Keunikan Kasrah dalam Surah Al-Ikhlas: Kajian Matematis dan Nilai Ketauhidan
Keywords:
Kasrah, Surah Al-Ikhlas, Tauhid, MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan mengungkap keunikan fenomena kasrah dalam Surah Al-Ikhlas melalui analisis matematis yang diintegrasikan dengan kajian tafsir nilai-nilai ketauhidan. Surah Al-Ikhlas dipilih karena memuat inti ajaran tauhid, sementara kasrah di dalamnya hanya muncul satu kali yang berada tepat di tengah surah al-Ikhlas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka (library research). Data utama penelitian ini berupa Mushaf Madinah dan kitab tafsir Al-Misbah. Data sekunder penelitian ini berupa buku, artikel, dan dokumen bertemakan matematika yang terintegrasi Al-Quran. Analisis isi dilakukan untuk menghitung distribusi tanda baca, mengidentifikasi letak kasrah, serta mengaitkannya dengan pesan tauhid yang dikandung ayat. Hasil kajian menunjukkan bahwa fenomena kasrah tidak hanya memiliki makna fonetik, tetapi juga mengandung pesan matematis yang memperkuat kemukjizatan Al-Qur’an. Temuan ini membuka peluang integrasi antara pembelajaran matematika dan nilai-nilai ketauhidan. Temuan ini juga memantik adanya model pembelajaran yang memadukan pembelajaran matematika dengan nilai-nilai spiritual.
References
Abdussakir. (2014). Matematika dalam Al-Qur’an. UIN-Maliki Press.
Abdussakir, & Rosimanidar. (2017). Model integrasi matematika dan Al-Quran serta praktik pembelajarannya. In Seminar Nasional Integrasi Matematika di dalam Al-Quran (pp. 1–16).
Åkesson, J. (2004). The vowel transfer in Classical Arabic. Zeitschrift Für Arabische Linguistik, 43, 17–25.
Al-Ateeqi, B. (2018). Quran Math Miracles An Undeniable Miraculous Code. Binimad.
Al-Kaheel, A. D. (2006). The verse of challenge and the number 19. Secrets of Quran Miracle. https://www.kaheel7.com/eng/index.php/numeric-miracle/525-the-verse-of-challenge-and-the-number-19
Al-Kaheel, A. D. (2009). Mukjizat Surah al-Ikhlas (1st ed.). Gema Insani.
Alghar, M. Z., & Rizqiyah, A. (2024). Trends in Al-Qur’an-Integrated Mathematics Research: A Bibliometric Analysis of 2014-2024. In A. N. Kawakip, M. Walid, & A. Basith (Eds.), Proceedings of the International Conference on Islamic Education (ICIED) (Vol. 9, Issue 1, pp. 530–539).
Alghar, M. Z., Rizqiyah, A., & Radjak, D. S. (2025). Integration of Islam and mathematics: A study of the number 10 in surah al-Kautsar. In I. F. Rohmah, Badruddin, & A. A. Sidqi (Eds.), Muhajirin International Conference (Vol. 1, Issue 1, pp. 472–483). Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Muhajirin Purwakarta.
Ali, N. (2020). Integrating science and religion in the curriculum of Indonesian Islamic higher education: A case study of UIN Malang. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 13(9), 948–960.
Anggreni, F. (2019). Integrasi Al-Quran pada mata pelajaran matematika terhadap kemampuan peserta didik. At-Tarbawi: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Kebudayaan, 6(1), 42–53. https://doi.org/10.32505/tarbawi.v6i1.1029
As-Sirjani, R. (2011). Sumbangan Peradaban Islam pada Dunia (1st ed.). Pustaka Al Kautsar.
As-Suyuthi, I. (2018). Asbabun Nuzul: Sebab-Sebab Turunya Ayat Al-Quran. Qisthi Press.
Bluman, A. (2014). Elementary Statistics: A step by step approach 9e. McGraw Hill.
Darmawan, A., Syahputra, E., & Fauzi, K. (2020). The Effect of Islamic Oriented Problem-Based Learning towards Spatial Ability and Self-Regulated Learning of Madrasah Aliyah Students. American Journal of Educational Research, 8(1), 51–57. https://doi.org/10.12691/education-8-1-8
Fahmi, B. (2004). Matematika Islam (1st ed.). Republika.
Fahmi, B. (2008). Al Qur’an 4 Dimensi - Matematika Islam_2 (2nd ed.). Republika.
Faruqi, Y. M. (2006). Contributions of Islamic scholars to the scientific enterprise. International Education Journal, 7(4), 391–399.
Fitrah, M., & Kusnadi, D. (2022). Integrasi nilai-nilai Islam dalam membelajarkan matematika sebagai bentuk penguatan karakter peserta didik. Jurnal Eduscience, 9(1), 152–167. https://doi.org/10.36987/jes.v9i1.2550
Hakim, L. (2022). Menguatkan iman kepada Allah SWT sebagai asas pendidikan aqidah Islam. Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 3(3), 91–109. https://doi.org/10.58401/salimiya.v3i3.750
Hamidah, I., & Susilawati, S. (2023). Pembelajaran Matematika Berintegrasi Nilai-Nilai Keislaman Dalam Pembentukan Karakter Peserta didik. Indonesian Journal of Teaching and …. https://journals.eduped.org/index.php/intel/article/view/143
Imamuddin, M., Isnaniah, Zulmuqim, Nurdin, S., & Andryadi. (2020). Integrasi pendidikan matematika dan pendidikan Islam (menggagas pembelajaran matematika di madrasah ibtidaiyah). Ar-Riayah: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 117–130. https://doi.org/10.29240/jpd.v4i2.1928
Katsir, I. (2003). Tafsir Ibnu Katsir.
Khan, I. A. (2016). Identifying Entity and Attributes of God: An Islamic Perspective Mengenal pasti Entiti dan Sifat-Sifat Allah: Satu Perspektif Islam. Journal of Islam in Asia, 13(1), 248–264. https://doi.org/10.31436/jia.v13i1.531
Khasinah, S. (2013). Hakikat manusia menurut pandangan islam dan Barat. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 13(2), 296–317.
Mises, R. Von. (2014). Mathematical theory of probability and statistics. Academic press.
Moleong, L. J. (2013). Qualitative research methodology (revised edition). Remaja Rosdakarya.
Nursupiamin. (2014). Struktur matematika dalam Al-Qur’an (telaah buku karya Abdusysyakir). Al-Khwarizmi?: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(2), 69–84. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v2i2.114
Pfannkuch, M. (2011). The role of context in developing informal statistical inferential reasoning: A classroom study. Mathematical Thinking and Learning, 13(1–2), 27–46. https://doi.org/10.1080/10986065.2011.538302
Rofiki, I., & Alghar, M. Z. (2024). Keberhasilan peserta didik kompetisi sains madrasah nasional dalam menyelesaikan soal matematika terintegrasi Islam pada materi segitiga. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 6(2), 147–161. https://doi.org/10.14421/jppm.2024.62.147-161
Shihab, M. Q. (2002). Tafsir al-misbah. Jakarta: Lentera Hati, 2, 52–54.
Silvatama, M. A., Nur Kamila, N., Wijayanto, A., Sari, E., & Kholil, M. (2023). Penguatan sikap religius peserta didik melalui pembelajaran matematika bermuatan nilai Islam. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 211–221. https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.135
Supriyadi, K. (2020). Islamication Efforts in Learning Mathematics. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam, 3(02), 377–393. https://doi.org/10.36670/alamin.v3i02.70
Supriyadi, K. (2021). Matematika dalam Al-Qur’an. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 35–48. https://doi.org/10.36671/andragogi.v3i01.152
Tahara, H. (2020). The mathematical expressions of Quranic exegeses and the mathematical definition of the Quranic correctness. Journal of Islam and Science, 7(1), 17–20. https://doi.org/10.24252/jis.v7i1.13874
Tijah, M. (2019). Model Integrasi Matematika Dengan Nilai-Nilai Islam Dan Kearifan Lokal Budaya Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 1(2). https://doi.org/10.21043/jpm.v1i2.4878
Tuscon, M. (1985). Quran Gematrical Value Computation. International Community of Submitters (ICS)/Masjid Tucson. https://www.masjidtucson.org/quran/wordCount/QuranGV.php
Usmadi, U., Iftitahurrahmah, I., & Ergusni, E. (2022). Pengembangan Modul Bernuansa Islami Dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Statistika Untuk Peserta Didik SMA Kelas XI IPA. INSPIRAMATIKA, 8(1), 1–12. https://doi.org/10.52166/inspiramatika.v8i1.2968
Yusof, H. M., & Hamidin, N. M. (2021). Fungsi Baris Dalam Sintaksis Arab: Kajian Terhadap Kata Nama Dalam Surah al-Fatihah. E-Jurnal Bahasa Dan Linguistik (e-JBL), 3(2), 79–86. https://doi.org/10.53840/ejbl.v3i2.90
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Zia Alghar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.