Analisa Buku Ajar Untuk Pengembangan Keterampilan Menulis Bahasa Arab Anak Usia Dini

Analisa Buku Ajar Umtuk Pengembangan Maharah Kitabah bagi Anak Usia Dini

  • Aulia Rahman STAIN Mandailing Natal
Keywords: Anak Usia Dini, Maharah Kitabah, Bahan Ajar, Huruf Hijaiyyah

Abstract

Menulis huruf hijaiyyah adalah langkah awal untuk menulis dalam bahasa Arab. Pembelajaran bahasa Arab khususnya pada keterampilan menulis (kitabah) pada anak-anak usia dini baik materi, metode, strategi dan yang lainnya tidak bisa disamakan dengan pengajaran terhadap orang dewasa melainkan disesuaikan dengan psikologi anak didik. Penelitian ini berusaha menganalisa buku ajar menulis huruf hijaiyyah untuk anak usia dini yang berkaitan dengan keterampilan menulis. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka yang menggunakan data kualitatif dengan menganalisa bahan ajar. Adapun hasil pembelajaran menulis huruf hijaiyyah untuk pengembangan maharah kitabah dalam bahan ajar anak usia dini mencakup beberapa hal yaitu membariskan huruf, mencontoh huruf, menyambungkan huruf dan menulis huruf dengan menentukan topik huruf hijaiyyah, memilih dan mengenalkan huruf hijaiyyah, mencontohkan cara menulis serta menyambungkan huruf hijaiyyah sesuai pemilihan huruf hijaiyyah yang dirumuskan dalam bahan ajar. Penulisan huruf hijaiyyah ini sesuai dengan kelengkapan kemampuan maharah kitabah dalam bahan ajar.

References

Ainin, M. (2007). Metode Penelitian Bahasa Arab. Malang: Hilal Pustaka.
Arsyad, A. (2009). Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya. Yogyakarta : PUstaka Pelajar.
Asyrofi, S. (2010). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Idea Press.
Effendy, A. F. (2009). Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat.
Hermawan, A. (2011). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Jakarta: PT.Rosda Karya.
Hurlock, E. B. (1980). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.
Lan Kusrin, S. (2011). Gemar Membaca dan Menulis Huruf Hijaiyyah. Surabaya: Bintang Books.
Nasir, M. (2003). Metode Penelitian. Jakarta: Graha Indonesia.
Rita Eka Izzaty. (2008). Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press.
Rumengan, J. (2010). Metodologi Penelitian Dengan SPSS. Batam: UNIBA Press.
Sugihartono. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Published
2022-01-16