Strategi Pemasaran Pendidikan Dalam Meningkatkan Kuantitas Peserta Didik Di SMP IT Az-Zahra Kabupaten Aceh Tengah

  • Agustiarman IAIN LHOKSEUMAWE
  • Iskandar IAIN LHOKSEUMAWE
  • Said Alwi IAIN LHOKSEUMAWE

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendsekripsikan strategi pemasaran pendidikan dalam meningkatkan kuantitas peserta didik di SMP IT Az Zahra. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa perencanaan strategi pemasaran pendidikan di SMP IT Az Zahra telah melakukan langkah-langkah strategis yaitu mencoba merespon dan memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya orang tua siswa dengan memberikan layanan pendidikan yang bermutu melebihi standar yang ditetapkan oleh pemerintah. Perencanaan pemasaran pendidikan dipersiapkan dengan mengidentifikasi kebutuhan masyarakat, mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan sekolah melalui analysis evaluasi pemasaran pendidikan sebelumnnya. Sekolah juga memberikan akses seluas-luasnya kepada orang tua  siswa bahkan masyarakat terhadap sekolah dengan terbentuknya komite sekolah untuk ikut melakukan pemasaran pendidikan. Pemasaran pendidikan diimplementasikan dengan menyediakan layanan informasi internal, eksternal maupun interaktif dengan menonjolkan keunggulan-keunggulan program kegiatan dan prestasi yang diraih serta membuka pendafaran penerimaan peserta didik baru lebih awal. SMP IT Az Zahra juga melakukan Evaluasi pemasaran pendidikan terhadap aspek : program pendidikan, biaya pendidikan, lokasi atau tempat pemasaran pendidikan, dan terhadap sumber daya manusianya

Published
2023-09-19