Living Hadith in New Media Living Hadis New Media: Transformasi Hadis Taqd?r dalam Ceramah Daring Hanan Attaki Section Articles

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rasyid Alhafizh Rasyid

Abstract

Artikel ini mengkaji pemaknaan dan resepsi hadis-hadis tentang takdir dalam dakwah digital Hanan Attaki melalui pendekatan living hadis dan psikologi agama. Ceramah Hanan Attaki seperti Rahasia Mengubah Takdir: Jodoh, Rezeki, dan Sukses menarasikan hadis-hadis tentang keimanan kepada takdir (qad? dan qadar) sebagai fondasi psikospiritual untuk membangun sikap acceptance, ketenangan jiwa, dan penyembuhan batin (self-healing) bagi generasi muda. Tiga hadis utama yang sering dikutip mencakup hadis rukun iman, hadis husnuzan kepada Allah, dan hadis tentang kesabaran, yang direlevansikan dengan konsep-konsep psikologis seperti trust, mental resilience, dan emotional regulation. Narasi dakwah Attaki memfungsikan hadis sebagai simbol sosial, legitimasi praktik keagamaan, dan sumber nilai dalam merespons problematika psikososial umat. Melalui analisis naratif dan observasi interaksi digital, artikel ini menunjukkan bahwa hadis-hadis tersebut mengalami resemantisasi menjadi instrumen religious coping yang memperkuat penerimaan diri, optimisme spiritual, dan regulasi emosional. Dengan demikian, hadis tidak hanya diwarisi sebagai doktrin, tetapi dihidupkan sebagai kekuatan diskursif dan transformatif dalam dinamika keagamaan digital.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Rasyid, R. A. (2025). Living Hadith in New Media: Living Hadis New Media: Transformasi Hadis Taqd?r dalam Ceramah Daring Hanan Attaki. Al-Mu’tabar, 5(2), 183–194. https://doi.org/10.56874//almutabar.2025.v5i2/2525/5

References

    Aha Putra, J. N., & Mutawakkil, Moch. A. (2020). Qada’ Dan Qadar Perspektif Al-Qur’an Hadits dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Agama Islam. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(1). https://doi.org/10.18860/jpai.v7i1.11232
    Al-Asy’ari, A. H. (1999). Al-Ibanah ‘an Ushul ad-Diyanah. Maktabah Daar al-Bayan.
    Al-Bukhari. (1992). Jami’ Al-Shahih al-Bukhari (Vol. 1). Dar Kutub al-Ilmiyyah.
    Alhafizh, R., Wendry, N., & Ashadi, A. (2024). Perebutan Ruang Doktrinasi Hadis Isb?l NU dan Salafi pada New Media. JOURNAL OF QUR’AN AND HADITH STUDIES, 13(2), Article 2. https://doi.org/10.15408/quhas.v13i2.41544
    Al-Nasa’i. (2002). Sunan al-Nasa’i. Dar el-Fikr.
    Al-Tirmizi. (1998). Sunan Al-Tirmizi. Dar el-Fikr.
    Ash-Shiddieqy, M. H. (2011). Tafsir al-Qur’anul majid an-Nûr. 2. Cakrawala.
    Azis, M. T. A. (2020). Terapi penyembuhan gangguan Skizofrenia melalui metode Ruqyah dan Doa di Pesantren Rehabilitasi Mental Az-Zainy Tumpang-Kabupaten Malang [Masters, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim]. http://etheses.uin-malang.ac.id/53666/
    Fu, W., Li, R., Zhang, Y., & Huang, K. (2023). Parenting Stress and Parenting Efficacy of Parents Having Children with Disabilities in China: The Role of Social Support. International Journal of Environmental Research and Public Health, 20(3), 2133. https://doi.org/10.3390/ijerph20032133
    Hambal, A. I. (1992). Musnad Ahmad. Dar el-Fikr.
    Khujaimah, M. F. Y., Syahriza, R., & Faza, A. M. (2024). HADIS DAN KONTEN MEDSOS. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(06), Article 06. https://doi.org/10.56127/jukim.v3i06.1886
    Majah, I. (2017). Sunan Ibn Majah. Addarul Alamiyyah.
    Ma’rifatun, R. & M. Rizki Syahrul Ramadhan. (2024). Sholat Taubat Menurut Thariqah Naqsyabandiyah di Pondok Pesantren Baitul Mukhlashin: Studi Living Hadis. el-Sunnah: Jurnal Kajian Hadis dan Integrasi Ilmu, 5(2), 210–226. https://doi.org/10.19109/elsunnah.v5i2.24151
    Miski, M., & Habibillah, P. G. (2022). Alteration of hadith functions in TikTok social media. Jurnal Living Hadis, 7(1), Article 1.
    Muslim, I. (2017). Al-Musnad Al-Shahih Al-Mukhtashar min Al-Sunan Binaqlil Adli ’an Al-Adl ila Rasulillah. Addarul Alamiyyah.
    Nurmansyah, I. (2019). ISLAM DAN MEDIA SOSIAL: KAJIAN LIVING HADIS DALAM FILM “PAPI DAN KACUNG” DI INSTAGRAM. Fikri?: Jurnal Kajian Agama, Sosial Dan Budaya, 4(2), 201–216. https://doi.org/10.25217/jf.v4i2.591
    Pargament, K. I., Smith, B. W., Koenig, H. G., & Perez, L. (1998). Patterns of Positive and Negative Religious Coping with Major Life Stressors. Journal for the Scientific Study of Religion, 37(4), 710. https://doi.org/10.2307/1388152
    Pertiwi, A. P., & Yoenanto, N. H. (2022). Pengaruh Optimisme dan Penerimaan Diri terhadap Kecenderungan Post Power Syndrome pada Kepala Sekolah Negeri di Kota Surabaya Menjelang Pensiun. EDUKATIF?: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(2), 2289–2297. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2444
    Qudsy, S. Z. (t.t.). LIVING HADIS: GENEALOGI, TEORI, DAN APLIKASI.
    Rizaldi, M. (2023). Komodifikasi Hadis Hijrah dalam Akun Media Sosial Komunitas Kajian Musawarah. 2(1).
    Rohmana, J. A. (2015). Pendekatan Antropologi dalam Studi Living Hadis di Indonesia: Sebuah Kajian Awal. Holistic Al-Hadis, 1(2), Article 2.
    Saputra, H. (2017). Genealogi Perkembangan Studi Hadis dI Indonesia. AL QUDS?: Jurnal Studi Alquran dan Hadis, 1(1), 41. https://doi.org/10.29240/alquds.v1i1.164
    Suryadilaga, A. (2020). TRADISI PEMAHAMAN HADIS DALAM KITAB GARIB AL-HADIS DAN TRANSFORMASINYA KE TRADISI KITAB SYARAH HADIS. Nabawi: Journal of Hadith Studies, 1(1). https://doi.org/10.55987/njhs.v1i1.6
    Wendry, N., & Chalida, S. (2017). PAKIAH AND SADAKAH: The Phenomenon of Mamakiah Tradition in Padang Pariaman. MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 41(1), Article 1. https://doi.org/10.30821/miqot.v41i1.342