TRANSFORMASI KOMUNIKASI DIGITAL DALAM PENDIDIKAN ISLAM DI ASIA TENGGARA
DOI:
https://doi.org/10.56874/almanaj.v5i1.2306Keywords:
Transformasi Komunikasi, Teknologi Digital, Pendidikan Islam Asia Tenggara, Digitalisasi Pendidikan IslamAbstract
Abstrak
Transformasi komunikasi digital membawa perubahan yang sangat signifikan dalam semua hal termasuk dalam penyebaran dan pengembangan pendidikan Islam di Asia Tenggara. Adanya transformasi membawa dampak dan pergeseran yang sangat besar dalam pendidikan Islam. Kajian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana teknologi digital bertransformasi dan digunakan dalam proses pendidikan Islam, sekaligus mengidentifikasi peluang dan tantangan yang muncul dari pergeseran ini. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan studi pustaka, penelitian ini menemukan bahwa digitalisasi membuka peluang besar terhadap tumbuh kembangnya ilmu keislaman, mempercepat penyampaian pesan dakwah, serta mendukung pembelajaran yang fleksibel. Namun, tantangan berupa kesenjangan digital, kualitas konten, risiko penyebaran informasi yang tidak valid juga turut mengemuka. Studi ini menekankan pentingnya strategi komunikasi digital yang adaptif dan kolaboratif, serta peran penting pemerintah, lembaga pendidikan dan semua stake holder dalam mengelola transformasi ini secara bijak dan berkelanjutan. kajian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan komunikasi digital dalam pendidikan Islam di era digital.
References
Anshori, Ari Hasan, and Nandang Kosim. “Pendampingan Dan Penguatan Kemampuan Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Secara Daring.” Jurnal Dedikasia?: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1, no. 2 (2021): 159. https://doi.org/10.30983/dedikasia.v1i2.5044.
Hadi, Yazid, Afif Faizin, and Abdul Aziz. “Orientasi Ideal Manajemen Mutu Pendidikan Islam Di Era Disruptif.” Journal of Religious Policy 1, no. 2 (2023): 175–92. https://doi.org/10.31330/repo.v1i2.11.
Hildani, Tika, and Islamiani Safitri. “Implementasi Pembelajaran Matematika Berbasis Kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Dalam Membentuk Karakter Siswa.” Jurnal Cendekia?: Jurnal Pendidikan Matematika 5, no. 1 (2021): 591–606. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.549.
Ihsani, A. Fikri Amiruddin, and Novi Febriyanti. “Etika Komunikasi Sebagai Kontrol Kesalehan Virtual Dalam Perilaku Bermedia Masyarakat Di Era Digital.” Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial 2, no. 1 (2021): 24. https://doi.org/10.36722/jaiss.v2i1.512.
Khalil, Khalil, and Ridwan Syah. “Peran Pemerintah Dalam Meningkatkan Aksesibilitas Teknologi Informasi Di Daerah Terpencil.” Syntax Literate?; Jurnal Ilmiah Indonesia 9, no. 6 (2024): 3448–57. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v9i6.15410.
Khotimah, Annisa Husul, Afiq Azizah, Nurhanisa Ginting, Mhd Fajar Siddik, and Ahmad Darlis. “Pendidikan Agama Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional .” At-Tadris: Journal of Islamic Education 2, no. 2 (2022): 82–91. https://doi.org/10.56672/attadris.v2i2.69.
Mahmud, Raudah. “Pendidikan Islam Dalam Mengatasi Problema Dan Tantangan Pembangunan Nasional.” PREDIKSI?: Jurnal Administrasi Dan Kebijakan 21, no. 2 (2022): 169. https://doi.org/10.31293/pd.v21i2.6457.
Mahmud, Wahyuna. “Persepsi Pengawas Dalam Implementasi Kurikulum Mereka Di Madrasah Sekota Gorontalo: Analisis Dari Segi Kesiapan Pengawas Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka” 2, no. 2 (2023).
Marlini, Linda, Fakhrurazi, and Siti Shofiyah. “The Concept of Islamic Education Reform KH. Ahmad Dahlan and Its Implementation in Modern Islamic Education.” ATTARBIYAH: Journal of Islamic Culture and Education 9, no. 1 (2024): 1–14. https://doi.org/10.18326/attarbiyah.v9i1.1-14.
Muhamad Slamet Yahya. “Transformasi Pendidikan Agama Islam Di Era Digital: Implementasi Literasi Digital Dalam Pembelajaran Di Wilayah Banyumas.” EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 4, no. 1 (2023): 609–16. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i1.317.
Muhassanah, Nur’aini, Afifah Hayati, and Ambar Winarni. “The Effectiveness of Mathematics Learning Using Online Media During the Covid-19 Pandemic.” AlphaMath?: Journal of Mathematics Education 8, no. 2 (2022): 131. https://doi.org/10.30595/alphamath.v8i2.13540.
Nasir, Nasir, and Mujiati Mujiati. “Pengelolaan Tenaga Pendidik (Guru) Di Rural Area.” Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan 20, no. 1 (2020): 37–53. https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i1.4383.
Olfah, Hamida. “Pendekatan Interdisipliner Dalam Pemikiran Pendidikan Islam: Memperkuat Keterpaduan Kurikulum Dan Metode Pembelajaran.” SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah 3, no. 5 (2024): 2507–17. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i5.2813.
Sarjito, Aris. “Dampak Digitalisasi Administrasi Perdesaan Di Negara Berkembang.” Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi 13, no. 2 (2023): 106–24. https://doi.org/10.33592/jiia.v13i2.3814.
Solichah, Ira Wirdatus, and Ni’matuz Zuhroh. “The Existence of Islamic Institutions Through the Transformation of Education Digitalization at MTs Almaarif 01 Singosari.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 7, no. 2 (2023): 3481–91. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v7i2.5909.
Ulya, M. Abdul Wahid. “Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Microsoft Teams Pada Masa Pandemi.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 6, no. 1 (2021): 105–20. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(1).6741.
WIRAGUNAWAN, I GUSTI NGURAH. “Pemanfaatan Learning Management System (Lms) Dalam Pengelolaan Pembelajaran Daring Pada Satuan Pendidikan.” EDUTECH?: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi 2, no. 1 (2022): 83–90. https://doi.org/10.51878/edutech.v2i1.981.
Yustinus, Yustinus. “Strategik Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Kurikulum Merdeka.” Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan 3, no. December (2023): 11–24. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3ise.2902.
Yusuf, Muhammad Bahruddin. “Implementasi Penilaian Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Daring Di Smpn 4 Prambanan.” Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi 4, no. 1 (2021): 34–46. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v4i1.858.
Downloads
Published
Issue
Section
License
- All articles published in Al Manaj: Jurnal Manajemen Dakwah are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA) license. This means anyone is free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided they give appropriate attribution to the original author(s) and Al Manaj: Jurnal Manajemen Dakwah, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to Al Manaj: Jurnal Manajemen Dakwah to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- Although the conditions of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA) license do not apply to authors (as the copyright holder of your article, you have no restrictions on your rights), by submitting to Al Manaj: Jurnal Manajemen Dakwah, authors recognize the rights of readers and must grant any third party the right to use their articles to the extent provided by the license.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.