Video Animasi Sebagai Strategi Dakwah Analisis Peluang Dan Tantangan di Era Digital
Abstract
Di era digital saat ini, video animasi menjadi salah satu yang sangat diminati, bahkan kini kalangan generasi muda khususnya lebih tertarik belajar agama melalui media sosial dibanding datang ke masjid. Sehingga video animasi yang berisikan dakwah dan ajaran agama memiliki karakteristik yang sangat menarik, fleksibel dan mudah dipahami bagi generasi muda. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peluang dan tantangan, serta strategi video animasi sebagai media dakwah digital yang efektif. Metode penelitian yang di gunakan adalah kualitatif, dengan metode observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi. Hasil peneltian ini menunjukan bahwa video animasi menjadi media dakwah digital yang sangat diminati dan efektif karena dengan visual dan audio yang ditampilkan dapat mentranformasikan pengetahuan keagamaan kepada khalayak sesuai masyarakat butuhkan selain sebagai hiburan juga terkandung isi dakwah didalam nya. Strategi dakwah yang digunakan dengan konten yang menarik, bahkan menampilkan animasi yang kreatif serta menggunakan media sesuai target dengan design animasi bagus dan judul yang tepat menarik pembaca untuk menontonya
- All articles published in Al Manaj: Jurnal Manajemen Dakwah are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA) license. This means anyone is free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided they give appropriate attribution to the original author(s) and Al Manaj: Jurnal Manajemen Dakwah, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to Al Manaj: Jurnal Manajemen Dakwah to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- Although the conditions of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA) license do not apply to authors (as the copyright holder of your article, you have no restrictions on your rights), by submitting to Al Manaj: Jurnal Manajemen Dakwah, authors recognize the rights of readers and must grant any third party the right to use their articles to the extent provided by the license.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.