Keunikan Kasrah dalam Surah Al-Ikhlas: Kajian Matematis dan Nilai Ketauhidan

Authors

  • Muhammad Zia Alghar Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal

Keywords:

Kasrah, Surah Al-Ikhlas, Tauhid, Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkap keunikan fenomena kasrah dalam Surah Al-Ikhlas melalui analisis matematis yang diintegrasikan dengan kajian tafsir nilai-nilai ketauhidan. Surah Al-Ikhlas dipilih karena memuat inti ajaran tauhid, sementara kasrah di dalamnya hanya muncul satu kali yang berada tepat di tengah surah al-Ikhlas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka (library research). Data utama penelitian ini berupa Mushaf Madinah dan kitab tafsir Al-Misbah. Data sekunder penelitian ini berupa buku, artikel, dan dokumen bertemakan matematika yang terintegrasi Al-Quran. Analisis isi dilakukan untuk menghitung distribusi tanda baca, mengidentifikasi letak kasrah, serta mengaitkannya dengan pesan tauhid yang dikandung ayat. Hasil kajian menunjukkan bahwa fenomena kasrah tidak hanya memiliki makna fonetik, tetapi juga mengandung pesan matematis yang memperkuat kemukjizatan Al-Qur’an. Temuan ini membuka peluang integrasi antara pembelajaran matematika dan nilai-nilai ketauhidan. Temuan ini juga memantik adanya model pembelajaran yang memadukan pembelajaran matematika dengan nilai-nilai spiritual.

Author Biography

Muhammad Zia Alghar, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal

Tadris Matematika, STAIN Mandailing Natal

References

Abdussakir. (2014). Matematika dalam Al-Qur’an. UIN-Maliki Press.

Abdussakir, & Rosimanidar. (2017). Model integrasi matematika dan Al-Quran serta praktik pembelajarannya. In Seminar Nasional Integrasi Matematika di dalam Al-Quran (pp. 1–16).

Åkesson, J. (2004). The vowel transfer in Classical Arabic. Zeitschrift Für Arabische Linguistik, 43, 17–25.

Al-Ateeqi, B. (2018). Quran Math Miracles An Undeniable Miraculous Code. Binimad.

Al-Kaheel, A. D. (2006). The verse of challenge and the number 19. Secrets of Quran Miracle. https://www.kaheel7.com/eng/index.php/numeric-miracle/525-the-verse-of-challenge-and-the-number-19

Al-Kaheel, A. D. (2009). Mukjizat Surah al-Ikhlas (1st ed.). Gema Insani.

Alghar, M. Z., & Rizqiyah, A. (2024). Trends in Al-Qur’an-Integrated Mathematics Research: A Bibliometric Analysis of 2014-2024. In A. N. Kawakip, M. Walid, & A. Basith (Eds.), Proceedings of the International Conference on Islamic Education (ICIED) (Vol. 9, Issue 1, pp. 530–539).

Alghar, M. Z., Rizqiyah, A., & Radjak, D. S. (2025). Integration of Islam and mathematics: A study of the number 10 in surah al-Kautsar. In I. F. Rohmah, Badruddin, & A. A. Sidqi (Eds.), Muhajirin International Conference (Vol. 1, Issue 1, pp. 472–483). Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Muhajirin Purwakarta.

Ali, N. (2020). Integrating science and religion in the curriculum of Indonesian Islamic higher education: A case study of UIN Malang. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 13(9), 948–960.

Anggreni, F. (2019). Integrasi Al-Quran pada mata pelajaran matematika terhadap kemampuan peserta didik. At-Tarbawi: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Kebudayaan, 6(1), 42–53. https://doi.org/10.32505/tarbawi.v6i1.1029

As-Sirjani, R. (2011). Sumbangan Peradaban Islam pada Dunia (1st ed.). Pustaka Al Kautsar.

As-Suyuthi, I. (2018). Asbabun Nuzul: Sebab-Sebab Turunya Ayat Al-Quran. Qisthi Press.

Bluman, A. (2014). Elementary Statistics: A step by step approach 9e. McGraw Hill.

Darmawan, A., Syahputra, E., & Fauzi, K. (2020). The Effect of Islamic Oriented Problem-Based Learning towards Spatial Ability and Self-Regulated Learning of Madrasah Aliyah Students. American Journal of Educational Research, 8(1), 51–57. https://doi.org/10.12691/education-8-1-8

Fahmi, B. (2004). Matematika Islam (1st ed.). Republika.

Fahmi, B. (2008). Al Qur’an 4 Dimensi - Matematika Islam_2 (2nd ed.). Republika.

Faruqi, Y. M. (2006). Contributions of Islamic scholars to the scientific enterprise. International Education Journal, 7(4), 391–399.

Fitrah, M., & Kusnadi, D. (2022). Integrasi nilai-nilai Islam dalam membelajarkan matematika sebagai bentuk penguatan karakter peserta didik. Jurnal Eduscience, 9(1), 152–167. https://doi.org/10.36987/jes.v9i1.2550

Hakim, L. (2022). Menguatkan iman kepada Allah SWT sebagai asas pendidikan aqidah Islam. Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 3(3), 91–109. https://doi.org/10.58401/salimiya.v3i3.750

Hamidah, I., & Susilawati, S. (2023). Pembelajaran Matematika Berintegrasi Nilai-Nilai Keislaman Dalam Pembentukan Karakter Peserta didik. Indonesian Journal of Teaching and …. https://journals.eduped.org/index.php/intel/article/view/143

Imamuddin, M., Isnaniah, Zulmuqim, Nurdin, S., & Andryadi. (2020). Integrasi pendidikan matematika dan pendidikan Islam (menggagas pembelajaran matematika di madrasah ibtidaiyah). Ar-Riayah: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 117–130. https://doi.org/10.29240/jpd.v4i2.1928

Katsir, I. (2003). Tafsir Ibnu Katsir.

Khan, I. A. (2016). Identifying Entity and Attributes of God: An Islamic Perspective Mengenal pasti Entiti dan Sifat-Sifat Allah: Satu Perspektif Islam. Journal of Islam in Asia, 13(1), 248–264. https://doi.org/10.31436/jia.v13i1.531

Khasinah, S. (2013). Hakikat manusia menurut pandangan islam dan Barat. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 13(2), 296–317.

Mises, R. Von. (2014). Mathematical theory of probability and statistics. Academic press.

Moleong, L. J. (2013). Qualitative research methodology (revised edition). Remaja Rosdakarya.

Nursupiamin. (2014). Struktur matematika dalam Al-Qur’an (telaah buku karya Abdusysyakir). Al-Khwarizmi?: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(2), 69–84. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v2i2.114

Pfannkuch, M. (2011). The role of context in developing informal statistical inferential reasoning: A classroom study. Mathematical Thinking and Learning, 13(1–2), 27–46. https://doi.org/10.1080/10986065.2011.538302

Rofiki, I., & Alghar, M. Z. (2024). Keberhasilan peserta didik kompetisi sains madrasah nasional dalam menyelesaikan soal matematika terintegrasi Islam pada materi segitiga. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 6(2), 147–161. https://doi.org/10.14421/jppm.2024.62.147-161

Shihab, M. Q. (2002). Tafsir al-misbah. Jakarta: Lentera Hati, 2, 52–54.

Silvatama, M. A., Nur Kamila, N., Wijayanto, A., Sari, E., & Kholil, M. (2023). Penguatan sikap religius peserta didik melalui pembelajaran matematika bermuatan nilai Islam. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 211–221. https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.135

Supriyadi, K. (2020). Islamication Efforts in Learning Mathematics. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam, 3(02), 377–393. https://doi.org/10.36670/alamin.v3i02.70

Supriyadi, K. (2021). Matematika dalam Al-Qur’an. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 35–48. https://doi.org/10.36671/andragogi.v3i01.152

Tahara, H. (2020). The mathematical expressions of Quranic exegeses and the mathematical definition of the Quranic correctness. Journal of Islam and Science, 7(1), 17–20. https://doi.org/10.24252/jis.v7i1.13874

Tijah, M. (2019). Model Integrasi Matematika Dengan Nilai-Nilai Islam Dan Kearifan Lokal Budaya Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 1(2). https://doi.org/10.21043/jpm.v1i2.4878

Tuscon, M. (1985). Quran Gematrical Value Computation. International Community of Submitters (ICS)/Masjid Tucson. https://www.masjidtucson.org/quran/wordCount/QuranGV.php

Usmadi, U., Iftitahurrahmah, I., & Ergusni, E. (2022). Pengembangan Modul Bernuansa Islami Dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Statistika Untuk Peserta Didik SMA Kelas XI IPA. INSPIRAMATIKA, 8(1), 1–12. https://doi.org/10.52166/inspiramatika.v8i1.2968

Yusof, H. M., & Hamidin, N. M. (2021). Fungsi Baris Dalam Sintaksis Arab: Kajian Terhadap Kata Nama Dalam Surah al-Fatihah. E-Jurnal Bahasa Dan Linguistik (e-JBL), 3(2), 79–86. https://doi.org/10.53840/ejbl.v3i2.90

Downloads

Published

30-06-2023

How to Cite

Alghar, M. Z. (2023). Keunikan Kasrah dalam Surah Al-Ikhlas: Kajian Matematis dan Nilai Ketauhidan. Journal of Matematics In Teaching and Learning, 2(1), 53–63. Retrieved from https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/matematika/article/view/2604