KONSEP POLA ASUH ORANG TUA PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

  • Febriyanti Adha Suhardin STIT Diniyyah Puteri Rahmah El Yunusiyyah
  • ELVA NITA SRIWULAN AGUSTINA
  • MEGA CAHYA DWI LESTARI STIT Diniyyah Puteri Rahmah El Yunusiyyah
Keywords: Kata Kunci: Pola Asuh, Pendidikan Islam

Abstract

Pola asuh orang tua merupakan pendidikan awal yang diterima anak di lingkungannya. Pada usia anak 0-6 tahun, pengasuhan meliputi kebutuhan dasar tumbuh kembang anak, yaitu kebutuhan berkenaan dengan tumbuh kembang fisik biologis atau asuh. Jadi pengasuhan anak merupakan cara yang dipilih oleh orang tua dalam mendidik, membimbing, mengasuh, membina, mengarahkan, memberi perlindungan, mengurus makan, minum, pakaian, tempat tinggal dan memastikan keberhasilan tumbuh kembangnya sampai anak beranjak dewasa. Konsep pola asuh dalam perspektif islam adalah pola asuh yang dapat memberikan keteladanan, nasehat, perhatian atau pengawasan, kebiasaan yang baik dan juga memperhatikan akhlak anak. Islam mengatur bagaimana pola pengasuhan terhadap anak, seperti apa kita memperlakukan anak, dan bagaimana membimbing dan mengarahkan, islam sudah mengaturnya didalam al-qur'an dan al-hadits. Pola asuh dalam perspektif islam adalah suatu kesatuan yang utuh dari sikap dan perlakuan orangtua kepada anak sejak masih kecil baik dalam mendidik, membina, membiasakan dan membimbing anak secara optimal berdasarkan al-qur'an dan al-Hadits. Maka dari itu sudah saatnya nilai-nilai keislaman atau religiusitas dijadikan sebagai fondasi pendidikan dan pembentukan karakter dalam penerapan pola asuh terhadap anak. Islamisasi teori pola asuh yang berasal dari barat merupakan sebuah keniscayaan yang sangat mungkin diterapkan, dengan mengintegrasikan dua sisi antara barat dan timur diharapkan dapat membuat sebuah pola asuh yang tidak hanya menanamkan nilai-nilai kedisiplinan yang tinggi namun juga memiliki nilai-nilai religiusitas yang luhur.

References

Anisah, A. S. (2017). Pola asuh orang tua dan implikasinya terhadap pembentukan karakter anak. Jurnal Pendidikan UNIGA, 5(1), 70-84.
Fimansyah, W. (2019). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap pembentukan karakter anak di era globalisasi.Primary Education Journal Silampari, 1(1), 1-6.
Hasan, M. S., & Azizah, M. (2020). Strategi Pondok Pesantren Al Urwatul Wutsqo dalam Menghadapi Tantangan Modernisasi. Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 15-28. Retrieved from https://www.jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/al-idaroh/article/view/111
Hidayah, B. N. (2017). Pola Asuh Orang Tua Dalam Mengembangkan Kemandirian anak Usia Dini di dukuh Branglor Mancasari Baki Sukoharjo. [Skripsi, IAIN Surakarta. 2017]
Juwariyah, (2010)Dasar-dasar Pendidikan Anak dalam Al Qur’an, Yogyakarta: Teras,
Muallifah. (2009). Psyco Islamic Smart Parenting. Jogjakarta: DIVA Press
Muhammad Surya,(2017). Psikologi Pendidikan (Dirjen Dikdasmen: Direktorat Kependidikan, 2004)Hasan Syamsi, Modern Islamic Parenting
Musthofa Rahman, Pendidikan Islam dalam Perspektif Al- Qur’an, dalam Paradigma
Noeman, R. R. (2012). Amazing Parenting: Menjadi Orang Tua Asyik Membentuk Anak Hebat. Jakarta: Noura Books.
Padjrin, Padjrin,(2016) Pola Asuh Anak Anak dalam Perspektif Pendidikan Islam.Islamic Institut Raden Fatah,
Pendidikan Islam (Semarang : Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo bekerja sama dengan Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2001),
Rachman, M. F. (2011). Islamic Parenting. Jakarta: Gramedia.
Riati, I. K. (2016). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Karakter Anak Usia Dini . J u r n a l Infantia, 4(2)
Santika, E.C.H. (2017). Golden Age Parenting. Yogyakarta: Psikologi Corner
Tsani, I. L., Herawati, N. I., & Istianti, T. (2016). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kemandirian Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2).


Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional 2003(UU RI No. Th. 2003), Sinar Grafika, Jakarta.
Wartini, S., & Riyanti, R. (2018). Pengaruh Pola Asuh Terhadap Perkembangan Karakter Sosial Anak Usia Dini. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 1(2), 21- 27
W. Sulaiman. (2022). Penerapan Pendidikan Islam Bagi Anak di Usia Emas Menurut Zakiah Dradjat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 6(Issue 5 (2022)), (Online) 2356-1327 (Print). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2418
Published
2024-02-01