Mengajar Matematika Berbasis Teori Belajar Konektivisme di Era Teknologi Digital

  • Epi Nurlinda Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Keywords: Mengajar matematika, teori konektivisme, teknologi digital

Abstract

Mengajar Matematika di era teknologi digital menjadi tantangan tersendiri. Siswa dan guru sudah akrab dengan teknologi digital dalam aktivitas sehari-hari. Mendorong siswa menggunakan teknologi digital menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Sekaligus mengurangi ketergantungan siswa terhadap teknologi digital. Teori belajar yang relevan untuk kondisi ini adalah teori belajar konektivisme di mana menurut (Downes, 2008) memuat empat jenis kegiatan belajar berbasis penggunaan teknologi digital yaitu (1) Agregasi, (2) Relasi, (3) Kreasi, dan (4) Sharing. Diharapkan mengajar matematika berbasis teori belajar konektivisme, khususnya di era teknologi digital mejadi solusi bagi semua pihak baik guru, orangtua dan siswa itu sendiri untuk meningkatkan hasil belajar matematika.

 

 

Published
2022-12-19