (1993). Asking questions in first-grade mathematics classes: potential influences on mathematical thought. Journal of Educational Psychology, 85(1), 31. https://doi.org/10.1037/0022-0663.85.1.31
Piaget, J. (1971). The theory of stages in cognitive development.
Putri, F. E., Amelia, F., & Gusmania, Y. (2019). Hubungan antara gaya belajar dan keaktifan belajar matematika terhadap hasil belajar siswa. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 83–88. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v2i2.406
Rahma, F. A., Harjono, H. S., & Sulistyo, U. (2023). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Digital. Jurnal Basicedu, 7(1 SE-Articles), 603–611. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4653
Rasmuin, R., & Fiana, F. (2019). Pengaruh Sarana dan Prasarana Belajar di Sekolah terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa SMP di Kecamatan Wangi-Wangi. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 5(2), 124–130.
Rosida, V. (2015). Pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII2 SMP Negeri 1 Makassar. Jurnal Sainsmat, 4(2), 87–101.
Saputro, B. A., Suryadi, D., Rosjanuardi, R., & Kartasasmita, B. G. (2018). Analysis of students’ errors in responding to TIMSS domain algebra problem. Journal of Physics: Conference Series, 1088(1), 12031. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1088/1/012031
Sarwandianto, A., Alamsyah, N., Wulan, R., & Awaludin, A. A. R. (2020). Relationship between creativity and learning style and mathematics learning achievement of elementary school students. AIP Conference Proceedings, 2215(1), 60027. https://doi.org/10.1063/5.0001018
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes (Vol. 86). Harvard university press.
Wahyuni, D., & Sutiarso, S. (2023). Kemandirian Belajar Matematika Peserta Didik Selama Masa Pandemi Covid-19 Berdasarkan Gender. Journal of Mathematics in Teaching and Learning, 2(2), 110–120.
Zimmerman, B. J. (2002). Becoming a self-regulated learner: An overview. Theory into Practice, 41(2), 64–70. https://doi.org/10.1207/s15430421tip4102_2
Zimmerman, B. J., & Schunk, D. H. (2011). Self-regulated learning and performance: An introduction and an overview. Handbook of Self-Regulation of Learning and Performance, 15–26.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Henki Adi Saputra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.