EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA VISUAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP SISWA SMA NEGERI 4 KOTA SUNGAI PENUH
Abstract
Pendidikan merupakan keharusan bagi setiap manusia, karena pendidikan merupakan akar dari peradaban sebuah bangsa. Pendidikan sekarang telah menjadi kebutuhan pokok yang harus dimiliki setiap orang agar dapat menjawab tantangan kehidupan. Pendidikan pada dasarnya merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia. Dari mulai lahir (sejak dari buaian), manusia senantiasa belajar yang terjadi di sekitarnya, hingga manusia lanjut usia bahkan meninggal dunia. Media pembelajaran merupakan salah satu komponen yang tidak diabaikan dalam mengembangkan sistem pengajaran yang sukses. bahan pengajaran yang di manipulasikan dalam bentuk media pembelajaran menjadikan belajar sambil bermain dan bekerja dengan digunakannya suatu media pembelajaran dalam belajar akan lebih menyenangkan siswa dan sudah tentu pengajaran akan benar-benar bermakna. Visual dapat menyuguhkan elaborasi yang menarik tentang struktur atau organisasi suatu hal, sehingga juga memperkuat ingatan. Media visual dapat menumbuhkan minat siswa dan memperjelas hubungan antara isi materi pembelajaran dengan dunia nyata. SMAN 4 Sungai Penuh merupakan salah satu lembaga pendidikan di kota sungai penuh, keunggulan SMAN 4 Sungai Penuh ini karena dilihat dari banyaknya prestasi yang diperoleh siswa, sarana dan prasarananya yang memadai serta jumlah siswa yang begitu banyak baik minat masuk maupun output yang dihasilkan. Artikel ini memaparkan bagaimana keefektifan penggunaan media visual di SMA Negeri 4 Sungai Penuh. Penggunaan media visual sendiri terbukti mampu meningkatkan pemahaman peserta didik materi atau pelajaran yang diberikan serta mampu memecahkan masalah secara kolektif. Artikel ini ditulis dengan Metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Responden pada penelitian ini adalah 32 peserta didik di Kelas X B SMA Negeri 4 Sungai Penuh. Data dianalisis dengan teknik kualitatif. Berdasarkan hasil kuisioner, 61 % responden menyatakan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media visual cukup efektif.
References
Arifin. Hubungan Timbal Balik Pendidikan Agama Di Lingkungan Sekolah Dan Keluarga. Jakarta: Bulan Bintang.
Arifin, M. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta : Bumi Aksara. 2000.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Ilmia. Suatu Pendekatan Praktek. Ed. II, Cet. IX. Jakarta. Reneka Cipta.
Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran Cet. 3. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2002.
Cholid Narbuku dan Abu Ahmadi, Metode penelitian. Jakarta: Bumi Aksara. Djamarah, Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Darajat, Zakiyah Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta : Bumi Aksara.
Lilis Puspitawati dan Sri Dewi Anggadini. 2010. Sistem Informasi Akuntansi.Edisi 1.Bandung Graha Ilmu.
Marcus Heidmann.2008. The Role of Management Accounting Systems in Strategic Sensemaking.DeutcherUniversitatsVerlag: Germany.
Moch, N.2011. Metode Peneitian. Bogor: Ghalia Indonesia. oleh Ibrahim & Suardiman (2014)
Copyright (c) 2024 Soffia Sintiya, Renny Aprianita, Rifana Listri Yanti, Zahratul Nur Fadhila, Netra Oktapia, Wela Listari, Fifin Alya Fitri, Eline Yanty Putri Nasution
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.