TRANSFORMASI KOMUNIKASI DIGITAL DALAM PENDIDIKAN ISLAM DI ASIA TENGGARA

Authors

  • Umar Abdur Rahim SM SM uin suska riau

DOI:

https://doi.org/10.56874/almanaj.v5i1.2306

Keywords:

Transformasi Komunikasi, Teknologi Digital, Pendidikan Islam Asia Tenggara, Digitalisasi Pendidikan Islam

Abstract

Abstrak

Transformasi komunikasi digital membawa perubahan yang sangat signifikan dalam semua hal termasuk dalam penyebaran dan pengembangan pendidikan Islam di Asia Tenggara. Adanya transformasi membawa dampak dan pergeseran yang sangat besar dalam pendidikan Islam. Kajian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana teknologi digital bertransformasi dan digunakan dalam proses pendidikan Islam, sekaligus mengidentifikasi peluang dan tantangan yang muncul dari pergeseran ini. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan studi pustaka, penelitian ini menemukan bahwa digitalisasi membuka peluang besar terhadap tumbuh kembangnya ilmu keislaman, mempercepat penyampaian pesan dakwah, serta mendukung pembelajaran yang fleksibel. Namun, tantangan berupa kesenjangan digital, kualitas konten, risiko penyebaran informasi yang tidak valid juga turut mengemuka. Studi ini menekankan pentingnya strategi komunikasi digital yang adaptif dan kolaboratif, serta peran penting pemerintah, lembaga pendidikan dan semua stake holder dalam mengelola transformasi ini secara bijak dan berkelanjutan. kajian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan komunikasi digital dalam pendidikan Islam di era digital.

References

Abrori, Fadhlan Muchlas. “Lecturers Not Ready to Face Pandemy?: Study of Digital Isolation Problems In E-Learning” 2, no. 2 (2020): 113–18.
Anshori, Ari Hasan, and Nandang Kosim. “Pendampingan Dan Penguatan Kemampuan Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Secara Daring.” Jurnal Dedikasia?: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1, no. 2 (2021): 159. https://doi.org/10.30983/dedikasia.v1i2.5044.
Hadi, Yazid, Afif Faizin, and Abdul Aziz. “Orientasi Ideal Manajemen Mutu Pendidikan Islam Di Era Disruptif.” Journal of Religious Policy 1, no. 2 (2023): 175–92. https://doi.org/10.31330/repo.v1i2.11.
Hildani, Tika, and Islamiani Safitri. “Implementasi Pembelajaran Matematika Berbasis Kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Dalam Membentuk Karakter Siswa.” Jurnal Cendekia?: Jurnal Pendidikan Matematika 5, no. 1 (2021): 591–606. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.549.
Ihsani, A. Fikri Amiruddin, and Novi Febriyanti. “Etika Komunikasi Sebagai Kontrol Kesalehan Virtual Dalam Perilaku Bermedia Masyarakat Di Era Digital.” Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial 2, no. 1 (2021): 24. https://doi.org/10.36722/jaiss.v2i1.512.
Khalil, Khalil, and Ridwan Syah. “Peran Pemerintah Dalam Meningkatkan Aksesibilitas Teknologi Informasi Di Daerah Terpencil.” Syntax Literate?; Jurnal Ilmiah Indonesia 9, no. 6 (2024): 3448–57. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v9i6.15410.
Khotimah, Annisa Husul, Afiq Azizah, Nurhanisa Ginting, Mhd Fajar Siddik, and Ahmad Darlis. “Pendidikan Agama Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional .” At-Tadris: Journal of Islamic Education 2, no. 2 (2022): 82–91. https://doi.org/10.56672/attadris.v2i2.69.
Mahmud, Raudah. “Pendidikan Islam Dalam Mengatasi Problema Dan Tantangan Pembangunan Nasional.” PREDIKSI?: Jurnal Administrasi Dan Kebijakan 21, no. 2 (2022): 169. https://doi.org/10.31293/pd.v21i2.6457.
Mahmud, Wahyuna. “Persepsi Pengawas Dalam Implementasi Kurikulum Mereka Di Madrasah Sekota Gorontalo: Analisis Dari Segi Kesiapan Pengawas Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka” 2, no. 2 (2023).
Marlini, Linda, Fakhrurazi, and Siti Shofiyah. “The Concept of Islamic Education Reform KH. Ahmad Dahlan and Its Implementation in Modern Islamic Education.” ATTARBIYAH: Journal of Islamic Culture and Education 9, no. 1 (2024): 1–14. https://doi.org/10.18326/attarbiyah.v9i1.1-14.
Muhamad Slamet Yahya. “Transformasi Pendidikan Agama Islam Di Era Digital: Implementasi Literasi Digital Dalam Pembelajaran Di Wilayah Banyumas.” EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 4, no. 1 (2023): 609–16. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i1.317.
Muhassanah, Nur’aini, Afifah Hayati, and Ambar Winarni. “The Effectiveness of Mathematics Learning Using Online Media During the Covid-19 Pandemic.” AlphaMath?: Journal of Mathematics Education 8, no. 2 (2022): 131. https://doi.org/10.30595/alphamath.v8i2.13540.
Nasir, Nasir, and Mujiati Mujiati. “Pengelolaan Tenaga Pendidik (Guru) Di Rural Area.” Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan 20, no. 1 (2020): 37–53. https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i1.4383.
Olfah, Hamida. “Pendekatan Interdisipliner Dalam Pemikiran Pendidikan Islam: Memperkuat Keterpaduan Kurikulum Dan Metode Pembelajaran.” SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah 3, no. 5 (2024): 2507–17. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i5.2813.
Sarjito, Aris. “Dampak Digitalisasi Administrasi Perdesaan Di Negara Berkembang.” Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi 13, no. 2 (2023): 106–24. https://doi.org/10.33592/jiia.v13i2.3814.
Solichah, Ira Wirdatus, and Ni’matuz Zuhroh. “The Existence of Islamic Institutions Through the Transformation of Education Digitalization at MTs Almaarif 01 Singosari.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 7, no. 2 (2023): 3481–91. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v7i2.5909.
Ulya, M. Abdul Wahid. “Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Microsoft Teams Pada Masa Pandemi.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 6, no. 1 (2021): 105–20. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(1).6741.
WIRAGUNAWAN, I GUSTI NGURAH. “Pemanfaatan Learning Management System (Lms) Dalam Pengelolaan Pembelajaran Daring Pada Satuan Pendidikan.” EDUTECH?: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi 2, no. 1 (2022): 83–90. https://doi.org/10.51878/edutech.v2i1.981.
Yustinus, Yustinus. “Strategik Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Kurikulum Merdeka.” Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan 3, no. December (2023): 11–24. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3ise.2902.
Yusuf, Muhammad Bahruddin. “Implementasi Penilaian Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Daring Di Smpn 4 Prambanan.” Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi 4, no. 1 (2021): 34–46. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v4i1.858.

Downloads

Published

2025-07-01

Issue

Section

Articles