ANALISIS STRATEGI PERUBAHAN DAN PENGEMBANGAN LEMBAGA DAKWAH ISLAM DI ERA DIGITAL: PENDEKATAN STUDI PUSTAKA
Abstract
Era digital menjadi tantangan yang kompleks bagi lembaga dakwah, untuk itu perlu adanya strategi untuk menerapkan perubahan dan pengembangan. Studi ini secara focus membahas tentang analisis strategi perubahan dan pengembmangan lembaga dakwah di era digital. Untuk mengungkat tujuan tersebut maka penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka. proses pengumpulan data dilakukan melalui buku, artikel, jurnal, majalah, berita serta dokumen terkait dengan tema yang diangat dalam penelitian. Berdasarkan hasil penelitian maka ditemukan beberapa strategi yang dapat dilakukan oleh lembaga dakwah di era digital. Pertama memproduksi konten yang bermanfaat, membuat konten yang menarik dengan kemasan yang tepat, menyesuaikan dakwah dengan situasi yang sedang berlangsung, dan membangun sinergi antar komunitas atau ormas untuk menghasilkan juru dakwah yang berstandar.
References
Annisa, Nur, Tri Handayani, Haki Algifari Jama, Universitas Islam, Negeri Syarif, Hidayatullah Jakarta, and Universitas Muhammdiyah Jakarta. “Perkembangan Teknologi Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Lembaga Dakwah ( Studi Pada Lembaga Dakwah NU Dan Muhammadiyah ),” no. 6 (2024): 247.
Efendi, Erwan, Maulana Adzi Fatin, and Nur Fadilla Sari. “Daya Tarik Media Digital Sebagai Media Dakwah Untuk Generasi Milenial.” VISA: Journal of Vision and Ideas 3, no. 3 (2023).
Fadilah, Nurul Fadilah. “Peran Lembaga Dakwah Dalam Mengembangkan Potensi Mahasiswa Di Jurusan Manajemen Dakwah.” Mudabbir: Jurnal Manajemen Dakwah 3, no. 2 (2022): 392.
Faizin Muhammad. “Empat Strategi Dakwah Di Era Digital Menurut Lembaga Dakwah PBNU.” Nuonline, 2022. https://www.nu.or.id/nasional/empat-strategi-dakwah-di-era-digital-menurut-lembaga-dakwah-pbnu-tLTJ4.
Fajri, Azka Husna, Universitas Pembangunan Nasional, and Jawa Timur. “Penggunaan Internet Sebagai Media Baru Dalam Dakwah: Peluang Dan Tantangan Di Era Digital” 02, no. 02 (2024): 76.
Fatmasari, Lutfi, Ahmad Nurcholis, and Bobby Rachman Santoso. “Strategi Dakwah Multimedia Nahdlatul Ulama Melalui Instagram @Nuonline_Id.” Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman 7, no. 1 (2021): 122–23.
Muhamad, Nabilah. “Mayoritas Penduduk Indonesia Beragama Islam Pada Semester I 2024,” 2024. https://doi.org/.
Mutmainah, Mutmainah. “Memanfaatkan ‘Podcast’ Sebagai Strategi Dakwah Di Era Disrupsi : Analisis Peluang Dan Tantangan.” Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP) 6, no. 4 (2023): 2234.
Nadhira, D F, E Muslimin, and ... “Strategi Pengembangan Desain Komunikasi Visual Sebagai Media Dakwah Oleh Akhwat Creative Project (Acp).” Jurnal Ilmiah Hospitality 11, no. 2 (2022): 497–98.
Nikmah, Faridhatun. “Digitalisasi Dan Tantangan Dakwah Di Era Digital.” Muẚṣarah: Jurnal Kajian Islam Kontemporer Vol. 2 (2020): 49.
Perdana, Ridha Kusuma. “Data Jumlah Penduduk Indonesia Menurut Agama Pada 2024.” Dataindonesia.id, 2024. https://doi.org/diakses pada 10 mei 2025.
Rani, Samsul. “Transformasi Komunikasi Dakwah Dalam Era Digital: Peluang Dan Tantangan Dalam Pendidikan Islam Kontemporer.” AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584) 4, no. 1 (2023): 211.
Rika Widianita et.al. “Dakwah Di Era Digital: Tantangan Sosiologis Dan Solusinya.” AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam Vol 15, no. I (2023): 134.
Rumata, Fathurrrahman ’Arif, Muh. Iqbal, and Asman Asman. “Dakwah Digital Sebagai Sarana Peningkatan Pemahaman Moderasi Beragama Dikalangan Pemuda.” Jurnal Ilmu Dakwah 41, no. 2 (2021): 172–83.
Salim, Nur, and Castrawijaya Cecep. “Kepemimpinan Dalam Perubahan Manajemen SDM Lembaga Dakwah (Studi Kasus: Pondok Pesantren Madinatul Qur’an).” Journal of Islamic Management 3, no. 2 (2023): 89.
Siregar, Awaluddin, and Abdul Rasyid. “Pemanfaatan Media Sosial Dalam Membangun Brand Image Lembaga Dakwah Kampus Al-Izzah UINSU.” Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal 6, no. 1 (2023): 728–29.
Sugiharto, Hafizoh, and Ilham Muhamad Nabil. Pengantar Manajemen Lembaga&Organisasi Dakwah. Yogyakarta: Deepublish Digital, 2025.
Syarofah, Alinda, Yazida Ichsan, Pathur Rahman, Hening Kusumaningrum, and Siti Nafiah. “Dakwah Muhammadiyah Di-Era Digital Bagi Kalangan Milenial.” Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah Dan Kemasyarakatan 25, no. 1 (2021): 49–50.
Syuhudi, Irfan, Muhamad Zen, and Fatmawati. “Optimalisasi Manajemen Dakwah Pada Era Digital Oleh Lembaga DakwahPengurus Besar Nahdatul Ulama” Volume 6, (2024): 10.
Tri Wahyuni Pebriawati. “Etika Komunikasi Islam Dalam Dakwah Koh Dennis Lim Di MediaSosial Tiktok.” AL-INSAN Vol 3 (2023): 51–53.
Uddin, Syaif, and Abdul Muhid. “Efektivitas Pesan Dakwah Di Media Sosial Terhadap Religiusitas Masyarakat Muslim: Analisis Literature Review.” Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah 20, no. 1 (2021): 22.
Ummah, Nurul Hidayatul. “Pemanfaatan Sosial Media Dalam Meningkatkan Efektivitas Dakwah Di Era Digital.” Jurnal Manajemen Dakwah 11, no. 1 (2023): 159.
Zed. Metode Penelitian Kepustakaan. jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2004.
- All articles published in Al Manaj: Jurnal Manajemen Dakwah are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA) license. This means anyone is free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided they give appropriate attribution to the original author(s) and Al Manaj: Jurnal Manajemen Dakwah, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to Al Manaj: Jurnal Manajemen Dakwah to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- Although the conditions of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA) license do not apply to authors (as the copyright holder of your article, you have no restrictions on your rights), by submitting to Al Manaj: Jurnal Manajemen Dakwah, authors recognize the rights of readers and must grant any third party the right to use their articles to the extent provided by the license.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.