MEMBANGUN PERCAYA DIRI SISWA SD DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM SOLVING

  • siti aisyah hasibuan STAIN Mandailing Natal
Keywords: Percaya diri, SD, Pembelajaran, Matematika, Problem Solving

Abstract

Rasa percaya diri siswa dalamĀ  menyelesaikan pemecahan masalah sangat mempengaruhi hasil belajar siswa. Percaya diri dalam pembelajaran matematika merupakan keyakinan siswa tentang kompetensi diri dalam matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui percaya diri siswa dalam pembelajaran matematika dapat dibangun/ terbentuk melalui pendekatan problem solving. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya respon positif (72, 44%), respon negetife (27,56%) siswa dalam menyelesaikan masalah yang bertujuan untuk membangun rasa percaya diri (percaya diri) siswa dalam menyelesaikan masalah matematis. Dengan adanya rasa percaya diri, maka siswa sekolah dasar (SD) akan lebih termotivasi dan memiliki minat untuk belajar matematika. Oleh sebab itu, rasa percaya diri perlu dimiliki dan dikembangkan oleh setiap siswa.

Published
2022-12-19