PENGGUNAAN MEDIA KOLASE BAHAN ALAM UNTUK MENINGKATKAN MOTORIK HALUS DI PAUD AL-ISHLAH HADIMULYO BARAT METRO

  • Alifia Luqiana Ansory IAIN Metro
Keywords: Kolase, Bahan Alam, Motorik Halus

Abstract

Kegiatan kolase bahan dasar dari alam sebagai media dalam peningkatan kemampuan motorik halus anak sangat jarang di terapkan di PAUD Al-Ishlah Hadimulyo Barat Metro. Kegiatan yang biasa dilakukan dalam menstimulus motorik halus anak adalah dengan menggambar dan mewarnai sehingga kemampuan motorik halus anak masih kurang dalam kegiatan menempel seperti pembuatan kolase. Adapun tujuannya dengan dilakukan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia dini melalui kegiatan kolase bahan alam daun-daunan. Hasil dari dilaksanakan penelitian ini yaitu terjadi peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan kolase bahan alam daun-daunan. Hal tersebut didukung oleh hasil penilaian yang dilaksanakan dari Pra-siklus, siklus I dan siklus II. Kemampuan motorik halus anak pada prasiklus mendapat persentase 7,69%, dan pada siklus I mengalami peningkatan namun belum sesuai dengan indikator penilaian(keberhasilan) dengan hasil persentase 38,45%, sehingga perlu dilakukannya siklus II. Pada siklus II telah mencapai indikator penilaian yang di harapkan yakni dengan persentase 84,61%.

References

Ayu Abandana Syahlana Riskiyah. “Pengaruh Kegiatan Kolase Dengan Media Daun Kering Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok B TK BAP Karang Dalam Sampang,” n.d.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan 137 Tahun 2014. Direktorat Pendidikan Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar, 2014.
Departemen Pendidikan Nasional. Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Fisik Motorik Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, 2007..
Familiani, Neti. “Penerapan Media Kolase Dalam Meningkatkan Motorik Halus Kelompok A Di TK PKK Mulyojati Metro Barat Kota Metro,” n.d.
Halimah. “Upaya Meningkatkan Motorik Halus Melalui Permainan Menjiplak Menjadi Gambar Usia 5-6 Tahun Di TKQ An-Nur.” 2019.
Halimah, Nur. “‘Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Kolase Dengan Berbagai Media Pada Anak Kelompok B3 Di TK ABA Ngoro-Ngoro Patuk Gunung Kidul.’” Yogyakarta, 2016.
Herawati. “Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Kolase Dengan Bahan Alam Sekitar Pada Anak Kelompok B Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal II Tombolo Kabupaten Gowa.” 2022.
Hurlock, Elizabeth. Perkembangan Anak. Penerjemah: Meitasari Tjandra Dan Muslichah Zarkasih. Jakarta: Erlangga, 2007.
Kementrian Pendidikan Nasional. Pengembangan Program Pembelajaran Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional, 2010.
Kunandar. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik. Jakarta: PT.Rajgranfindo, 2009.
Muqowim. Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Multiple Intellegences. I. Jawa Tengah: Penerbit Mangkubumi, 2018
Narbuko dan Achmadi. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.
Nicholson Sue. Membuat Kolase. Solo: PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, 2005.
Primayana, Kadek Hengki “‘Pengaruh Kegiatan Kolase Dengan Media Daun Kering Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok B TK BAP Karang Dalam Sampang,’” 2016.
Rudiyanto Ahmad. Perkembangan Motorik Kasar Dan Motorik Halus Anak Usia Dini. Lampung: Darussalam Press Lampung, 2016.
Santrock, John W. Perkembangan Anak Penerjemah: Mila Rachmawati Dan Ama Kuswanti. Jakarta: Erlangga, 2007.
Solichah Silvina, dkk. Keterampilan Kolase. Yogyakarta: Indopublika, 2017.
Sujiono, Bambang. Metode Pengembangan Fisik. Jakarta: Universitas Terbuka, Parmadhi.
Sumantri MS. Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Dinas Pendidikan, 2005..
Suharsimi arikunto. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jakarta: Rineka Cipta, n.d
Published
2024-02-01