KONSEP KELUARGA SAKINAH DI ERA DIGITAL (STUDI ANALISIS PEMIKIRAN SYEKH MUTAWALLI SYA’RAWI DALAM TAFSIR SYA'RAWI)
DOI:
https://doi.org/10.56874/el-ahli.v6i2.2545Kata Kunci:
Keluarga sakinah; Tafsir tematik, era digital, Syekh Mutawalli Sya’rawi, nilai Qur’ani.Abstrak
Penelitian ini mengkaji konsep keluarga dalam Tafsir Syekh Mutawalli Sya’rawi dan relevansinya bagi keluarga Muslim di era digital. Dengan metode kualitatif studi kepustakaan, penelitian menganalisis sumber primer berupa Al-Qur’an dan karya tafsir Sya’rawi serta sumber sekunder terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sya’rawi menafsirkan QS. Ar-Rum ayat 21 sebagai fondasi keluarga yang menekankan sakinah (ketenangan batin), mawaddah (cinta), dan rahmah (kasih sayang) sebagai pilar keharmonisan rumah tangga. Kajian ini menghubungkan pemikiran tafsir klasik tersebut dengan tantangan kontemporer, seperti disrupsi komunikasi, ketergantungan media sosial, dan pelemahan kontrol orang tua dalam penggunaan teknologi. Temuan penelitian menegaskan bahwa konsep Sya’rawi tetap relevan untuk membangun ketahanan keluarga Muslim yang adaptif, harmonis, dan berlandaskan spiritualitas Islam. Disimpulkan bahwa internalisasi nilai-nilai Qur’ani dan penguatan literasi digital berbasis agama diperlukan agar keluarga Muslim dapat merespons perubahan sosial di era modern secara positif.
Referensi
Abokhodair, N., Abbar, S., Vieweg, S., & Mejova, Y. (2017). Privacy and Social Media Use in the Arabian Gulf: Saudi Arabian & Qatari Traditional Values in the Digital World. The Journal of Web Science, 3(1), 526–537. https://doi.org/10.34962/jws-38
Adnan, M. (2022). Islamic Education and Character Building in The 4.0 Industrial Revolution. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 11–21. https://doi.org/10.31538/nzh.v5i1.1771
Adyatama, M. F., Saleh, S. Z., Nofriyanto, N., & Khoerudin, F. (2023). Dinamika Makna Qaww?m: Analisis Mufasir Perempuan terhadap Surah An-Nis?: 34. Kalimah: Jurnal Studi Agama Dan Pemikiran Islam, 21(2), 147–184. https://doi.org/10.21111/klm.v21i2.11357
Aslan, A., & Shiong, P. K. (2023). Learning in the Digital Age Full of Hedonistic Cultural Values Among Elementary School Students. Bulletin of Pedagogical Research, 3(2), 94. https://doi.org/10.51278/bpr.v3i2.515
Basir, A., Wahab Syakhrani, A., Wirawan, V., Harahap, A., & Widjaja, G. (2021). Support for Islamic Understanding from Families Information of Piety for The Millennial Generation. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 434–446. https://doi.org/10.31538/nzh.v4i2.1603
Far Amirudin, J. ’, Ruswandi, U., Erihadiana, M., & Rohimah, E. (2022). Implementation of the Ctl Learning Model Through Islamic Moderate Values in Improving the Attitude of Students’ Tolerance in School. Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 690–703.
Fauzan, M. (2022). Tafsir Kontekstual Tujuan Pernikahan Dalam Surat Ar-Rum:21. Jurnal Ni’ami, 9(1), 11–23. https://doi.org/10.32332/nizham.v10i1.4469
Intan, P. (2025). SAK ? NAH , MAWADDAH , DAN RA ? MAH DALAM AL- QUR ’ AN SURAH AR-R ? M?: 21 ( Analisis Tafsir Maq ?? id ? ) SKRIPSI Diajukan kepada Fakultas Ushuluddin , Adab , dan Humaniora Universitas Islam Negeri Prof . K . H Saifuddin Zuhri Purwokerto untuk Memenuhi S. 21.
Machimyah, S. (2020). Mediasi Kesalehan Selebriti Perempuan Hijrah di Media Sosial Instagram. Widya Komunika, 10(1), 51–66.
Maulana, M. A. (2022). Konsep sakinah mawadah warahmah dalam qs. al-r ? m/30: 21 (studi komparatif kitab tafsir al-azhar karya buya hamka & al-matsalu al- a’la karya m. yunan yusuf). 21, 1–152.
Putri, N. E. (2023). Analisis Fatwa Kongres Ulama’Perempuan Indonesia: Bahaya Pemaksaan Pernikahan Perspektif Gender. Graduate Forum: International Conference Post-Graduate UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 1(01), 125–136.
Royana, A., & Labibuddin, M. (2022). Konsep Cinta Kepada Sesama Manusia Dalam Tafsir Khawathiri Hawl Al-Qur’an Al-Karim Karya Syaikh Mutawalli Asy-Sya’rawi. Sophist?: Jurnal Sosial Politik Kajian Islam Dan Tafsir, 4(2), 197–224.
Yuningsih, H., Ghany, A., & Abduh, M. (2024). AL-QUDWAH Transformasi Tafsir Al-Qur ’ an Di Era Media Digital?: Analisis Metodologi Tafsir Dalam Channel Youtube Kajian Tafsir Al-Ma ’ rifah dan beragam , menggantikan otoritas tunggal masa lampau dengan pluralitas pandangan yang dengan logat Melayu . Pe. 2(2), 5–8.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 El-Ahli : Jurnal Hukum Keluarga Islam

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All articles published in EL-AHLI: Jurnal Hukum Keluarga Islam are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0).
Under this license, authors and readers are free to:
-
Share — copy and redistribute the material in any medium or format.
-
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
Under the following terms:
-
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
-
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
Copyright and Licensing Policy:
-
The author retains copyright and grants the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License, which allows others to share the work with acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
-
Authors are allowed to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Link to License:
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/