POLA ASUH ORANGTUA KELOMPOK MARGINAL DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK DI JEMBES PADANG PANJANG

POLA ASUH ORANGTUA KELOMPOK MARGINAL DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK DI JEMBES PADANG PANJANG

  • Mega lestari stit diniyyah puteri
  • Narti
Keywords: Pola Asuh, kelompok marginal, karakter anak

Abstract

Pola asuh yang tepat dari orang tua  akan menumbuhkan anak yang cerdas dan bijak dalam bertindak, berpikir dan berbicara. Sebab pola asuh berbanding lurus dengan karakter yang  akan lahir dari dalam diri anak lainnya. Fenomena yang terjadi di Gang Sempit Jembatan Besi (Jembes) Kecamatan Padang Panjang Barat yaitu orang tua yang kurang memperdulikan Pendidikan anak khususnya pendidikan karakter bagi anak. Kemiskinan masih memiliki efek negatif yang signifikan terhadap penyelesaian Pendidikan , termasuk pendidikan pengasuhan anak sejak dini. Pada penelitian ini dilakukan studi terhadap satu individu atau lebih untuk mendapatkan data tentang sejarah perjalanan dalam kehidupannya. Tujuannya adalah untuk mengetahui pola pengasuhan kelompok marginal dalam membentuk karakter anak di Gang sempit Padangpanjang Barat. Jenis  penelitian ini  adalah penelitian kualitatif narrative research yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati. Hasilnya Pendidikan karakter untuk anak masih bisa terlaksana dan dibimbing oleh orang tua pada kelompok marginakmelalui perhatian yang diberikan orang tua kepada anak. Perhatian ini berupa menyediakan makanan, minuman, memandikan dan merapikan anak. Melalui interaksi dengan gaya ibu yang menyerahkan sepenuhnya kepada anak, anak bisa berfikir lebih kritis atas tindakan yang akan dilakukannya.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Eksiklopedi Indonesia, Edisi Khusus.
Ign Dadut Setiadi, Drs. M.M. 2018. Komunikasi Kaum Marginal. UNIKA.
Karmila, Mila. Dkk. Pengaruh Pola Asuh Terhadap Sosial Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 3. No. 2 November 2019.
Kasiram, Moh. 2010. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: UIN Maliki Press.
Megawati, Firda Mustika. 2020. Edukasi Parenting Terhadap Kaum Marginal Kota (Studi Di Paud Gajah Wong Ledok Timoho Yogyakarta). SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme Vol. 2, No. 2, September 2020
Musdalipa, Musdalipa. (2020). Pola Asuh Orang Tua Tunggal Terhadap Penanaman Nilai Moral Pada Anak Remaja di Kecamatan Mattirobulu Kabupaten Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare. http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2020
Muslima. Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecerdasan Finansial Anak. International Journal Of Child And Gender Studies. Vol. 1. No. 1 Maret 2015.
Putra, Alpiansyah. (2020). Pola Asuh Orang Tua Dalam Menanamkan Minat Baca Al-Qur’an Anak Di Desa Kota Agung Kecamatan Air Besi Kabupaten Bengkulu Utara. Other thesis, IAIN BENGKULU. http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/4413
Rahmawati, R. S. N., Rahmaningtyas, I., & Setyarini, A. I. (2019). EDUKASI TERSTRUKTUR DAN PEMBERDAYAAN ANAK JALANAN. Jurnal IDAMAN (Induk Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan), 3(1), 51–56. https://doi.org/10.31290/j.idaman.v(3)i(1)y(2019).page:51-56
Ramayulis. 2013. Psikologi Agama. Jakarta: Kalam Mulia.
Published
2022-12-26