MENINGKATKAN KECERDASAN LINGUISTIK ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN BERMAIN PERAN DI RA AL-HUDA DESA MEKAR SAWIT KAB. LANGKAT

MENINGKATKAN KECERDASAN LINGUISTIK ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN BERMAIN PERAN DI RA AL-HUDA DESA MEKAR SAWIT KAB. LANGKAT

  • Nun Zarina
  • Nur asrima
  • Wardah Arsidah Pulungan
  • Azriasih Putri
  • Rantika wulandari mahasiswa
  • Azriasih Putri
Keywords: Role Playing, Linguistic Intelligence, Early Childhood

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect in depth and examine the relationship between role playing and the development of linguistic intelligence in early childhood at RA Al-Huda. This research was conducted using a descriptive method using a qualitative approach. The results of this study indicate: 1) role playing is a method that is widely used and is considered capable of developing children's linguistic intelligence because it will stimulate empathy and understand and appreciate whatever professions do other people, 2) teachers have a big role in assisting children to help shape children's character through role-playing activities, and 3) linguistic intelligence can develop better if the right methods are continuously applied. After conducting the research, the researchers concluded that role playing for early childhood can affect intelligence, especially linguistic intelligence for early childhood

References

Annaas Budi S. 2017. Hubungan antara Berat Bayi Lahir Rendah dengan TUmbuh Kembang Anak Usia Dini. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Samarinda. 3(2). 83-91.
Asmawati, Luluk, dkk. 2011. Pengelolaan Kegiatan Pengembangan Anak Usia DIni. Jakarta: Universitas Terbuka.
Gunansyah, Ganes. 2010. Orientasi Penyelenggaraan Pendidikan Dasar Berbasis Pendidikan Karakter.
Hartati S. 2005. Perkembangan Belajar Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas. Hal. 124.
Hidayat A.A. 2010. Pengantar Ilmu Kesehatan Anak untuk Pendidikan Kebidanan. Jakarta. Salemba Medika.
Khalifah, Mahmud dan Muhammad Qutub. 2016. Menjadi Guru Inspiratif.
Sukoharjo: Mu’asasah Iqra’.
Kurniawaty, Aries Susanty. 2011. Pengembangan Karakter Anak Usia Dini di Lembaga PAUD. Jakarta: Litbang RA Istiqlal.
Lukman, A. 2017. Perkembangan Kecerdasan Linguistik dan Interpersonal Anak Usia Dini Melalui Bermain Peran. Jurnal Parameter. 29(1), 1- 10.
Masitoh dkk. 2005. Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: Universitas Terbuka.
Melda. 2020. Pelaksanaan Metode Keterampilan Berbicara Anak untuk Meningkatkan Kecerdasan Linguistik Verbal di TPA/Kober Permata Bunda Kota Bengkulu. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Tadris. IAIN Bengkulu. 1-93.
Moeslichtoen. 2004. Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Rineka Cipta.
Nana, Sudjana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya. Hal. 84.
Nurmay, Q. 2020. Implementasi Metode Bermain Peran Terhadap Kemampuan Bahasa Anak di RA AR-ROHMAH Pekukuhan Mojosari Mojokerto. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Dakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Malang. Hal. 42.
Shapiro, L. E. 2001. Menjarkan Emotional Intelligence pada Anak. Jakarta: Gramedia Pustaka.
Subana. 2011. Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: Pustaka Setia.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta CV.
Suyanto, Slamet. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini.
Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional RI.
Sadulloh, Uyoh dkk. 2011. Pedagogik (Ilmu Mendidik). Bandung: Alfabeta. Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung:
Remaja Rosdakarya. Hal. 136.
Tedjasaputra, M. S. 2001. Bermain, Mainan dan Permainan, untuk Pendidikan Usia Dini. Jakarta: Grasindo.
Wulan Roviani, S. 2018. Peranan Guru Mengembangkan Kecerdasan Linguistik Anak Usia 5-6 Tahun di TK Islamiyah Pontianak Tenggara. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini FKIP Universitas TanjungPura. Pontianak. Artikel Penelitian. 1-10.
Yusuf, Syamsu. 2010. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja.
Bandung: Remaja Rosdakarya.
Published
2022-12-20