PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM IMPLEMENTASI PROGRAM GA3 (GERAKAN ASAH, ASIH, ASUH) PADA PENGEMBANGAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 5 SIDOARJO

  • Rochilah Ilmil Hikmah Rochil Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Keywords: Role of PAI teachers, GA3 Program, Student Discipline

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan yakni untuk mengetahui bagaimana implementasi program GA3 serta peran dari guru PAI dalam potensi mencapai tujuan dari program GA3 pada pengembangan kedisiplinan peserta didik di SMPN 5 Sidoarjo. Pada penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang mana data akan diperoleh dari hasil observasi, wawancara, serta dokumentasi dengan menggunakan metode keabsahan data yakni cara triangulasi melalui proses data reduction (Reduksi data), data display (Penyajian data) dan verification/conclusion drawing (Verifikasi/penarikan kesimpulan). Hasil dari penelitian telah menunjukkan bahwa terdapat beberapa tahap yang dilalui dalam proses implementasi program GA3, diantaranya yakni rancangan (merancang program kegiatan), persetujuan (validasi program ke guru pendamping), aksi (penerapan program kegiatan), unggah (merekam atau mengabadikan kegiatan diupload pada aplikasi sekolah), goal (program sukses dan bermanfaat), reward (pemberian penghargaan pada kelompok yang memperoleh poin tertinggi). Dengan adanya poin tersebut mampu meningkatkan jiwa kedisiplinan pada siswa, sebab secara tidak langsung peserta didik merasa terdorong untuk senantiasa mematuhi peraturan sekolah terutama juga kegiatan yang berkaitan dengan keagamaan dengan sebaik-sebaiknya, selain itu peserta didik juga mampu menerapkan tutor sebaya dan saling mengasihi satu sama lain tidak pandang jenjang kelas yang ia posisikan. Dalam hal inilah guru memiliki peran penting terutama guru mata pelajaran PAI, sebab guru PAI memiliki peran untuk memberikan pembelajaran yang berhubungan dengan makna kedisiplinan serta pembentukan akhlak yang baik terhadap peserta didik. Kata Kunci: Peran Guru PAI, Program GA3, Kedisiplinan Peserta Didik

References

Creswell, J. W. (2010). Research design pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dalima, R., Andale, Y. A., & Dune, P. (2023). Peran Guru Dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas IX SMP Negeri Kewapante, Kabupaten Sikka. Educare : Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1). https://doi.org/10.56393/educare.v3i1.1175

Fitri Ghina Lubis, Anggita Deswina Putri, Rezaldy Azhary Irvan, & Nurul Zahriani Jf. (2022). Guru Profesional Sebagai Komunikator dan Fasilitator Pembelajaran Bagi Siswa. Cendekiawan : Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 1(1). https://doi.org/10.61253/cendekiawan.v1i1.25

Megawati, M., Hasmiati, H., & Nurjannah, N. (2022). HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN KELUARGA DAN KEPATUHAN SISWA DALAM MELAKSANAKAN TATA TERTIB DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL IHSAN LAIYA. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 7(1). https://doi.org/10.47435/jpdk.v7i1.812

Parandika, R. W., Muhtarom, M., & Sutrisno, S. (2019). Analisis Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa pada Proses Pembelajaran Matematika Kelas XI SMK Palebon Semarang. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(6). https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i6.4866

Ramdhani, D. A., Nashrullah, E. Y., Rahmah, I. F., Khoerunnisa, S. F., & Nursahandi, Z. (2022). Problematika Guru PAI dalam Mengembangkan Akhlak Siswa. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(3). https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2878

Respati, W. S. (2011). Perbedaan Kecerdasan Emosional Ditinjau Dari Persepsi Penerapan Disiplin Orangtua Pada Mahasiswa Uieu. Jurnal Psikologi Esa Unggul, 9(01).

Rochmiyati, S., Supriadi, D., Irfan, M., Lestari, D. P., Indah Sari, N. H., Kusumadewi, V., Prayogi, I. E., & Wibowo, K. A. (2022). IMPLEMENTASI ASAH-ASIH-ASUH DALAM PENGELOLAAN KEGIATAN MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM). JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 11(1). https://doi.org/10.37081/ed.v11i1.4430

Shervaneela Devinta, & Agus Budi Santosa. (2022). Pengaruh Kompetensi Profesional Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Dengan Gaya Kepemimpinan Transformasional Sebagai Moderasi. E-Bisnis : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 15(2), 294–303. https://doi.org/10.51903/e-bisnis.v15i2.840

subaidi, J. (2011). Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Melaksanakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. DOAJ (DOAJ: Directory of Open Access Journals). https://doi.org/10.21154/kodifikasia.v5i1.757

Taufik, A., & Hidayat, N. (2021). Disiplin Siswa Perspektif Pendidikan Islam. An-Nuur, 11(2). https://doi.org/10.58403/annuur.v11i2.62

Wasilah, Faisal, & I, A. (2023). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Islam: Menanamkan Nilai-Nilai Keislaman Pada Anak-Anak Zaman Now. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(4).

Published
2024-07-30
How to Cite
Rochil, R. I. H. (2024). PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM IMPLEMENTASI PROGRAM GA3 (GERAKAN ASAH, ASIH, ASUH) PADA PENGEMBANGAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 5 SIDOARJO . Edu Global : Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 43-50. https://doi.org/10.56874/eduglobal.v5i1.1720