The Effect Of Zoom Meeting On E-Learning Based Remote Learning In Improving Student Cognitive Ability

PENGARUH ZOOM MEETING PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH BERBASIS E-LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA

  • Dian Permanasari Widyaningrum SMA N 1 Weleri
Keywords: Zoom Meeting, Pembelajaran jarak jauh, e-learning, kognitif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengaruh zoom meeting pada pembelajaran jarak jauh berbasis e-learning dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa. Penelitian merupakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain Pretest-posttest One Group Design. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan teknik cluster random sampling dari populasi seluruh siswa SMA N 1 Weleri yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen. Analisis data menggunakan uji statistik parametrik yaitu N-gain dan uji-t (paired sampel t test). Uji normalitas gain menunjukkan bahwa rata-rata hasil postest mengalami peningkatan sebesar 0,53 dengan kriteria sedang. Hasil uji paired sampel t test nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan penerapan zoom meeting pada pembelajaran jarak jauh berbasis e-learning mempunyai pengaruh signifikan dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa.

References

Andriyani, D. S., & Sari, N. K. 2020. E-Learning Model with Zoom Application to Improve the Ability of Giving Strengthening Skills in Mathematics Learning. Journal of Mathematics, Science, Technology and Education, 1(1), 38-45.

Arzayeva, M., Rakhimzhanov, K., Abdrahmanova, A., & Umitkaliev, U. 2015. Special Aspects of Distance Learning in Educational System. Anthropologist, 22(3), 449–454. https://doi.org/10.1080/09720073.2015.11891900

Brahma, I. A. 2020. Penggunaan Zoom Sebagai Pembelajaran Berbasis Online Dalam Mata Kuliah Sosiologi dan Antropologi Pada Mahapeserta didik PPKN di STKIP Kusumanegara Jakarta. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(2), 97. https://doi.org/10.37905/aksara.6.2.97-102.2020

CNN Indonesia. 2020. “4 Aplikasi Video Conference yang Irit dan Boros Data”, 2020, Retrieved from https://www.cnnindonesiacom/teknologi/20200330191529-185-488422/4-aplikasivideo-conference-yang-irit-dan-boros-data. Diakses:13 Agustus 2020.

Defi, W. F. 2020. Manajemen Karakter Peserta Didik Pesantren di Era Pandemi (Studi Kasus Smp Pesantren Modern Terpadu Prof. Dr. Hamka II Padang). Jurnal SAJIEM. https://sajiem.iainponorogo.ac.id/sajiem/article/view/15 dan https://doi.org/10.21154/sajiem.v1i2.1

Dharma, H. R. C., Asmarani, D., & Dewi, U. P. 2017. Basic Japanese Grammar and Conversation E-Learning through Skype and Zoom Online Application. Procedia computer science, 116, 267-273.

Hadion, Wijoyo & Indrawan, Irjus. 2020. Panduan Pembelajaran New Normal Dan Transformasi Digital. Bandung:CV.Pena Persada.

Hanum, N.S., 2013, “Keefetifan Pembelajaran Online Sebagai Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran Pembelajaran Online Smk Telkom Sandhy Putra Purwokerto)”, Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1):234

Hakim, A.B., 2016. Efektifitas Penggunaan Pembelajaran online Moodle, Google Classroom Dan Edmodo. I-STATEMENT: Information System and Technology Management, 2(1).

Haqien, D., & Rahman, A. A. (2020). Pemanfaatan Zoom meeting Untuk Proses Pembelajaran Pada Masa Pandemi COVID-19. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1).

Ihsan, M., Ramadhani, I. A., & Matahari, M. 2019. Pelatihan Penggunaan E-Learning Menggunakan Zoom Cloud Meeting untuk Guru di SMK Muhammadiyah Kab. Sorong. Jurnal Abdimasa Pengabdian Masyarakat, 2(2), 49-53.

Indrayana, B., & Sadikin, A. 2020. Penerapan E-Learning Di Era Revolusi Industri 4.0 Untuk Menekan Penyebaran COVID-19:(The Application of E-Learning in the Era of the Industrial Revolution 4.0 to Suppress the Spread of COVID-19). Indonesian Journal of Sport Science and Coaching, 2(1), 46-55.

Kusuma, A. 2011. E-Learning dalam Pembelajaran. Lentera Pendidikan, 14(1), 37

Kuo, Y. C., Walker, A. E., Schroder, K. E. E., & Belland, B. R. 2014. Interaction, Internet Self-Efficacy, And Self-Regulated Learning As Predictors Of Student Satisfaction In Online Education Courses. Internet and Higher Education. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2013.10.001

Layla, M. 2020. Analisis Kepuasan Penggunaan Aplikasi Zoom Dalam Mengikuti Webinar Selama Pandemi COVID-19 Menggunakan Webqual 4.0 (Studi Kasus: Dosen Stain Sultan Abdurrahman Kepri). TANJAK: Journal of Education and Teaching, 1(2), 169-177.

Rahayu, D. 2020. Students' E-Learning Experience through a Synchronous Zoom Web Conference System. Journal of ELT Research: The Academic Journal of Studies in English Language Teaching and Learning, 5(1), 68-79.

Ruggeri, K., Farrington, C., & Brayne, C. 2013. A Global Model For Effective Use And Evaluation Of E-Learning In Health. Telemedicine and e-Health, 19(4), 312-321.

Sandiwarno, S. 2016. Perancangan Model E-Learning Berbasis Collaborative Video Conference Learning Guna Mendapatkan Hasil Pembelajaran yang Efektif dan Efisien. Jurnal Ilmiah FIFO, 8(2), 191. https://doi.org/10.22441/fifo.v8i2.1314

Sicat, A. S. 2015. Enhancing College Students’ Proficiency in Business Writing Via Schoology. International Journal of Education and Research.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Taufik, A. 2019. Perspektif Tentang Perkembangan Sistem Pembelajaran Jarak Jauh di Kabupaten Kutai Kartanegara Kalimantan Timur. Jurnal Pendidikan: Riset Dan Konseptual, 3(2), 88–98.

Violante, M. G., & Vezzetti, E. 2015. Virtual Interactive E‐Learning Application: An Evaluation Of The Student Satisfaction. Computer Applications in Engineering Education, 23(1), 72-91.

Published
2021-01-02