Pola Manajemen Pendidikan Islam dalam Keluarga Masyarakat Kelas Menengah Kebawah Muslim

(Studi Kasus di Madrasah Aliyah Hurrasul Aqidah Kota Tarakan, Kalimantan Utara)

  • Nove Kurniati Sari Universitas Borneo Tarakan
  • Zainal Abidin Muhja
Kata Kunci: Pendidikan Islam, Identitas Keagamaan, Komunitas Muslim, Manajemen Pendidikan Islam

Abstrak

Pendidikan Islam dalam keluarga merupakan aspek penting dalam pembentukan identitas agama dan karakter anak-anak dalam masyarakat Muslim. Hal ini terutama relevan dalam konteks masyarakat kelas menengah ke bawah Muslim Tarakan yang berada di lingkungan Madrasah Aliyah Hurrasul Aqidah. Pendidikan Islam dalam keluarga bukan sekadar tradisi, tetapi merupakan suatu elemen kunci dalam upaya membangun kehidupan Islam yang komprehensif dan memperkuat nilai-nilai Islam dalam diri anak-anak. Tujuan penelitian adalah untuk memahami peran vital manajemen pendidikan Islam dalam keluarga, khususnya di antara masyarakat kelas menengah ke bawah Muslim Tarakan di Madrasah Aliyah Hurrasul Aqidah, dalam membentuk kehidupan Islam yang komprehensif dan membangun karakter anak yang berakar dalam nilai-nilai Islam. Pengumpulan data dilaksanakan melalui berbagai metode, termasuk pengamatan, wawancara terstruktur dan tak terstruktur, serta pengumpulan dokumen. Proses analisis data melibatkan tahapan reduksi data, penyajian data, formulasi kesimpulan, dan validasi. Kelompok subjek dalam penelitian ini terdiri dari masyarakat kelas menengah ke bawah yang beragama Islam dan memiliki anak yang bersekolah di Madrasah Aliyah Hurrasul Aqidah Tarakan, Pegawai Administrasi Sekolah, serta Wali Kelas X. Sedangkan, fokus penelitian adalah manajemen pendidikan Islam dalam lingkungan keluarga para wali siswa. Pertama, masyarakat kelas menengah ke bawah Muslim Tarakan di Madrasah Aliyah Hurrasul Aqidah menganggap manajemen pendidikan Islam dalam keluarga sebagai unsur yang sangat esensial dan memainkan peran sentral dalam mewujudkan gaya hidup Islam yang komprehensif dan membentuk kepribadian anak yang bersentuhan dengan nilai-nilai Islami. Model manajemen pendidikan Islam dalam keluarga di kalangan masyarakat ini melibatkan interaksi yang intensif antara orang tua dan anak, dengan proses pendidikan Islam yang menyeluruh. Kedua, penelitian juga mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi proses manajemen pendidikan Islam dalam keluarga, yang terbagi menjadi dua kategori, yaitu faktor internal, yang meliputi peran orang tua dan karakteristik anak, serta faktor eksternal yang mencakup keluarga non-inti, lingkungan keluarga, masyarakat sekitar, dan ketersediaan fasilitas.

Referensi

Ardi. “Indonesia Darurat Perceraian!” www.merdeka.com, 2016. https://www.merdeka.com/khas/indonesia-darurat-perceraian-tren-perceraian-meningkat-1.html.
Dewi, Annisa Anita. Guru Mata Tombak Pendidikan. Sukabumi: CV Jejak (Jejak Publisher), 2018.
Duryat, H. Masduki. Pendidikan (Islam) Dan Logika Interpretasi: Kebijakan, Problem Dan Interpretasi Pendidikan Di Indonesia. Yogyakarta: K-Media, 2021.
Fahham, Achmad Muchaddam. Pendidikan Pesantren: Pola Pengasuhan, Pembentukan Karakter, Dan Perlindungan Anak. Jakarta: Publica Institute, 2020.
Helmawati. Pendidikan Keluarga. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.
Junaedi, Mahfud. Paradigma Baru Filsafat Pendidikan Islam. Depok: Kencana, 2017.
Kusnandar, Viva Budi. “Sebanyak 115 Juta Masyarakat Indonesia Menuju Kelas Menengah.” Katadata Media Network, 2016. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/09/14/sebanyak-115-juta-masyarakat-indonesia-menuju-kelas-menengah.
Mahmudin, Heru, and Abdul Muhid. “Peran Orang Tua Mendidik Karakter Anak Dalam Islam.” Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam 11, no. 2 (2020): 449–63.
Maunah, Binti. “Stratifikasi Sosial Dan Perjuangan Kelas Dalam Perspektif Sosiologi Pendidikan.” Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 1 (2015): 19–38.
Muhammadiyah, Pimpinan Pusat. “Tanfidz Keputusan Muktamar Muhammadiyah Ke-47,” 2015.
Nurrohmah, and Subiyantoro. “Laporan Penelitian Kecenderungan Pola Perilaku Agresif Dan Eksplosif Remaja (Study Kasus Perilaku Delinkuensi Pelajar Di Yogyakarta, Perspektif Sosio-Religius-Edukatif).” Yogyakarta, 2018.
Riniwati, Harsuko. Manajemen Sumberdaya Manusia: Aktivitas Utama Dan Pengembangan SDM. Malang: Universitas Brawijaya Press, 2016.
Sahuri, Mohammad Sofiyan. “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Di SMP Al Baitul Amien Jember.” Indonesian Journal of Islamic Teaching 5, no. 2 (2022): 205–18.
Sumargo, Bagus. Teknik Sampling. Jakarta: UNJ Press, 2020.
Sumarto. “Peningkatan Aspek Perencanaan Untuk Mewujudkan Sekolah Efektif Dalam Lembaga Pendidikan Islam.” At-Tajdid: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam 3, no. 1 (2019): 85–97.
Warsilah, Henny. “Pembangunan Inklusif Sebagai Upaya Mereduksi Eksklusi Sosial Perkotaan: Kasus Kelompok Marjinal Di Kampung Semanggi, Solo, Jawa Tengah.” Jurnal Masyarakat Dan Budaya 17, no. 2 (2015).
Diterbitkan
2024-05-07