TEORI BERMAIN DAN PERMAINAN ALAT MUSIK ANAK USIA DINI
JURNAL TEORI BERMAIN DAN PERMAINAN ALAT MUSIK ANAK USIA DINI
Abstract
The problem of this research was children low language ability development. The objective of this research was to find out the correlation between role playing and children language ability in group B. Research used quantitative correlational methode. This research was conducted in Al-Hidayah kindergarten school in Kalirejo Lampung with population of 81 children. The 30 respondent were taken by using purposive sampling technique. Data were collected by observations and documentations and analyzed by using Spearman’s Rank correlation technique. The result showed that there was a correlation between role playing and children language ability development.
References
Arie, Sanjaya. “Penerapan Metode Bercerita Dalam Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Dan Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar.” Ilmiah Guru"COPE" 20 (2016).
Bambang, Supomo, and Indriantoro Nur. Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta: BFEE UGM, 2002.
Eka, Salnita Yulia, Atmazaki, and Abdurrahman. “Pemerolehan Bahasa Pada Anak Usia 3 Tahun.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3 (2019).
Hadi, Gana Kartinika. “Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Mengungkapkan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Pertiwi 1 Banjarsari.” PG-PAUD Trunojoyo, Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini 5 (2018).
J.W, Santrock. Masa Perkembangan Anak. 11th ed. jakarta: selemba humanika, 2011.
Julrissani. “Karakteristik Perkembangan Bahasa Dalam Berkomunikasisiswa Sekolah.” Edumaspul 4, no. 1 (2020): 72–87.
Karlina, Dwi Nami. “Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Tk B Usia 5-6 Tahun Melalui Digital Storytelling Di Tk Apple Kids Salatiga Semester I Tahun Ajaran 2017/ 2018.” JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini 12, no. 1 (2018): 1–11. https://doi.org/10.21009//jpud.121.01.
Lestariningrum, Anik, and Intan P.W. “Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Media Panggung Boneka Tangan.” Nusantara of Reseacrh 1 (2014).
Majid, and Aziz Abdul. Mendidik Anak Lewat Cerita. jakarta: Mustaqiim, 2005.
Margono. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 1997.
Nuraini, Ni Wayan, Lasmawan Wayan, and Sutama I Made. “Efektivitas Metode Bercerita Dengan Alat Peraga Tiruan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Dan Minat Belajar WISDOM: JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI Volume 02 No. 2 Desember 2021 206 Anak Di Kelompok b Tk Barunawati.” Program Pasca Serjana
Universitas Ganesha 4 (2014).
Putri, Hana Pebriana. “Analisis Kemampuan Berbahasa Dan Penanaman Moral Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Mendongeng.” Obsesi Pendidikan Anak Usia Dini 1, no. 2 (2017).
Rahayu, Elisa, Intan Widyaningsih, and Bayu Adi Laksono. “Problematika Keterlambatan Bicara Dan Gagap Pada Anak Usia 6 Tahun.” Jurnal Pendidikan Modern 5, no. 2 (2020): 63–71. https://doi.org/10.37471/jpm.v5i2.73.
Rahmah, Annisa Amalia. “Pengembangan Bahasa Anak Melalui Metode Bercerita Dengan Media Panggung Boneka Pada Anak Kelompok A Di Paud Al Farabi Cabean Mangunsari Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019.” IAIN SALATIGA, n.d.
Rusniah, Rusniah. “Meningkatkan Perkembangan Bahasa Indonesia Anak Usia Dini Melalui Penggunaan Metode Bercerita Pada Kelompok a Di Tk Malahayati Neuhen Tahun Pelajaran 2015/2016.” JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling 3, no. 1 (2017): 114. https://doi.org/10.22373/je.v3i1.1445.
Saeful, Rahmat Pupu. “Penelitian Kualitatif.” Equilibrium 5 (2009). Safitri, Yenny. “Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perkembangan Bahasa Balita Di UPTD Kesehatan Baserah Tahun 2016.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1, no. 2 (2017): 148. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.3