Efektivitas Media Pohon Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Vokal Bagi Anak Tunarungu (Studi Pada SLB Negeri Panyabungan)

Efektivitas Media Pohon Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Vokal Bagi Anak Tunarungu (Studi Pada SLB Negeri Panyabungan)

  • Kasman
  • Kholidah Nur
Keywords: Efektivitas, Media Pohon Huruf, Tunarungu Ringan

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi penggunaan media pohon huruf untuk meningkatkan kemampuan anak tunarungu mengenal huruf vokal, pada Sekolah Luar biasa Negeri Panyabungan. Kemampuan mengenal huruf vokal maupun konsonan sangat penting bagi setiap orang, begitupun bagi tunarungu. Huruf vokal merupakan huruf yang bunyinya lancer. Vokal adalah bunyi tutur yang terjadi jika udara mengalir dari mulut dengan bebas, tanpa halangan atau gangguan yang berarti merupakan pengertian dari vokal. Mengenal huruf vokal diperlukan semua orang termasuk tunarungu. Mereka semua perlu diajarkan konsep mengenal huruf sehingga diharapkan dapat meningkatkan maupun mengembangkan kemampuan membaca nantinya. Salah satu upaya seorang guru untuk mencapai keberhasilan pembelajaran pengenalan huruf vokaladalah menggunakan media pohon huruf.

References

Atmaja, J. R. Pendidikan dan Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus. 2019. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Aluh, R. Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Vokal Melalui Media Pohon Huruf Pada Anak Usia 3-4 Tahun di Kelompok Bermain Stroberi Restu 1 Malang. 2019. Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1 No 2.
Anggraini, Y. Penerapan Media Power Point Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Vokal Bagi Anak Tunarungu (Ssr di Kelas 1 SLB Luak Nan Bungsu).2012. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, Vol 1 No 1.
Damri, C. Meningkatkan Kosa Kata Benda Melalui Media Pop up Bagi Siswa Tunarungu Kelas 1 di SLB Luak Nan Bungsu Payakumbuh. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus.2019, Vol 7 No 1.
Hildayani, R. Penanganan Anak Berkelainan, 2006, Jakarta: Universitas Terbuka
Imas Diana Aprilia. Modul Guru Pembelajar SLB Tunarungu. 2016. Bandung: Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan.
Irwanto, F., Iswari, M., & Efrina, E. Efektivitas Metode Maternal Reflektif dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Tunarungu. 2018.
Irda Murni, S. Efektivitas Media Power Point dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Konsonan Pada Anak Tunagrahita Sedang. 2019. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus, 7 No 1.
Mega, Kasiyati. Meningkatkan Perbendeharaan Kata Melalui Media Kata Bergambar Bagi Anak Tunarungu. 2018. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, Vol II
Sundayana, R. Media dan Alat Peraga dalam Pemebalajaran Matematika. 2015. Bandung: Alfabeta..
Sumekar, G.Anak Berkebutuhan Khusus Cara Membantu Mereka Agar berhasil dalam Pendidikan Inklusif. 2009. Padang: UNP Press.
Sumekar, G.Anak berkebutuhan khusus.2009. Padang: UNP Press.
R. Ganda Soebrata, Penuntun Laboratorium Klinik, 2009, Jakarta: Dian Rakyat.
Sunanto,Takeuchi & Nakata. Pengantar penelitian dengan subjek tunggal. Universitas terbuka 2005.
Published
2022-12-20