Model Manajerial dan Gaya Kepemimpinan Berbasis STIFin dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Kasus di Yayasan Tahfidz Daarul Mu’minin Nusantara, Cilegon, Banten)

  • muchyi annisa UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Abstrak

Kepemimpinan seorang pemimpin dapat menjadikan mutu pendidikan sekolah menjadi baik atau tidak. Jika menelaah konsep STIFIn dalam menjelaskan kepribadian atau personal genetik manusia sesuai jalurnya, maka mutu pendidikan sekolah atau suatu lembaga dapat dijalankan oleh SDM yang berkualitas sesuai jalur dan kompetensi yang dimiliki. Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana model manajerial dan gaya kepemimpinan berbasis STIFIn dalam meningkatkan mutu pendidikan di Yayasan Daarul Mu’minin Nusantara. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model manajerial dan gaya kepemimpinan berbasis STIFIn dalam meningkatkan mutu pendidikan di Yayasan Daarul Mu’minin Nusantara. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan jenis penelitian kualitatif melalui observasi, wawancara dan dokumentasi serta memadukan dengan penelitian kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model manajerial dan gaya kepemimpinan berbasis STIFIn dalam meningkatkan mutu pendidikan masih belum maksimal dilakukan karena lemahnya fungsi manajemen bagian controlling (pengawasan) yang merupakan bagian penting dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan terkait peningkatan mutu pada proses pembelajaran di Sekolah. Sehingga dapat dinyatakan bahwa kualitas mutu pendidikan Yayasan Daarul Mu’minin Nusantara belum mampu mencapai mutu terbaiknya dengan basis STIFIn.

Referensi

Aliyyah, Rusi Rusmiati, dkk, 2019, Manajemen Lembaga Pendidikan, Jakarta: Polimedia Publishing.

Ariezta, Monde, 2018, Otak Atik Gathuk (Fenomena Numerologi VS STIFIn), Bandung: Kotaklain Publishing.

Arbangi, dkk, 2016, Manajemen Mutu Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Baedowi, Ahmad, 2015, dkk, Manajemen Sekolah Efektif, Jakarta: PT. Pustaka Alvabet.

Busro, Muhammad, 2018, Teori-teori Manajemen Sumber Dayaa Manusia, Jakarta: Prenadamedia Group.

Chaedar, Alwasilah A, 2011, Pokoknya Kualitatif, Jakarta: PT. Dunia Pustaka Jaya.

Danim, Sudarwan, 2007, Visi Baru Manajemen Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas, 2001, Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Sekolah, Buku, Konsep dan Pelakasanaan, Jakarta: Balitbang, Depdiknas.

Institute, STIFIN, 2018, STIFIN Lisensi Promotor, Bekasi: Yayasan STIFIN.

Jamalulel, Habib Ali, 2018, Tesis (Peran Kepemimpinan Karisnatik Kyai dalam Pembentukan Karakter Santri di Pondok Pesantren Darul Muttaqien Kabupaten Bogor, Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Joremo, S Arcaro, 2005, Pendidikan Berbasis Mutu, Prinsip-Prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan, Jakarta: Riene Cipta.

Kompri, 2018, Manajemen dan Kepemimpinan Pondok Pesantren, Jakarta: Prenadamedia Group.

Mintzberg, Henry, 1973, The Nature of Managerial Work, Newyork: Harper & Row Publishers.

Moleong, Lexy J, 2012, Metodelogi Penelitian Kualitatif, cet ke 30, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nawawi, Hadari, dkk, 2012, Kepemimpinan yang Efektif, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

P. Tampubolon, Daulat, 2001, Perguruan Tinggi Bermutu: Paradigma Baru Manajemen Pendidikan Tinggi Menghadapi Tantangan Abad Ke-21, Jakarta: Gramedia Pustaka.

Pendidikan, Nasional Departemen, 1999, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

Poniman, Farid, 2017, STIFIN Personality Peta Kecerdasan dan Jalan Kembali, Bekasi: Yayasan STIFIN.

Poniman, Farid, 2016, 9 Persoanliti Genetik Penjelasan Hasil Tes STIFIn, Bekasi: Yayasan STIFIN.

Poniman, Farid, 2015, Yayan Hidayat, Manajemen HR STIFIn, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Poniman, Farid, dkk, 2014, Kubik Leadership, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Poniman, Farid, dkk, 2010, Menjadi Pemimpin Super, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Poniman, Farid, dkk, 2013, DNA Sukses Mulia, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Poniman, Farid, Rahman Andi, 2013, Konsep Palugada, Jakarta: STIFIn Institute.

Poniman, Farid, 2019, Pancarona, Bekasi: Yayasan STIFIn.

Prasojo, Lantip Diat, 2016, Manajemen Mutu Pendidikan, Yogyakarta: UNY Press.

Qomar, Mujamil, 2015, Dimensi Manajemen Pendidikan Islam, Malang: Emiir.

Rasyid, Pananrangi Andi, 2017, Manajemen Penddikan, Makassar: Celebes Media Perkasa.

Rivai, Veithzal, dkk, 2018, Pemimpin dan Kepemimpinan dalam Oganisasi, Jakarta:PT. Raja Grafindo Persada.

Rohman, Abd, 2017, Dasar-dasar Manajemen, Malang: Inteligensia Media.

Sadiah, Dewi, 2015, Metode Penelitian Dakwah, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sagala, Syaiful, 2018, Pendekatan dan Model Kepemimpinan, Jakarta: Prenadamedia Group (Divisi Kencana).

Saleh, Muwafik, 2016, Komunikasi dalam Kepemimpinan Organisasi, Malang: Universitas Brawijaya Press (UB Press).

Sallis, Edward, 2006, Total Quality Manage,ent in Education, Yogyakarta: Ircidos.

Syaodih, Sukmadinata Nana, 2011, Metodelogi Penelitian Pendidikan, cet ke 7, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Thoha, Miftah, 2020, Kepemimpinan dalam Manajemen, Depok: Rajawali.

Usman, Husaini, 2006, Manajemen Teoti, Praktik dan Riset Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Wijaya, Chandra, Muhammad Rifa’i, 2016, Dasar-dasar Manajemen, Medan: Perdana Publishing.

Wijono, Sutarto, 2018, Kepemimpinan dalam Perspektif Organisasi, Jakarta: Prenadamedia Group.

Winoto, Suhadi, 2020, Dasar-dasar Manajemen Pendidikan, Yogyakarta: Bildung.

Sumber lain:

Burhanuddin. 2016. http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JAP/article/view/2609. Diakses tanggal 08 April 2020.

Fitri Rezeki, "Jurnal”, 2018, http:// prosiding .unirow. ac.id/ index. php/ SNasPPM/ article/view/89. Diakses pada 08 April 2020.

Ikhsan Gunadi, 2016, Pengembangan Model Kepemimpinan Kepala Sekolah Dengan Pendekatan Konsep STIFIn, (online). Diakses pada 12 Maret 2022.

Imron Arifin dan Ikhsan Gunadi, 2018, Pengembangan Kepemimpinan Kepala Sekolah Melalui Metode STIFIn, Jurnal Universitas Negeri Malang. Diakses pada 12 Maret 2022.

Komareyah Sulong, 2017, http://digilib.uin-suka.ac.id/27414/. Diakses pada 05 April 2020.

Nurdin, Diding, 2012, Jurnal Administrasi Pendidikan Vol xiv No 1 April. Diakses pada 21 Agustus 2021.

S, Epsilandri,dan Oktaviani, B, 2022, Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Budaya Organisasi dan Disiplin Kerja terhadap Kepuasan Kerja Karyawan pada KSP CUDharma Prima Kita Yogyakarta, Religion Education Social Laa Roiba Journal, Vol IV, No. 4. Diakses pada 12 Maret 2022.

Siti Asyraini, 2012, Pengukuran Efektivitas Operasionalisasi Manajemen Pada PT. Karya Lestari Medan, , Jurnal InsitusiPoliteknik Ganesha Medan, Vol. V, No.1. Februari. Diakses pada 12 Maret 2022.

Venny Oktaviany dan Indra Halim, 2020, Penerapan Konsep Manajemen Berbasis Genetik pada Peningkatan Kinerja Sekolah Inklus, Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, Vol XI, No. 2. Diakses pada 19 Maret 2022.

Wahyudi Dedi, dkk, 2022, Pengaruh Kepemimpinan, Lingkungan Kerja, dan Fasilitas Kantor Terhadap Kinerja Perangkat Desa. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah Vol 5 No 1. Diakses pada 12 Maret 2022.

Wawancara dengan Nazarudin., Inkubator Partnership STIFIn, Tanggal 01 Januari 2022.

Wawancara dengan H. Ibnu Ruslan, SE., Ketua Yayasan Daarul Mu’minin Nusantara, Tanggal 13 dan 25 Maret 2020.

Wawancara dengan Nurhayati, SE., Kepala Sekolah PAUD Tahfidz Daarul Mu’minin, Tanggal 29 April 2020.

Wawancara dengan Asmaliyah, S.Pd., Kepala Sekolah TKIT Tahfidz Daarul Mu’minin, Tanggal 25 Maret 2020 dan 26 Agustus 2021.

Wawancara dengan Karmilah Ilyas, S.Pd., Kepala Sekolah SDIT Tahfidz Daarul Mu’minin, Tanggal 13, 25 Maret, 21 April 2020 dan 04 Juli 2021

Wawancara dengan Khadijatus Sholihah, S.Pd., Kepala Sekolah SMPIT Tahfidz Daarul Mu’minin, Tanggal 25 Maret 2020, 21 April 2020 dan 07, 10 September 2021.

Wawancara dengan Dewi Kurniasih., Kepala TPQ Daarul Mu’minin, Tanggal 26 Agustus 2021

Wawancara dengan Asmaul Husna., TU SDIT Tahfidz Daarul Mu’minin, Tanggal 22 Maret 2020 dan 28 Agustus 2021.

Wawancara dengan Diah Jundiah dan Umi Humairoh., Pengurus Pondok Pesantren Daarul Mu’minin, Tanggal 28 Agustus 2021 dan 16 Maret 2022.

Diterbitkan
2022-11-15