EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA VISUAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP SISWA SMA NEGERI 4 KOTA SUNGAI PENUH

  • Soffia Sintiya IAIN Kerinci
  • Renny Aprianita IAIN Kerinci
  • Rifana Listri Yanti IAIN Kerinci
  • Zahratul Nur Fadhila IAIN Kerinci
  • Netra Oktapia IAIN Kerinci
  • Wela Listari IAIN Kerinci
  • Fifin Alya Fitri IAIN Kerinci
  • Eline Yanty Putri Nasution IAIN Kerinci
Keywords: Efektif, Media Visual, SMA Negeri 4 Sungai Penuh

Abstract

Pendidikan merupakan keharusan bagi setiap manusia, karena pendidikan merupakan akar dari peradaban sebuah bangsa. Pendidikan sekarang telah menjadi kebutuhan pokok yang harus dimiliki setiap orang agar dapat menjawab tantangan kehidupan. Pendidikan pada dasarnya merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia. Dari mulai lahir (sejak dari buaian), manusia senantiasa belajar yang terjadi di sekitarnya, hingga manusia lanjut usia bahkan meninggal dunia. Media pembelajaran merupakan salah satu komponen yang tidak diabaikan dalam mengembangkan sistem pengajaran yang sukses. bahan pengajaran yang di manipulasikan dalam bentuk media pembelajaran menjadikan belajar sambil bermain dan bekerja dengan digunakannya suatu media pembelajaran dalam belajar akan lebih menyenangkan siswa dan sudah tentu pengajaran akan benar-benar bermakna. Visual dapat menyuguhkan elaborasi yang menarik tentang struktur atau organisasi suatu hal, sehingga juga memperkuat ingatan. Media visual dapat menumbuhkan minat siswa dan memperjelas hubungan antara isi materi pembelajaran dengan dunia nyata. SMAN 4 Sungai Penuh merupakan salah satu lembaga pendidikan di kota sungai penuh, keunggulan SMAN 4 Sungai Penuh ini karena dilihat dari banyaknya prestasi yang diperoleh siswa, sarana dan prasarananya yang memadai serta jumlah siswa yang begitu banyak baik minat masuk maupun output yang dihasilkan. Artikel ini memaparkan bagaimana keefektifan penggunaan media visual di SMA Negeri 4 Sungai Penuh. Penggunaan media visual sendiri terbukti mampu meningkatkan pemahaman peserta didik materi atau pelajaran yang diberikan serta mampu memecahkan masalah secara kolektif. Artikel ini ditulis dengan Metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Responden pada penelitian ini adalah 32 peserta didik di Kelas X B SMA Negeri 4 Sungai Penuh. Data dianalisis dengan teknik kualitatif. Berdasarkan hasil kuisioner, 61 % responden menyatakan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media visual cukup efektif.

Author Biographies

Soffia Sintiya, IAIN Kerinci

prodi pendidikan agama islam, fakultas tarbiyah dan ilmu keguruan

Renny Aprianita, IAIN Kerinci

prodi pendidikan agama islam, fakultas tarbiyah dan ilmu keguruan

Rifana Listri Yanti, IAIN Kerinci

prodi pendidikan agama islam, fakultas tarbiyah dan ilmu keguruan

Zahratul Nur Fadhila, IAIN Kerinci

prodi pendidikan agama islam, fakultas tarbiyah dan ilmu keguruan

Netra Oktapia, IAIN Kerinci

prodi pendidikan agama islam, fakultas tarbiyah dan ilmu keguruan

Wela Listari, IAIN Kerinci

prodi pendidikan agama islam, fakultas tarbiyah dan ilmu keguruan

Fifin Alya Fitri, IAIN Kerinci

prodi pendidikan agama islam, fakultas tarbiyah dan ilmu keguruan

Eline Yanty Putri Nasution, IAIN Kerinci

prodi tadris matematika, fakultas tarbiyah dan ilmu keguruan

References

Arifin. Hubungan Timbal Balik Pendidikan Agama Di Lingkungan Sekolah Dan Keluarga. Jakarta: Bulan Bintang.

Arifin, M. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta : Bumi Aksara. 2000.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Ilmia. Suatu Pendekatan Praktek. Ed. II, Cet. IX. Jakarta. Reneka Cipta.

Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran Cet. 3. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2002.

Cholid Narbuku dan Abu Ahmadi, Metode penelitian. Jakarta: Bumi Aksara. Djamarah, Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Darajat, Zakiyah Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta : Bumi Aksara.

Lilis Puspitawati dan Sri Dewi Anggadini. 2010. Sistem Informasi Akuntansi.Edisi 1.Bandung Graha Ilmu.

Marcus Heidmann.2008. The Role of Management Accounting Systems in Strategic Sensemaking.DeutcherUniversitatsVerlag: Germany.

Moch, N.2011. Metode Peneitian. Bogor: Ghalia Indonesia. oleh Ibrahim & Suardiman (2014)

Published
2024-07-30
How to Cite
Sintiya, S., Aprianita, R., Listri Yanti, R., Nur Fadhila, Z., Oktapia, N., Listari, W., Alya Fitri, F., & Yanty Putri Nasution, E. (2024). EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA VISUAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP SISWA SMA NEGERI 4 KOTA SUNGAI PENUH. Edu Global : Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 9-17. https://doi.org/10.56874/eduglobal.v5i1.1595