KETEPATANDAN EFEKTIVITAS PENGGUNAAN TEORI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR
Abstract
Teori belajar adalah teori yang memuat panduan bagaimana tata cara pengaplikasian kegiatan belajar mengajar antara guru dan siswa, termasuk di dalamnya perancangan metode pembelajaran yang akan dilaksanakan pada proses belajar baik di kelas maupun di luar kelas. Teori belajar bisa dijadikan acuan dalam memaknai suatu fenomena ataupun gejala social sebagai pembanding informasi yang di dapatkan serta penguat untuk menggali data secara menyeluruh. Beberapa teori belajar yang terkenal dalam pembelajaran adalah teori behavioristik, kognitif, konstruktivisme, dan humanistik. Melalui teori belajar dalam pembelajaran matematika bahwa guru matematika mampu menciptakan keragaman metode mengajar yang baik apalagi pada kurikulum merdeka belajar harus mampu mengkombinasikan indikator atau elemen Profil Pelajar Pancasila yang diterapkan dengan model pembelajaran Project Based Learning agar aktivitas dalam belajar matematika terjadi dengan baik dan hasil belajar tercapai tanpa menghilangkan tuntutan kurikulum merdeka. Akan tetapi tidak semua teori belajar tepat untuk digunakan dalam model Project Based Learning dan bersifat efektif untuk diterapkan dalam kurikulum merdeka belajar pada pembelajaran matematika.