OBJEK EVALUASI HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANALISIS TAKSONOMI BLOOM (KOGNITIF, AFEKTIF, PSIKOMOTORIK)

  • Rizky Pratama Putra Institut Islam Mambaul’Ulum Surakarta
Keywords: Belajar, Pendidikan, Bloom, evaluasi

Abstract

Ranah kognitif, afektif dan psikomotorik sebagai objek  dalam mengevaluasi hasil belajar pendidikan agama islam. Penelitian ini merupakan penelitian literatur dengan metode pengumpulan data dokumenter dan analisis mengunakan analisis konten. Hasil penelitian menyatakan:  Evaluasi hasil belajar PAI analisis Benjamin S. Bloom bahwa hasil belajar dapat dikelompokan ke dalam tiga domain yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik. Ranah kognitif Adalah ranah yang mencakup kegiatan mental (otak). Secara hirarkhi tingkat hasil belajar kognitif mulai dari yang paling rendah dan sederhana sampai yang tinggi dan rumit. Ranah kognitif ini dibagi menjadi enam antara lain: pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis dan evaluasi. Ranah afektif Adalah internalisasi sikap yang menunjukan kearah pertumbuhan batiniyah dan terjadi bila peserta didik sadar tentang nilai yang diterima kemudian mengambil sikap sehingga menjadi bagian dari dirinya dalam membentuk nilai dan menetukan tingkah laku. Ranah psikomotorik adalah ranah yang berkaitan dengan keterampilan (skill) atau kemampuan bertindak setelah seseorang menerima pengalaman belajar tertentu. Objek evaluasi hasil belajar PAI yaitu semua sasaran evaluasi yang meliputi aspek kemampuan (ranah psikomotorik) , aspek kepribadian (ranah kognitif), aspek sikap (ranah afektif ). Subjek evaluasi hasil belajar PAI adalah pelaku evaluasi seperti guru, kepala sekolah ataupun dosen ruang lingkup evaluasi hasil belajar  yaitu domain hasil belajar, sistem pembelajaran, proses dan hasil belajar, serta kompetensi.

References

Anderson, L. . Dan D. R. K. (2010). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, Dan Assesmen. Pustaka Pelajar.

Anshori, I. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter Di Madrasah. Halaqa: Islamic Education Journal, 1(2), 63–74. Https://Doi.Org/10.21070/Halaqa.V1i2.1243

Djazari, M., & Sagoro, E. M. (2011). Evaluasi Prestasi Belajar Mahasiswa Program Kelanjutan Studi Jurusan Pendidikan Akuntansi Ditinjau Dari Ipk D3 Dan Asal Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 9(2), 103–112. Https://Doi.Org/10.21831/Jpai.V9i2.970

Fauzi, A., & Inayati, N. L. (2023). Implementasi Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Al Islam Di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 272–283. Https://Doi.Org/10.31538/Munaddhomah.V4i2.438

Hafsah Dkk. (2021). Desain Evaluasi Ranah Afektif Dalam Mata Pelajaran Ppkn Di Smp Negeri 8 Makassar. Phinisi Integration Review, 2(1), 190–200.

Ibrahim, N. (2012). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Blended Learning Dan Motivasi Berprestasi Siswa. Perspektif Ilmu Pendidikan, 26(Xvii), 95–102. Https://Doi.Org/10.21009/Pip.262.1

Idrus L. (2019). Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran. Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran, 2, 920–935.

Ilyas, A. (2012). Penilaian Kognitif Afektif Dan Psikomotor Dalam Pembelajaran (Pedoman Praktis Bagi Guru Dan Mahasiswa). Stain Batusangkar Press.

Isa Anshori Dan Imam Bawani. (1991). Cendekiawan Muslim Dalam Persepektif Pendidikan Islam. Bina Ilmu.

Magdalena, I., Ridwanita, A., & Aulia, B. (2020). Evaluasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 2(1), 117–127. Https://Ejournal.Stitpn.Ac.Id/Index.Php/Pandawa

Munthe, A. P. (2015). Pentingya Evaluasi Program Di Institusi Pendidikan: Sebuah Pengantar, Pengertian, Tujuan Dan Manfaat. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 1. Https://Doi.Org/10.24246/J.Scholaria.2015.V5.I2.P1-14

Nurbuana, Fitriana, S. S. (2021). Teknik Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Matakuliah Pai Berbasis Online Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Universitas Sriwijaya.Pdf. International Education Conference (Iec), 1(1).

Putri, H., Susiani, D., Wandani, N. S., & Putri, F. A. (2022). Instrumen Penilaian Hasil Pembelajaran Kognitif Pada Tes Uraian Dan Tes Objektif. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(2), 139–148. Https://Doi.Org/10.36232/Jurnalpendidikandasar.V4i2.2649

Rahma Gusti, A., Afriansari, Y., Verta Sari, D., & Walid, A. (2020). Diffraction: Journal For Physics Education And Applied Physics Penilaian Afektif Pembelajaran Daring Ipa Terpadu Dengan Menggunakan Media Whatsapp. Diffraction: Journal For Physics Education And Applied Physics, 2(2), 65–73. Http://Jurnal.Unsil.Ac.Id/Index.Php/Diffraction

Rohmatun, H., & Rasyid, A. (2022). Model Pembelajaran Sets (Science, Environment, Technologi, Society) Berbantuan Media Video Terhadap Pemaham Konsep Siswa. Seminar Nasional Pendidikan, 4, 118–125. Https://Prosiding.Unma.Ac.Id/Index.Php/Semnasfkip/Article/View/789

Sudiana, I. N. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (Gi) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ppkn. Jurnal Nalar : Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 26–35. Https://Doi.Org/10.52232/Jnalar.V2i1.25

Published
2024-07-30
How to Cite
Pratama Putra, R. (2024). OBJEK EVALUASI HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANALISIS TAKSONOMI BLOOM (KOGNITIF, AFEKTIF, PSIKOMOTORIK). Edu Global : Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 18-26. https://doi.org/10.56874/eduglobal.v5i1.1590